Penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe teams games tournament (tgt) pada pokok bahasan peluang sebagai upaya meningkatkan prestasi dan motivasi belajar matematika siswa kelas x mia 2 sma negeri 1 sedayu

Authors

  • Nurmahmidah Nurmahmidah Pendidikan Matematika, Universitas Mercu Buana Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.26486/mercumatika.v1i2.252

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran matematika dengan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dalam upaya meningkatkan prestasi dan motivasi belajar siswa yang mencakup aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika siswa kelas X MIA 2 SMA Negeri 1 Sedayu. (2) mendeskripsikan peningkatan prestasi dan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika siswa kelas X MIA 2 SMA Negeri 1 Sedayu melalui model kooperatif tipe Teams Games Tpurnament (TGT). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara kolaboratif dengan guru. Subjek penelitiannya adalah 32 siswa kelas X MIA 2 SMA Negeri 1 Sedayu. Pengumpulan data menggunakan angket motivasi belajar dan tes tertulis berupa kuis dan evaluasi. Data yang terkumpul dianalisis deskriptif sederhana. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga tahap yaitu tahap prasiklus, siklus I dan siklus II. Pada tahap prasiklus, motivasi belajar siswa mempunyai prosentase 58,06% dan rata-rata nilai hasil tes belajar siswa 64, 77 dengan ketuntasan klasikal 42, 59%. Pada siklus I setelah dilaksanaakn tindakan, motivasi belajar siswa mengalami peningkatan yaitu dapat diprosentasekan menjadi 67,47% dan rata-rata nilai hasil belajar siswa 80,87 dengan ketuntasan klasikal 51,61%. Sedangkan pada siklus II motivasi belajar siswa mengalami peningkatan yaitu dapat diprosentasekan menjadi 71,67% dan rata-rata nilai hasil tes belajar siswa adalah 88,03 dengan ketuntasan klasikal 87,09%. Selain itu, dari hasil wawancara diperoleh keterangan bahwa secara umum siswa termotivasi dalam belajar. Berdasarkan data hasil angket motivasi belajar, hasil tes belajar, dan hasil wawancara dapat disimpulkan bahwa prestasi dan motivasi belajar siswa meningkat setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe TGT.

 

Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif  tipe TGT, Motivasi Belajar, dan Prestasi Belajar.

           

Downloads

Published

2017-04-02

Issue

Section

Articles