Pengembangan perangkat pembelajaran lembar kerja siswa dengan pendekatan kontekstual untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa

Authors

  • Estu Pawestri
  • Heru Sukoco

DOI:

https://doi.org/10.26486/jm.v2i2.371

Keywords:

lembar kerja siswa, kontekstual, pemecahan masalah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berupa lembar kerja siswa (LKS) dengan pendekatan kontekstual untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi kubus dan balok, dan untuk mengetahui kualitas perangkat pembelajaran LKS berdasarkan pada aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan ADDIE, yaitu Analysis (Analisis) melalui analisis kurikulum, Design (Perancangan), yaitu menyusun perangkat pembelajaran, Development (Pengembangan) yaitu memvalidasi perangkat pembelajaran, Implementation (Implementasi) yaitu melakukan kegiatan ujicoba pada proses pembelajaran dikelas VIIIB dan VIIIC MTs Assalafiyyah, dan Evaluation (Evaluasi) yaitu mengevaluasi perangkat pembelajaran.Hasil penelitian ini adalah perangkat pembelajaran berupa LKS Sehingga dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran LKS dengan pendekatan kontekstual untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa yang dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.

 

References

Azwar, S. 2013. Metode penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Depdiknas. 2008. Panduan pengembangan bahan ajar. Jakarta: Depdiknas.

Khomsiatun, S. 2015. Pengembangan perangkat pembelajaran dengan penemuan terbimbing untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(1), 2356-2648.

Khusna, A. H. 2016. Pengembangan lembar kerja siswa pokok bahasan barisan dan deret untuk siswa SMA. Semarang: Unissula Press.

O’Connel, S. 2007. Introduction to problem solving grades 3-5. Portsmouth: Heinemann.

Purwanto & Sadjati, I. M. (Ed.). (2004). Teknologi pembelajaran: Peningkatan kualitas belajar melalui teknologi pembelajaran. Jakarta: Pusat Teknologi Komunikasi dan Informasi Pendidikan.

Prastowo, A. 2011. Panduan kreatif membuat bahan ajar inovatif. Yogyakarta: DIVA Press.

Reiser, R. A. & Dempsey, J. V. 2007. Trend and issues in instructional design and technology. New Jersey: Pearson Merrill Prentice Hall.

Rudhito, M. A. 2007. Perancangan dan pelaksanaan model pembelajaran matematika yang konstruktivistik, kontekstual dan kolaboratif. Widya Dharma Majalah Ilmiah Pendidikan, 18 (1). pp. 1-16.

Sudjana, N. 2005. Metode statistika. Bandung: Tarsito.

Downloads

Published

2017-12-05

Issue

Section

Articles