KOMUNIKASI PENDIDIKAN DALAM UPAYA PENGUATAN NKRI PADA SISWA SMPN PAMARAYAN

Penulis

  • Dewi Widowati Universitas Sahid Jakarta

Kata Kunci:

Komunikasi, Pendidikan, Coordinated Management of Meaning, Character building, NKRI.

Abstrak

Pendidikan menjadi hal yang sangat penting dalam membentuk karakter siswa. Oleh karena itu perlu dilakukan upaya yang berkesinambungan dalam memberikan materi mengenai NKRI kepada para siswa. Judul penelitian ini yaitu, “Komunikasi Pendidikan Dalam Upaya Penguatan NKRI Pada Siswa SMPN Pamarayan, Kec. Pamarayan., Kab. Serangâ€. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis implementasi materi NKRI melalui metode pembelajaran “Tatap Muka†dan menganalisis proses belajar mengajar pada siswa SMPN Pamarayan, Kec. Pamarayan, Kab. Serang. Teori yang, yaitu “Teori Coordinated Management of
Meaning (CMM)â€, yang mengemukakan tentang komunikasi yang dilakukan seseorang melalui tatap muka, sehingga guru dapat mengetahui apakah siswa menerima pesan yang disampaikan atau tidak melalui feedback (umpan balik) berupa lambang verbal dan non-verbal siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, kepustakaan, wawancara dengan guru dan siswa. Metode analisis pembahasan yaitu analisis interpretatif. Hasil penelitian menunjukkan, metode komunikasi kelompok dan tatap muka, relatif mudah diterima oleh siswa dalam memahami materi NKRI. Materi yang diberikan yaitu mengenai bahasa, suku bangsa, character building, budaya saling sapa, dan nilai-nilai sosial yang dapat mempersatukan keragaman suku di Indonesia.

Referensi

Gudykunst, William B. (2005). Theorizing About Intercultural Communication. Thousand Oaks, CA: Sage.

Iriantara, Yosal dan Usep Syaripudin, M.Ed. 2013. Komunikasi Pendidikan. Bandung. Simbiosa Rekatama Media.

Liliweri, Alo. (2005). Gatra-gatra Komunikasi Antarbudaya. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Littlejohn, Stephen W. & Karen A. Foss. (2009). Teori Komunikasi. Salemba. Jakarta.

Diterbitkan

2019-10-14

Terbitan

Bagian

Articles