Faktor Mathematical Habits of Mind dan Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP di Kabupaten Bandung Barat
DOI:
https://doi.org/10.26486/jm.v2i2.423Keywords:
mathematical habits of mind, kemampuan literasi matematis siswaAbstract
Matematika terbentuk sebagai pemikiran manusia yang berhubungan dengan ide, proses, dan penalaran. Manusia hidup selalu berdampingan dengan masalah yang kompleks dan perlu adanya sikap kritis dalam menghadapinya dan mampu memprediksi suatu kejadian yang terjadi, serta mampu menyelesaikan masalah tersebut dengan penalarannya yang baik. Oleh karena itu, sangat diperlukan kemampuan literasi matematis pada diri setiap siswa. Selain kemampuan kognitif yang harus dikembangkan, tetapi juga kemampuan afektif harus dimiliki oleh setiap siswa. Â Terdapat hubungan yang positif antara sikap dengan prestasi matematika, salah satunya dengan mathematical habits of mind. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan hubungan mathematical habits of mind terhadap kemampuan literasi matematis siswa SMP di Kabupaten Bandung Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis data korelasi. Penelitian ini dilakukan di SMP di Kabupaten Bandung Barat. Subjek pada penelitian ini sebanyak 37 siswa kelas IX yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perolehan nilai korelasi -table sebesar , nilai -test -table sebesar , dan koefisien determinasi sebesar 39,8 %. Dapat diambil kesimpulan bahwa adanya hubungan yang signifikan antara mathematical habits of mind terhadap kemampuan literasi matematis siswa SMP di Kabupaten Bandung Barat, dengan pengaruh mathematical habits of mind terhadap kemampuan literasi matematis siswa sebesar 39,8 % dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diukur dalam penelitian ini. Memiliki mathematical habits of mind yang tinggi dalam diri siswa, akan memberikan peningkatan kemampuan literasi matematis yang baik.References
Andriani, S., Yulianti, K., Ferdias, P., & Fatinah, S. (2017). The Effect of Mathematical Habits of Mind Learning Strategy Based on Problem Toward Students’ Mathematical Creative Thinking Disposition. International E-Journal of Advances in Education, 689–696. doi:10.18768/ijaedu.372122
Bidari, I. (2016). Pengaruh Habits of Mind Terhadap Kemampuan Generalisasi Matematis Siswa.Skripsi UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta: Tidak diterbitkan
Darma, Y., Firdaus, M., & Haryadi, R. (2016). Hubungan Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Calon Guru Matematika. Jurnal Edukasi, 169–178
Hanifah, A. N., Mirna, Mulianty, H. R., & Fitriani, N. (2018). Hubungan Antara Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dengan Habits of Mind Siswa SMK yang Menggunakan Pendekatan Model Eliciting Activities (MEAs). Jurnal Pembelajaran Inovatif Matematika,
Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematik siswa. Bandung: Refika Aditama
Hutagalung, D. D. (2016). Hubungan Self Efficacy dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 5 Batam Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Merumatika, 33–43. https://doi.org/10.26486/mercumatika.v1i1.187
Kemendikbud. (2016). Retrieved from https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2016/12/peringkat-dan-capaian-pisa-indonesia-mengalami-peningkatan
Miliyawati, B. (2014). Urgensi Strategi Disposition Habits of Mind Matematis. Jurnal Infinity. 174–187. https://doi.org/10.22460/infinity.v3i2.62
OECD. (2017). Retrieved from htpps://www.oecd.org/pisa/aboutpisa/9-How-PISA-D-measures-math-literacy.pdf
PPPPTK. (2011). Retrieved from https://p4tkmatematika.org/2011/10/peran-fungsi-tujuan-dan-karakteristik-matematika-sekolah/
Qadarsih, N. D. (2017). Pengaruh Kebiasaan Pikiran (Habits of Mind) Terhadap Penguasaan Konsep Matematika. Jurnal Susunan Artikel Pendidikan, 181–185
Ruseffendi, E. T. (1980). Pengajaran Matematika Modern. Bandung: Tarsito
Sugiyono. (2011). Statistik Nonparametrik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta
Zakiah, N. E. (2014). Pembelajaran dengan Pendekatan Open-Ended untuk Meningkatkan Kemampuan Metakognitif dan Mathematical Habits of Mind Siswa SMP. Tesis PPs Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung: Tidak diterbitkan
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors retain their rights of works reported in their papers and other parties should adhere to Creative Commons License linked below
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.