Efektifitas Penggunaan Video Tutorial dalam Pembelajaran Daring Ditinjau dari Tingkat Kemandirian Belajar
DOI:
https://doi.org/10.26486/jm.v5i2.1493Keywords:
pembelajaran daring, video tutorial, hasil belajar, trigonometri, kemandirian belajarAbstract
Abstrak
Pandemi COVID-19 memaksa pembelajaran dilaksanakan secara daring. Video tutorial merupakan salah satu media pembelajaran yang dapat memfasilitasi siswa untuk belajar secara mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penggunaan video tutorial dalam pembelajaran daring yang ditinjau dari tingkat kemandirian belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Ambarawa pada materi trigonometri dengan mengambil 33 siswa sebagai sampel. Penelitian jenis eksperimen semu (quasi experimrntal research) ini menggunakan desain the one group pretest-posttest design. Analisis data menggunakan uji non parametik yaitu uji Wiloxcon pada taraf signifikan . Hasil uji hipotesis menyimpulkan bahwa penggunaan video tutorial secara signifikan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan tingkat kemandirian belajar tinggi dan sedang, tetapi tidak untuk siswa dengan tingkat kemandirian belajar rendah. Hasil ini menunjukan bahwa untuk mencapai hasil belajar yang optimal tidak hanya diperlukan dukungan faktor eksternal seperti model dan media pembelajaran, namun juga dari faktor internal yang salah satunya adalah kemandirian siswa dalam belajar.
Kata Kunci: pembelajaran daring, video tutorial, hasil belajar, trigonometri, kemandirian belajar
Â
Abstract
The COVID-19 pandemic forces learning to be carried out online. Video tutorials are a learning medium that can facilitate students to learn independently . This study aims to determine the effective use of video tutorials in online learning in terms of the level of student learning independence. This research was conducted at SMA Negeri 1 Ambarawa on trigonometric material by taking 33 students as samples. Penelitian kind of quasi-experiment (quasi experimrntal research) is to use the design of the one-group pretest-posttest design . The data analysis used a non-parametric test, namely the Wiloxcon test at a significant level . The results of the hypothesis test concluded that the use of video tutorials was significantly effective in improving student learning outcomes with high and moderate levels of learning independence, but not for students with low levels of learning independence. These results indicate that to achieve optimal learning outcomes, it is not only necessary to support external factors such as learning models and media, but also from internal factors, one of which is the independence of students in learning.
Keywords: online learning, video tutorials , learning outcomes, trigonometry, independent learningReferences
Agus Dipa Prayatna, I. Putu, I. Gusti Putu Sudiarta, and I. Nyoman Gita. 2019. “Penerapan Pembelajaran Matematika Berbantuan Video Tutorial Untuk Meningkatkan Minat Dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas Viiid Smp Negeri 2 Sawan.†Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha 9(2):40. doi: 10.23887/jjpm.v9i2.19894.
Anadara, Jurnal, Pengabdian Kepada, Fakultas Keguruan, Ilmu Pendidikan, Universitas Asahan, Jalan Jend, Yani Kisaran Email, Abstrak Penelitian, and Kata Kunci. 2019. “DOUBLE LOOP PROBLEM SOLVING DAN.†1(2).
Baharuddin, Ilham. 2014. “Efektivitas Penggunaan Media Video Tutorial Sebagai Pendukung Pembelajaran Matematika Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Peserta Didik Sma Negeri 1 Bajo Effectiveness Tutorial Video Media Use As a Learning Support of Interest and Math Students Learning Outc.†Efektivitas Penggunaan Media Video Tutorial Sebagai Pendukung Pembelajaran Matematika Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Peserta Didik Sma Negeri 1 Bajo Effectiveness Tutorial Video Media Use As a Learning Support of Interest and Math Students Learning Outc 2:144–51.
Bernard, Martin, Aceng Sumarna, Rosalina Rolina, and Padillah Akbar. 2019. “Development of High School Student Work Sheets Using VBA for Microsoft Word Trigonometry Materials.†Journal of Physics: Conference Series 1315(1). doi: 10.1088/1742-6596/1315/1/012031.
Hafiz, Muhammad, Pembangunan Panca, Budi Medan, Universitas Muslim, Nusantara Alwasliyah, and Univeritas Medan Area. n.d. “PEMBELAJARAN DARING YANG DIHADAPI GURU SEKOLAH.†1(2):103–6.
Han, Eunice S., and Annie goleman, daniel; boyatzis, Richard; Mckee. 2019. “ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIAKAN SOAL PERSAMAAN DAN IDENTITAS TRIGONOMETRI BERDASARKAN KRITERIA WATSON DI KELAS X SMA AL-AZHAR PALU.†Journal of Chemical Information and Modeling 53(9):1689–99.
Islam, Universitas, Negeri Raden, and Intan Lampung. 2017. “3 1,2,3.†177–86.
Jayul, Achmad, and Edi Irwanto. 2020. “Achmad Jayul 1) , Edi Irwanto 2) 1).†6(2):190–99.
Jusmiana, Andi. 2020. “PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP DI ERA PANDEMI COVID-19.†5:1–11.
Masykur, Rubhan, Nofrizal Nofrizal, and Muhamad Syazali. 2017. “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Dengan Macromedia Flash.†Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika 8(2):177. doi: 10.24042/ajpm.v8i2.2014.
Mauke, M., & Sadia, I. W. .. 2013. “Model Contextual Teaching and Learning Terhadap Pemahaman Konsep Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Dalam Pembelajaran IPA-Fisika Di MTs Negeri Negara.†Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia 3(2).
Sadikin, Ali, and Afreni Hamidah. 2020. “Pembelajaran Daring Di Tengah Wabah Covid-19.†Biodik 6(2):109–19. doi: 10.22437/bio.v6i2.9759.
Suciati, W. 2016. Kiat Sukses Melalui Kecerdasan Emosional Dan Kemandirian Belajar. Bandung: CV Rasi Terbit.
Suhendri, Huri. 2011. “Pengaruh Kecerdasan Matematis–Logis Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika.†Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA 1(1):29–39. doi: 10.30998/formatif.v1i1.61.
Waryanto, N. H. 2006. “On-Line Learning Sebagai Salah Satu Inovasi Pembelajaran.†Jurnal Universitas Negeri Yogyakarta.
Wirasasmita, Rasyid Hardi, and Yupi Kuspandi Putra. 2018. “Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial Interaktif Menggunakan Aplikasi Camtasia Studio Dan Macromedia Flash.†EDUMATIC: Jurnal Pendidikan Informatika 1(2):35. doi: 10.29408/edumatic.v1i2.944.
Yuliati, Y., and D. S. Saputra. 2020. “Membangun Kemandirian Belajar Mahasiswa Melalui Blended Learning Di Masa Pandemi Covid-19.†Jurnal Elementaria Edukasia 3(1):142–49.
Yunani, Eva. 2020. “THE EFFECTIVENESS OF VIDEO AS A TUTORIAL Menggunakan Berbagai Macam Platform Media Sosial Yang Tersedia Serta Perubahan Yang Cepat Menyebabkan Persiapan Untuk Menghadapi Berbagai Perubahan Penelitian Ini Mengangkat Video Sebagai Media Tutorial Dalam Pembe.†9(2):0–1. doi: 10.34005/akademika.v9i02.1088.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors retain their rights of works reported in their papers and other parties should adhere to Creative Commons License linked below
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.