Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematik Siswa SMP dengan Menggunakan Pendekatan Metaphorical Thinking Berbantuan Software Geogebra

Martin Bernard, Eka Senjayawati

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi karena masih rendahnya kemampuan koneksi matematik siswa, dengan tujuan penelitian adalah untuk menelaah pencapaian dan peningkatan kemampuan koneksi siswa SMP melalui pembelajaran menggunakan pendekatan metaphorical thinking berbantuan software Geogebra. Metode pada penelitian ini adalah metode eksperimen dengan dua kelompok yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol, desain penelitian berupa pretest, postest, dan uji gain ternormalisasi. Instrumen tes penelitian terdiri dari 5 soal tes kemampuan koneksi matematik berbentuk uraian. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMP di Kabupaten Bandung Barat, sedangkan sampelnya adalah SMP Krida Utama Padalarang. Sampel kelas VIII diambil secara acak kelas dari 12 kelas, diperoleh kelas VIII D sebagai kelas ekperimen, dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Kelas Eksperimen memperoleh pembelajaran dengan pendekatan metaphorical thinking berbantuan software Geogebra, dan kelas kontrol memperoleh pembelajaran biasa. Data hasil penelitian diperoleh dari hasil pretes, postes , dan uji gain ternormalisasi, yang diolah melalui uji uji normalitas, dan uji Mann-Whitney. Hasil penelitian menunjukan bahwa pencapaian dan peningkatan kemampuan koneksi matematik antasa siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan methaporical thinking berbantuan software Geogebra lebih baik dengan siswa yang memperoleh pembelajaran biasa.

 

Kata Kunci : Pendekatan Metaphorical Thinking, Koneksi Matematik, Software Geogebra

 

 

 

Abstract

This research is motivated because of the low mathematical connection ability of students, with the aim of the study is to examine and improve the access speed of junior high school students through learning using the Geogebra software-assisted metaphor thinking approach. The method in this study is the experimental method with two groups, namely the experimental class and the control class, the research design in the form of pretest, posttest, and normalized gain test. The research test instrument consists of 5 test questions on the ability of mathematical connections to form a description. The population of this study were all junior high school students in West Bandung Regency, while the sample was Krida Utama Padalarang Middle School. The sample of class VIII was obtained directly from the second grade class, grade VIII was obtained as the experimental class, and class VIII C was the control class. Classroom Experiment learning with a metaphorical thinking approach aided by Geogebra software, and ordinary learning control classes. The research data was obtained from the results of pretest, posttest, and normalized gain test, which were processed through the normality test, and Mann-Whitney test. The results of the study showed that connecting and connecting students and students who used the Geogebra software-assisted method of metabolic thinking was better with students who read ordinary learning.

 


Keywords


Patterned Metaphors, Mathematical Connections, Geogebra Software

References


Ace, S. (2007). Pemanfaatan ICT dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, 8(1), 83–98.

Afrilianto. (2012). Peningkatan Pemahaman Konsep dan Kompetensi Strategis Matematis Siswa SMP dengan Pendekatan Metaphorical Thinking. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, 1(2), 192–202.

Anita, I. W. (2014). Pengaruh Kecemasan Matematika (Mathematics Anxiety) terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP. Infinity, 3(1), 125–132.

Bernard, M. (2015). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Penalaran serta Disposisi Matematik Siswa SMK dengan Pendekatan Kontekstual melalui Game Aobe Flash cs 4.0.Infinity Journal, 4(2), 197-222.

Chotimah, S., Bernard, M., & Wulandari, S. M. (2018, January). Contextual Approach Using VBA Learning Media to Improve Students’ Mathematical Displacement and Disposition Ability. In Journal of




DOI: https://doi.org/10.26486/jm.v3i2.558

Article Metrics

Abstract view : 414 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika Indexing by

 ipiii.pngDimensions

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.