PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VIII MTS ASSALAFIYYAH MLANGI



DOI: https://doi.org/10.26486/jm.v2i2.371

Estu Pawestri, Heru Sukoco

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berupa lembar kerja siswa (LKS) dengan pendekatan kontekstual untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi kubus dan balok, dan untuk mengetahui kualitas perangkat pembelajaran LKS berdasarkan pada aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan ADDIE, yaitu Analysis (Analisis) melalui analisis kurikulum, Design (Perancangan), yaitu menyusun perangkat pembelajaran, Development (Pengembangan) yaitu memvalidasi perangkat pembelajaran, Implementation (Implementasi) yaitu melakukan kegiatan ujicoba pada proses pembelajaran dikelas VIIIB dan VIIIC MTs Assalafiyyah, dan Evaluation (Evaluasi) yaitu mengevaluasi perangkat pembelajaran.Hasil penelitian ini adalah perangkat pembelajaran berupa LKS Sehingga dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran LKS dengan pendekatan kontekstual untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa yang dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.

 


Keywords


lembar kerja siswa; kontekstual; pemecahan masalah

References


Azwar, S. 2013. Metode penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Depdiknas. 2008. Panduan pengembangan bahan ajar. Jakarta: Depdiknas.

Khomsiatun, S. 2015. Pengembangan perangkat pembelajaran dengan penemuan terbimbing untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(1), 2356-2648.

Khusna, A. H. 2016. Pengembangan lembar kerja siswa pokok bahasan barisan dan deret untuk siswa SMA. Semarang: Unissula Press.

O’Connel, S. 2007. Introduction to problem solving grades 3-5. Portsmouth: Heinemann.

Purwanto & Sadjati, I. M. (Ed.). (2004). Teknologi pembelajaran: Peningkatan kualitas belajar melalui teknologi pembelajaran. Jakarta: Pusat Teknologi Komunikasi dan Informasi Pendidikan.

Prastowo, A. 2011. Panduan kreatif membuat bahan ajar inovatif. Yogyakarta: DIVA Press.

Reiser, R. A. & Dempsey, J. V. 2007. Trend and issues in instructional design and technology. New Jersey: Pearson Merrill Prentice Hall.

Rudhito, M. A. 2007. Perancangan dan pelaksanaan model pembelajaran matematika yang konstruktivistik, kontekstual dan kolaboratif. Widya Dharma Majalah Ilmiah Pendidikan, 18 (1). pp. 1-16.

Sudjana, N. 2005. Metode statistika. Bandung: Tarsito.


StatisticsArticle Statistic

This article has been read : 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika Indexing by

Creative Commons License 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.