Faktor Mathematical Habits of Mind dan Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP di Kabupaten Bandung Barat

Putri Eka Indah Nuurjannah, Heris Hendriana, Aflich Yusnita Fitrianna

Abstract


Matematika terbentuk sebagai pemikiran manusia yang berhubungan dengan ide, proses, dan penalaran. Manusia hidup selalu berdampingan dengan masalah yang kompleks dan perlu adanya sikap kritis dalam menghadapinya dan mampu memprediksi suatu kejadian yang terjadi, serta mampu menyelesaikan masalah tersebut dengan penalarannya yang baik. Oleh karena itu, sangat diperlukan kemampuan literasi matematis pada diri setiap siswa. Selain kemampuan kognitif yang harus dikembangkan, tetapi juga kemampuan afektif harus dimiliki oleh setiap siswa.  Terdapat hubungan yang positif antara sikap dengan prestasi matematika, salah satunya dengan mathematical habits of mind. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan hubungan mathematical habits of mind terhadap kemampuan literasi matematis siswa SMP di Kabupaten Bandung Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis data korelasi. Penelitian ini dilakukan di SMP di Kabupaten Bandung Barat. Subjek pada penelitian ini sebanyak 37 siswa kelas IX yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perolehan nilai korelasi -table sebesar , nilai -test -table sebesar , dan koefisien determinasi sebesar 39,8 %. Dapat diambil kesimpulan bahwa adanya hubungan yang signifikan antara mathematical habits of mind terhadap kemampuan literasi matematis siswa SMP di Kabupaten Bandung Barat, dengan pengaruh mathematical habits of mind terhadap kemampuan literasi matematis siswa sebesar 39,8 % dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diukur dalam penelitian ini. Memiliki mathematical habits of mind yang tinggi dalam diri siswa, akan memberikan peningkatan kemampuan literasi matematis yang baik.

Keywords


mathematical habits of mind; kemampuan literasi matematis siswa

Full Text:

PDF

References


Andriani, S., Yulianti, K., Ferdias, P., & Fatinah, S. (2017). The Effect of Mathematical Habits of Mind Learning Strategy Based on Problem Toward Students’ Mathematical Creative Thinking Disposition. International E-Journal of Advances in Education, 689–696. doi:10.18768/ijaedu.372122

Bidari, I. (2016). Pengaruh Habits of Mind Terhadap Kemampuan Generalisasi Matematis Siswa.Skripsi UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta: Tidak diterbitkan

Darma, Y., Firdaus, M., & Haryadi, R. (2016). Hubungan Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Calon Guru Matematika. Jurnal Edukasi, 169–178

Hanifah, A. N., Mirna, Mulianty, H. R., & Fitriani, N. (2018). Hubungan Antara Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dengan Habits of Mind Siswa SMK yang Menggunakan Pendekatan Model Eliciting Activities (MEAs). Jurnal Pembelajaran Inovatif Matematika,

Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematik siswa. Bandung: Refika Aditama

Hutagalung, D. D. (2016). Hubungan Self Efficacy dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 5 Batam Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Merumatika, 33–43. https://doi.org/10.26486/mercumatika.v1i1.187

Kemendikbud. (2016). Retrieved from https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2016/12/peringkat-dan-capaian-pisa-indonesia-mengalami-peningkatan

Miliyawati, B. (2014). Urgensi Strategi Disposition Habits of Mind Matematis. Jurnal Infinity. 174–187. https://doi.org/10.22460/infinity.v3i2.62

OECD. (2017). Retrieved from htpps://www.oecd.org/pisa/aboutpisa/9-How-PISA-D-measures-math-literacy.pdf

PPPPTK. (2011). Retrieved from https://p4tkmatematika.org/2011/10/peran-fungsi-tujuan-dan-karakteristik-matematika-sekolah/

Qadarsih, N. D. (2017). Pengaruh Kebiasaan Pikiran (Habits of Mind) Terhadap Penguasaan Konsep Matematika. Jurnal Susunan Artikel Pendidikan, 181–185

Ruseffendi, E. T. (1980). Pengajaran Matematika Modern. Bandung: Tarsito

Sugiyono. (2011). Statistik Nonparametrik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Zakiah, N. E. (2014). Pembelajaran dengan Pendekatan Open-Ended untuk Meningkatkan Kemampuan Metakognitif dan Mathematical Habits of Mind Siswa SMP. Tesis PPs Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung: Tidak diterbitkan




DOI: https://doi.org/10.26486/jm.v2i2.423

Article Metrics

Abstract view : 261 times
PDF - 151 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika Indexing by

Creative Commons License 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.