Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematik Siswa SMP dengan Menggunakan Pendekatan Metaphorical Thinking Berbantuan Software Geogebra

Authors

  • Martin Bernard IKIP Siliwangi Cimahi
  • Eka Senjayawati IKIP Siliwangi Cimahi

DOI:

https://doi.org/10.26486/jm.v3i2.558

Keywords:

Pendekatan Metaphorical Thinking, Koneksi Matematik, Software Geogebra

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena masih rendahnya kemampuan koneksi matematik siswa, dengan tujuan penelitian adalah untuk menelaah pencapaian dan peningkatan kemampuan koneksi siswa SMP melalui pembelajaran menggunakan pendekatan metaphorical thinking berbantuan software Geogebra. Metode pada penelitian ini adalah metode eksperimen dengan dua kelompok yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol, desain penelitian berupa pretest, postest, dan uji gain ternormalisasi. Instrumen tes penelitian terdiri dari 5 soal tes kemampuan koneksi matematik berbentuk uraian. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMP di Kabupaten Bandung Barat, sedangkan sampelnya adalah SMP Krida Utama Padalarang. Sampel kelas VIII diambil secara acak kelas dari 12 kelas, diperoleh kelas VIII D sebagai kelas ekperimen, dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Kelas Eksperimen memperoleh pembelajaran dengan pendekatan metaphorical thinking berbantuan software Geogebra, dan kelas kontrol memperoleh pembelajaran biasa. Data hasil penelitian diperoleh dari hasil pretes, postes , dan uji gain ternormalisasi, yang diolah melalui uji uji normalitas, dan uji Mann-Whitney. Hasil penelitian menunjukan bahwa pencapaian dan peningkatan kemampuan koneksi matematik antasa siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan methaporical thinking berbantuan software Geogebra lebih baik dengan siswa yang memperoleh pembelajaran biasa.

References

Ace, S. (2007). Pemanfaatan ICT dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, 8(1), 83–98.

Afrilianto. (2012). Peningkatan Pemahaman Konsep dan Kompetensi Strategis Matematis Siswa SMP dengan Pendekatan Metaphorical Thinking. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, 1(2), 192–202.

Anggun Badu Kusuma, Astri Utami. (2017). Penggunaan Program Geogebra Dan Casyopee Dalam Pembelajaran Geometri Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Mercu Buana Yogyakarta,1(2),119-131, https://doi.org/10.26486/mercumatika.v1i2.259

Anita, I. W. (2014). Pengaruh Kecemasan Matematika (Mathematics Anxiety) terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP. Infinity, 3(1), 125–132.

Bernard, M. (2015). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Penalaran serta Disposisi Matematik Siswa SMK dengan Pendekatan Kontekstual melalui Game Aobe Flash cs 4.0.Infinity Journal, 4(2), 197-222.

Chotimah, S., Bernard, M., & Wulandari, S. M. (2018, January). Contextual Approach Using VBA Learning Media to Improve Students’ Mathematical Displacement and Disposition Ability. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 948, No. 1, p. 012025). IOP Publishing.

Danaryanti, A. dan Dara, T. (2016). Penerapan Model Problem Prompting Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP. EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika, 4, 8–14.

Fazar, I. (2015). Pemanfaatan Aplikasi Geogebra dalam Kegiatan Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Atas. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 31–37.

Gurria, A. (2012). Results: What Students Know and Can do Student Performance in Mathematics, Reading and Science. In US:OECD.

Kementrian Pendidikan Nasional. (2006). Standar isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar SMP/MT. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.

Rismaratri, D., & Nuryadi, N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Dengan Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Dan Motivasi Belajar Matematika. Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 5(2), 70-76.

Rohati. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) pada Materi Volume Bangun Ruang Sisi Datar yang Mendukung Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa di SMP. Jurnal Edumatica, 5(2), 27-36.

Ruseffendi, E. T. (2010). Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non-Eksakta Lainnya. Bandung: Tarsito.

Saminanto, K. (2015). Analysis of Mathematical Connection Ability in Linear Equation with One Variable Based on Connectivity Theory. International Journal of Education and Research, 3(4), 259–270.

Senjayawati, E., & Bernard, M. (2018). Penerapan Model Search - Solve - Create - Share untuk Mengembangkan Kemampuan Penalaran Berbantuan Software Geogebra 4.4, 5(1), 66–78.

Sugilar, H. (2013). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Disposisi Matematik Siswa Madrasah Tsanawiyah melalui Pembelajaran Generatif. Infinity Journal, 2(2), 156–168.

Sunito, I. et al. (2013). Methaporming (Beberapa Strategi Berpikir Kreatif). Jakarta: PT. Indeks.

Tusadiah, H. (2012). Meningkatkan Kemampuan Koneksi dan Representasi Matematis Siswa SMA melalui Pembelajaran Berbasis Mind Mapping. Tesis, tidak dipublikasikan. Pascasarjana UPI Bandung.

Downloads

Published

2019-04-18

Issue

Section

Articles