Efektivitas Model Pembelajaran (CUPs) Conceptual Understanding Procedures Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Pemahaman Konsep Siswa

Authors

  • Anita Destati Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Farida Farida
  • Siska Andriani

DOI:

https://doi.org/10.26486/jm.v5i2.1385

Keywords:

Model Pembelajran CUPs, Kemampuan Komunikasi Matematis, Pemahaman konsep siswa

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan pada model pembelajran (CUPs) Conceptual Understanding Procedures terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis dan pemahaman konsep siswa. Sampel  yang diambil dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX 1 dan IX 2 MTs Riyadlatul Ulum Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur Semester 1 Tahun Pelajaran 2020/2021. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas dan variabel terikat untuk variabel bebas yaitu model pembelajaran (CUPs) Conceptual Understanding procedures dan variabel terikat yaitu kemampuan komunikasi matematis dan pemahaman konsep siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan penelitian ini adalah Cluster Random Sampling yaitu teknik acak kelas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunaka yaitu uji Normalitas dan Homogenitas. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan Uji Multivariate Analysis of Varians (Manova). Berdasarkan hasil penelitian dan hitung Uji Multivariate Analysis of Varians (Monova), diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran model (CUPs) Conceptual Understanding Procedures efektif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan pemahaman konsep siswa.

Author Biography

Anita Destati, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Pendidikan Matematika

References

Anwar Hafid, J. A. & P. H. (2013). Konsep Dasar Ilmu Pendidikan. Afabeta Bandung.

Effie Efrida Muchlis. (2012). Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia ( PMRI ) Terhadap Perkembangan Kemampuan Pemecah Masalah Siswa Kelas II SD Kartika 1 . 10 Padang. Jurnal Exacta, 10(2), 136–139.

Elma Agustina, F. G. P. & F. (2018). Pengaruh Auditory, Intellectually, Repetition ( AIR) dengan Pendekatan Lesson Study terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Desimal, 1(1), 1–6.

Fauri Hidayati & Karya Sinulingga. (2015). Pengaruh Model Pembelajran Conceptual Uderstanding Procedure ( CUPs ) Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok Listrik Ddinamis Di Kelas X Semester II. Jurnal Inpafi, 3, 56–66.

Fredi Ganda Putra. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Reflektif dengan Pendekatan Matematika Realistik Bernuansa Keislaman Kemampuan Komunikasi Matematis. Al-Jabar, 7(2), 203–210.

Nurul Fitriani, G. & S. (2017). Berpikir Kreatif Dalam Fisika Dengan Ppembelajaran Conceptual Uderstanding Procedures ( CUPs ) Berbantuan LKPD Nurul Fitriani , Gunawan , Sutrio Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Mataram. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, III(1), 24–33.

Oktaviana Nirma Nirmala. (2016). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Menggunakan Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Matematics Paedagogic, I(1), 19–29.

Ramadhani Dewi Purmanti, D. D. P. & A. R. (2016). Pengaruh Pembelajaran Berbantuan Geogebra Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau dari Gaya Kognitif. Al-Jabar, 7(1), 115–122.

Sahdan. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures ( CUPs ) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMAN 2 Teluk Keramat pada Materi Kalor dan Perpindahannya. JPSA, 1(1), 1–6.

Siska Andraini. (2015). Evaluasi CSE-UCLA pada Studi Proses Pembelajaran Matematika Siska Andriani. In Al-Jabar (Vol. 6, Issue 2).

Published

2022-01-25

Issue

Section

Articles