Pengembangan buku ajar berbantuan software scilab pada mata kuliah aljabar matriks
Keywords:
buku ajar, aljabar matriks, ScilabAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku ajar berbantuan Scilab pada mata kuliah aljabar matriks, menelaah kualitas buku ajar ditinjau dari aspek isi dan desain pembelajaran, serta menelaah respons mahasiswa terhadap buku ajar yang dikembangkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (research and development). Sedangkan Model yang digunakan dalam pengembangan buku ajar ini adalah model ADDIE. Berdasarkan hasil penilaian yang dilakukan oleh ahli mata kuliah, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran dan penilaian perorangan mahasiswa, buku ajar yang dikembangkan dikategorikan baik.
References
Badan Litbang SDM Kominfo. (2014). Buku Saku Data dan Tren TIK 2014. [Online]. Diakses pada http://lamongankab.go.id/diskominfo/wp-content/uploads/sites/ 32/2015/04/bukusakudatadantrentik2014.pdf. [04 Januari 2017].
Kartika, H. (2014). Pembelajaran Matematika Berbantuan Software Matlab Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Minat Belajar Siswa SMA, dalam JUDIKA (Jurnal Pendidikan UNSIKA), 2(1), 24-35.
Leksono, L.M., Islam, D., dan Sidik, M. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Komputer (PBK) Untuk SMA Pada Materi Amfibi. [Online]. Diakses pada http://sippendidikan.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/pdf/ 20032014133031229_Suroso-Pengemb%20Media%20Pembel%20Berbantuan%20Komputer%20-rev%20jurnal.pdf. [04 Januari 2017].
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Tegeh, I.M., dan Kirna, I.M. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan Dengan Addie Model. Jurnal IKA Undiksha, 11(1), 12-26.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors retain their rights of works reported in their papers and other parties should adhere to Creative Commons License linked below
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.