Persepsi siswa tentang penerapan model pembelajaran berbasis proyek ditinjau dari kreativitas dan hasil belajar siswa

Authors

  • Nuryadi Nuryadi Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Jalan Wates Km. 10 Sedayu Yogyakarta, 55753
  • Peni Rahmawati Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Jalan Wates Km. 10 Sedayu Yogyakarta, 55753

DOI:

https://doi.org/10.26486/jm.v3i1.656

Keywords:

Persepsi siswa, Pembelajaran berbasis proyek, kreativitas, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan penerapan model pembelajaran berbasis proyek pada materi lingkaran dan mendeskripsikan bagaimana persepsi siswa tentang model pembelajaran berbasis proyek materi lingkaran pada siswa SMP negeri 2 Godean kelas VIII yang terdiri dari beberapa aspek, yaitu: (1) kesesuaian model pembelajaran terhadap materi yang diajarkan, (2) kreativitas belajar siswa, (3) hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian survey dengan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian survey descriptive design.

References

Arikunto, S. (2007). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. jakarta: Rineka Aksara.

Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Edisi Revisi 2010. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Asep, J & Abdul, H. (2008). Evaluasi pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Aunurrahman. (2012). Belajar dan pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Kemendikbud. (2017). Buku guru matematika kelas VIII SMP semester 1. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Muchlas, M. (2008). Perilaku organisasi. Yogyakarta: UGM Press

Nazir, M. (1988). Metode penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Nuryadi & Khuzaini, N. (2016). Evaluasi hasil dan proses pembelajaran matematika. Yogyakarta: Leutika Prio.

Nuryadi, Nuryadi. Keefektifan media matematika virtual berbasis teams game tournament ditinjau dari cognitive load theory. In: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia. 2018.

Offirtson, T. (2014). Aktivitas pembelajaran matematika melalui inkuiri berbantuan software cinderella. Yogyakarta: Deepublish.

Purwanto. (2013). Evaluasi hasil belajar.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Republik Indonesia. Undang-undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Sekretariat Negara. Jakarta.

Saifuddin, A. (2013). Tes prestasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sabrin (2011). Hubungan antara kreativitas siswa dengan hasil belajar Akuntansi siswa Kelas xi smk negeri 1 kendari. (JURNAL SELAMI IPS EDISI NOMOR 34 VOLUME 1 TAHUN XVI DESEMBER 2011). ISSN 1410-2323

Singarimbun, M & Effendi, S. (1995). Metode penelitian survei, edisi revisi. Jakarta: PT. Pustaka LP3ES, Jakarta

Soegeng, Y & Maryadi. (2015). Evaluasi hasil belajar pengetahuan dan teknik. Yogyakarta: Pustaka Utama.

Sunaryo. (2002). Psikologi untuk keperawatan. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC

Sugiyono. (2008). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif ,dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Walgito, B. (1997). Pengantar psikologi umum. Yogyakarta: Andi Offset.

Walgito, B. (2010). Pengantar psikologi umum. Yogyakarta: Andi Offset.

Downloads

Published

2018-10-28

Issue

Section

Articles