Google Classroom untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Kelas XII IPS-2 dalam Pembelajaran Statistika

Authors

  • Andika Harvianta

DOI:

https://doi.org/10.26486/jm.v5i2.1453

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran daring melalu aplikasi Google Classroom. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subyek kelas XII IPS-2 sebanyak 30 peserta didik. Instrumen dalam penelitian ini yaitu pemberian kuisioner dengan 5 indikator pada siklus 1 dan siklus 2. Tahapan penelitian setiap siklus yaitu (1) tahap perencanaan, (2) tahap tindakan, (3) tahap pengamatan, (4) refleksi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan keaktifan siswa dalam pembelajaran daring melalui Google Classroom mengalami peningkatan. Hal ini ditunjukan dari kuisioner siklus 1 yang persentase nilainya 72,50% (kriteria tinggi) menjadi 75,21% (kiteria sangat tinggi) pada siklus 2 dan telah memenuhi indicator keberhasilan.

Published

2022-01-25

Issue

Section

Articles