Pengaruh Strategi Promosi Mie Gacoan Melalui Aplikasi Shopee Food Terhadap Tingkat Minat Pembeli di Lingkup Mahasiswa Universitas Mercu Buana Yogyakarta Angkatan 2022
DOI:
https://doi.org/10.26486/ilkom.v1i1.3119Keywords:
Mie Gacoan, Shopee Food, minat beli, strategi promosiAbstract
Mie Gacoan merupakan salah satu produk makanan yang saat ini sedang banyak diminati oleh konsumen. Untuk lebih menarik minat konsumen, Mie Gacoan juga melakukan berbagai promosi. Selain itu, Mie Gacoan juga menyediakan jasa pemesanan melalui aplikasi online salah satunya lewat Shoppe Food. Penelitian ini bermaksud untuk meneliti pengaruh strategi promosi yang dilakukan Mie Gacoan terhadap minat beli di lingkup mahasiswa UMBY Angkatan 2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan cara menyebar kuesioner kemudian hasilnya dianalisis menggunakan analisis Regresi Linier untuk mengetahui besar pengaruhnya. Diperoleh hasil bahwa strateggi promosi Mie Gacoan di aplikasi Shopee Food berpengaruh sebesar 66,1% terhadap minat beli mahasiswa UMBY angakatan 2022.
References
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta.
Balqis Anggraini, A., & Saino. (2022). Pengaruh Harga, Physical Evidence, dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Mie Gacoan Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 10(1), 1591–1599.
Burnett, J. J. (2005). Prinsip-prinsip pokok Periklanan: Promosi Penjualan. Kencana.
Febriani, N. S., & Asmara Dewi, W. W. (2019). Perilaku Konsumen di Era DIGIAL (Edition 1). UB PRESS.
Hidayat, A. T., Elita, M. F., & Setiaman, A. (2012). Hubungan antara atribut produk dengan minat beli konsumen. EJurnal Mahasiswa Universitas Padjadjaran, 1(1), 1–14. http://journals.unpad.ac.id
Kerlinger, F. N. (1973). Founding Of Behavior Research. Holt. Rinchart and Winston Inc.
Nafisa, L. (2021). Analisis penjualan kuliner secara online melalui aplikasi. LPPM STIE YUDIKA.
Rahmadani, N., Handayani, M., Rohminatin, R., & Putri, P. (2020). Pemanfaatan E-Commerce Bagi Generasi Milenial. Jurdimas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Royal, 3(2), 123–128. https://doi.org/10.33330/jurdimas.v3i2.505
Risti, L. L., & Cahyanti, M. M. (2022). Malang Terhadap Keputusan Pembelian Online Di Gofood. Jurnal Distribusi, 10(1), 11–18.
Rizky, M.F. & Yasin, H. (2014). Pengaruh Promosi dna Harga Terhadap Minat Beli Perumahan Obama PT. Nailah Adi Kurnia Sei Mencirim Medan. Jurnal Manajemen & Binsis, 14(2), 135–143. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30596%2Fjimb.v14i2.182
Rosdiana, R., Haris, I. A., & Suwena, K. R. (2019). Pengaruh Kepercayaan Konsumen Terhadap Minat Beli Produk Pakaian Secara Online. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 11(1), 318. https://doi.org/10.23887/jjpe.v11i1.20164
Schiffman, L.G, Kanu, & L.L. (2004). Consumer Behavior Upper Saddle River (8 th editi). New Jersey.
Solis, B. (2010). Engage: The Complete Guide for Brands and Business to Build, Cultivate, and Measure Success in the New Web. John Wiley & Sons Inc.
Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Edition 3). Alfabeta.
Sukmadinata, S. N. (2006). Metode Penelitian Pendidikan. Remaja Rosdakarya.
Sutisna. (2003). Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. PT. Remaja Rosdakarya.
Swasta, B., Dharmesta, & Irawan. (2008). Manajemen Pemasaran Modern. Liberty.
Tjibtono, F. (2008). Strategi Pemasaran. Andi Offset.
Vania, I., & Simbolon, R. (2021). Pengaruh Promo ShopeeFood Terhadap Minat Beli Pengguna Shopee (Di Daerah Tangerang Selatan). Fakultas Ekonomi Universitas Advent Indonesia, 46–58.
Wardani, P. K., Reinaldy, F. rizky, & Tyas, I. P. (2022). Analisis Faktor-Faktor Keputusan Pembelian Makanan Dengan Menggunakan Jasa Shopee Food. Jurnal Kajian Keislaman Multi-Perspektif, 2(1), 163–188.
Widyayanti, E. R. (2022). Analisis Penjualan Produk Kuliner Melalui Online Pada Aplikasi Sophee Platform Sopheefood Di Yogyakarta. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis Indonesia, 2(2), 394–417. https://doi.org/10.32477/jrabi.v2i2.475
Wildan, M. (2018). Pengaruh Harga, Iklan dan Promosi Penjualan terhadap Minat Beli Konsumen pada E-Commerce Lazada (Studi Kasus Pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNISMA). Jurnal Riset Manajemen, 103–116. www.fe.unisma.ac.id
Zulian, Y. (1996). Manajemen Produksi dan Operasi (Pertama). Ekonisia.
Downloads
Published
Issue
Section
License
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to Literasi: Jurnal Ilmu Komunikasi
Â
Literasi: Jurnal Ilmu Komunikasi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.