Pembelajaran etnomatematika untuk menurunkan kecemasan matematika

Authors

DOI:

https://doi.org/10.26486/jm.v2i2.295

Keywords:

etnomatematika, kecemasan matematika, probing-prompting

Abstract

Rendahnya kemampuan matematika peserta didik menyebabkan munculnya sikap ketidaksenangan terhadap matematika, dan sebaliknya. Ketidaksenangan tersebut akan memunculkan rasa takut dan cemas ketika belajar matematika. Kecemasan matematika juga dapat muncul karena proses pembelajaran matematika yang kurang menyenangkan. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mengetahui apakah rata-rata kecemasan matematika peserta didik yang diajar dengan pembelajaran probing-prompting bernuansa etnomatematika lebih rendah dari rata-rata kecemasan matematika peserta didik yang diajar dengan pembelajaran ekspositori dan (2) mengetahui penurunan kecemasan matematika peserta didik yang mengikuti pembelajaran probing-prompting bernuansa etnomatematika. Penelitian ini mengacu pada nonequivalent control group design yang merupakan bentuk desain dari kuasi eksperimen. Penelitian ini dilakukan di kelas IV SD NU Nawa Kartika Kudus pada semester genap tahun pelajaran 2016/2017. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan pemberian angket untuk mengukur kecemasan matematika peserta didik. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi uji perbedaan rata-rata (uji t) dan uji gain untuk mengetahui penurunan kecemasan matematika peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kecemasan matematika peserta didik yang diajar dengan pembelajaran probing-prompting bernuansa etnomatematika lebih rendah dari rata-rata kecemasan matematika peserta didik yang diajar dengan pembelajaran ekspositori dan kecemasan matematika peserta didik yang mengikuti pembelajaran probing-prompting bernuansa etnomatematika mengalami penurunan sebesar 48% dengan kategori sedang.

References

Anita, I. W. (2014). Pengaruh Kecemasan Matematika (Mathematics Anxiety) Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, 3(1): 125-132.

Arisetyawan, A., et al. (2014). Study of Ethnomathematics: A Lesson from the Baduy Culture. International Journal of Education and Research, 2(10): 681-688.

Ashcraft, M. H., dan Krause, J. A. (2007). Working Memory, Math Performance, and Math Anxiety. Psychonomic Bulletin & Review, 14(2): 243-248.

Erdogan, A. et al. (2011). Prediction of High School Students’ Mathematics Anxiety by Their Achievement Motivation and Social Comparison. Elementary Education Online, 10(2): 646-652.

Fiore, G. (1999). Math-Abused Students: Are We Prepared To Teach Them? Mathematics Teacher, 92(5), 403-406.

Indiyani, N.E. dan Listiara, A. (2006). Efektivitas Metode Pembelajaran Gotong Royong (Cooperative Learning) untuk Menurunkan Kecemasan Siswa dalam Menghadapi Pelajaran Matematika (Suatu Studi Eksperimental Pada Siswa Di SMP 26 Semarang). Jurnal Psikologi Universitas Diponegoro, 3(1): 10-28.

Mullis, I.V.S., et al. (2015). TIMSS 2015 International Results in Mathematics. Chestnut Hill, MA: TIMSS & PIRLS International Study Center, Boston College.

Organization for Economic Coperation and Development (OECD). (2015). PISA 2015 Results in Focus. Tersedia di https://www.oecd.org/pisa/pisa-2015-results-in-focus.pdf.

Setiana, D.S. (2016). Komparasi Penerapan Metode Pembelajaran CTL dan Open-Ended dengan Memperhatikan Gaya Belajar Ditinjau dari Prestasi dan Minat Belajar Matematika. Jurnal Mercumatika, 1(1): 13-32.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuatitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Suinn, R. M., Taylor, S., dan Edwards, R. W. (1988). Suinn Mathematics Anxiety Rating Scale for Elementary School Students (MARS-E): Psychometric and Normative Data. Educational and Psychological Measurement, 48(4): 979-986.

Suyatno. (2009). Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: Masmedia Buana Pustaka.

Ulya, H., Masrukan, dan Kartono. (2012). Keefektifan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Probing-Prompting dengan Penilaian Produk. Unnes Journal of Mathematics Education, 1(1): 26-31.

Ulya, H. (2016). Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika untuk Membangun Karakter Cinta Tanah Air dan Kreativitas Belajar Matematika. Prosiding Seminar Nasional Psikologi Universitas Muria Kudus: 29-39.

Ulya, H. dan Rahayu, R. (2017). Uji Kelayakan Perangkat Pembelajaran Probing-Prompting Berbasis Keunggulan Lokal Kudus. Prosiding Seminar Nasional Hari Pendidikan Nasional FKIP Universitas Kristen Satya Wacana, 379-388.

Wahyudin. (2010). Monograf: Kecemasan Matematika. Bandung: Program Studi Pendidikan Matematika SPS UPI.

Wahyuni, A., Tias, A.A.W., dan Sani, B. (2013). Peran Etnomatematika dalam Membangun Karakter Bangsa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Negeri Yogyakarta, 113-114.

Downloads

Published

2017-12-05

Issue

Section

Articles