Analisis kesalahan Siswa SMP kelas VIII dalam menyelesaikan Soal Lingkaran

Authors

  • Zakiyah Anwar Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Hidayani Hidayani Universitas Muhammadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.26486/jm.v4i2.1162

Keywords:

Kesalahan Siswa, Deskriptif Kualitatif, Kesalahan Teknik Penyelesaian, Teorema

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui jenis dan faktor kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika pada pokok bahasan lingkaran. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah semua siswa-siswi kelas VIII B SMP Negeri 5 Kota Sorong. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes diagnostik dan wawancara tidak terstruktur. Hasil penelitian ini ditemukan 6 jenis kesalahan, yaitu 1) kesalahan dalam menggunakan definisi atau teorema 2) penggunaan algoritma yang tidak sempurna 3) kesalahan teknik Penyelesaian 4) kesalahan data, 5) tidak menghitung atau menuliskan jawaban akhir, dan 6) jawaban acak. Dari hasil wawancara diketahui faktor internal penyebab kesalahan siswa saat menyelesaikan soal pada pokok bahasan lingkaran yaitu siswa kurang memahami konsep yang berkaitan dengan lingkaran, siswa kurang teliti saat mengerjakan soal, siswa kurang memahami soal dengan baik, dan siswa malas belajar.

References

Anwar, Z. (2017). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Aljabar Siswa Kelas VII SMP Negeri 6 Kota Sorong. Jurnal Noken: Ilmu-Ilmu Sosial, 2(1), 10-13.

Eva Wulanningtyas, Melania. 2011. Analisis Kesalahan Siswa di Kelas VIII B Sekolah Menengah Pertama Kanisius Pakem dalam Mengerjakan Soal Cerita pada Topik Perbandingan Senilai dan Berbalik Nilai Tahun Ajaran 2011/2012. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Hadar, Movshovitz, N., Zaslavsky, O., and shlomo Inbar. 2007. An Empirical Classification Model For Errors In High SchoolMathematics. Journal for Research in Mathematics Education, Januari, vol 18, hal 3-14.

Majid, Haghverdi. 2014. The Examining Two Approaches For Facilitating The Process Of Arithmetic Word Problems Solving. International Journal For Studies In Mathematics Education / Vol.4 No.1,135-148

Nisa, Titin Fardatun. 2010. Analisis Kesalahan Siswa Kelas VIII SMP Kemala Bhayangkari Surabaya dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Bangun Ruang. Surabaya: UNESA

Pratiwi, M. 2013. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Terapan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel di Kelas X MAN Gresik. Tesis yang tidak dipublikasikan. Surabaya: Unesa.

Robert, Ashlock. 2008. Error Patterns in Computation. New Jersey: Prentice Hall.

Suparno, Paul. 2014. Metode Penelitian Pendidikan IPA. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Suwarto. 2013. Pengembangan Tes Diagnostik Dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sulistyorini. 2010. Analisis Kesalahan Siswa Kelas X-5 Negeri 1 Sooko Mojokerto Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Program Linier. Surabaya: Unesa.

Downloads

Published

2020-04-30

Issue

Section

Articles