KEEFEKTIFAN MEDIA MATEMATIKA VIRTUAL BERBASIS TEAMS GAME TOURNAMENT DITINJAU DARI COGNITIVE LOAD THEORY



DOI: https://doi.org/10.26486/jm.v2i2.370

Nuryadi Nuryadi, Nanang Khuzaini

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran matematika virtual berbasis TGT yang berkualitas baik dan layak untuk digunakan dalam pembelajaran matematika dan mendeskripsikan seberapa baik kualitas perangkat pembelajaran matematika yang dihasilkan. Kriteria kualitas yang digunakan mengacu pada kriteria Nieveen, yaitu valid, praktis dan efektif. Materi yang dikembangkan adalah materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Development research). Penelitian ini mengembangkan perangkat pembelajaran matematika dengan menggunakan model pengembangan yang diadaptasi dari model pengembangan ADDIE. Tahap-tahap yang dilalui sampai diperoleh multimedia pembelajaran matematika yang valid, praktis dan efektif adalah analisis kebutuhan dan perumusan tujuan, desain/pengembangan produk, uji coba, revisi dan kajian produk akhir. Uji coba yang dilakukan meliputi ujicoba ahli/validasi ahli (expert judgement), uji coba kelompok kecil (small group try-out) dan uji coba lapangan (field try-out). Uji coba lapangan (field try-out) dilakukan pada dua kelasVIII di SMP N 1 Sedayu. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi, lembar penilaian guru, lembar penilaian siswa, dan tes Cognitive Load Theory (CLT). Penelitian ini menghasilkan media pembelajaran matematika virtual yang berkualitas dan layak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia pembelajaran matematika yang dikembangkan valid, praktis dan efektif.


Keywords


media pembelajaran matematika virtual; CLT

StatisticsArticle Statistic

This article has been read : 18 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika Indexing by

Creative Commons License 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.