Aktivitas Marketing Public Relations The Alana Yogyakarta Hotel & Convention Center dalam Meningkatkan Minat Pengunjung pada Masa Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.26486/ilkom.v1i1.2879Keywords:
aktivitas, marketing, public relations, hotell pandemiAbstract
ABSTRAK
Pada masa pandemi Covid-19 banyak sekali hal yang menimbulkan beragam persoalan dan setelah masuknya pandemi Covid-19 ke Indonesia, segala sektor yang ada di Indonesia mengalami dampak perubahan seperti pada sektor perekonomian dan pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta khususnya The Alana Yogyakarta Hotel & Convention Center. Namun hal tersebut tidak menjadi halangan khususnya bagi marketing public relations The Alana Yogyakarta Hotel & Convention Center. Kita hidup pada era dimana persepsi lebih diutamakan daripada kenyataan, itu sebabnya aktivitas marketing public relations tidak dapat dipungkiri dan berpengaruh di masyarakat terutama untuk mempersuasif dan mengelola pemikiran dan persepsi publik untuk meningkatkan minat pengunjung pada masa pandemic Covid-19. Penulis melakukan penelitian diatas dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Dengan menggunakan metode penelitian ini, penulis ingin memberikan gambaran secara mendalam terhadap penelitian terkatit aktivitas marketing public relations The Alana Yogyakarta Hotel & Convention Center dalam meningkatkan minat pengunjung pada masa pandemi Covid-19. Narasumber penelitian ini yaitu marketing public relations The Akana Yogyakarta. Dalam memperoleh data yang valid maka dibutuhkan Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Tujuan penelitian ini yakni untuk mengetahui bagaimana aktivitas marketing public relations The Alana Yogyakarta dalam meningkatkan minat pengunjung pada masa pandemic Covid-19. Hasil dari penelitian ini yakni aktivitas marketing public relations dalam meningkatkan minat pengunjung pada masa pandemi Covid-19 tetap berjalan sesuai dengan peraturan dari manajemen perusahaan melalui visi dan misi yang dilakukan dalam penerapan aktivitas marketing public relations yang penuh dengan inovasi dan kreatifitas sehingga mamu miningkatkan minat pengunjung pada masa pandemic Covid-19.
References
S. Waryuni, R. Widyanti, and Z. N. Aslie, “Marketing Public Relations Karaoke Happy Puppy Banjarmasin dalam Menarik Minat Strategi Pengunjung,†2016.
U. Memenuhi, P. Gelar, S. Sosial, and S. Sos, “Strategi Marketing Public Relations Jenahara dalam Memasarkan Busana Muslim Skripsi Diajukan Kepada Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi.â€
O. : Maryam, “Strategi Marketing Public Relations dalam Meningkatkan Jumlah Tamu Hotel Pantai MARINA Bengkalis,†Jom FISIP, vol. 4, no. 2, 2017.
N. W. Suwithi and C. Boham, “Akomodasi perhotelan jilid 1 untuk sekolah menengah kejuruan / Pusat perbukuan departemen pendidikan nasional,†2008.
Kotler, Philip & Keller, K. L. 2012. Marketing Management : Global Edition. United States: Pearson Education Inc.
Danandjaja. 2011. Peran Humas Dalam Perusahaan, Graha Ilmu, Jakarta.
Ruslan, Rosady.2008. Manajemen Public Relations dan hb Media Komunikasi. PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Zulkifli, Arif. 2020. Green Marketing Refedenisi Green Product, Green Price, Green Place and Green Promotion, Graga Ilmu, Jakarta
Gassing, Syarifuddin dan Saryanto. 2016. Public Relations. Yogyakarta: CV Andi Offset (Penerbit Andi)
Kasali, Rhenald. 2005. Manajemen Public Relations. Jakarta. Pustaka tama Grafiti
Kriyantono, Rachmat 2008. Public Relations Writing Teknik Produksi Media Public Relations dan Publisitas Korporat. Jakarta Kencana Perdana Media Grup.
Ardianto, Soemirat Soleh Prof, DR,M.S. (2016). Dasar-dasar Public Relations. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya
Downloads
Published
Issue
Section
License
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to Literasi: Jurnal Ilmu Komunikasi
Â
Literasi: Jurnal Ilmu Komunikasi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.