GURU BERKUALITAS MENUJU INDONESIA CERDAS

Authors

  • Hermayawati Hermayawati Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Keywords:

Profesi Guru, Aktualisasi, Ranah Potensi

Abstract

Seiring dengan kemajuan teknologi yang membawa pengaruh terhadap ketergantungan penggunaan gawai di kalangan pemelajar perlu kiranya disikapi secara positif oleh para guru. Pada kenyataannya, alat komunikasi canggih tersebut masih belum berterima di lingkungan sekolah dasar dan menengah. Artikel ini dimaksudkan untuk memberikan gambaran serta mendiskusikan tentang kriteria „guru berkualitas‟ dalam upaya „menuju Indonesia Cerdas dan Bermartabat‟ baik secara teori maupun praktik. Setiap guru wajib melaksanakan tugasnya melalui aktualisasi amanah UURI No. 20/2003 tentang Sisdiknas, UURI No.14/2005 tentang Guru dan Dosen, UURI No. 23/2002 yuncto UU No.35/2014 tentang Perlindungan Anak, serta PP No. 19/2005 dan PP No.78/2008. Aktualisasi berbagai aturan yuridis tersebut dapat dilakukan di antaranya melalui kegiatan berikut: (1) menyadari tugas profesinya melalui upaya pengembangan empat kompetensi secara berkelanjutan; (2) mengoptimalkan tiga ranah potensi peserta didik, yaitu kognitif, afektif dan psikomotor sesuai dengan kapasitas masing-masing; (3) memberikan kebebasan yang bertanggung-jawab kepada peserta didik sesuai dengan bakat dan minat masing-masing agar belajar menjadi menyenangkan; dan (4) mendorong peserta didik untuk memperoleh pengalaman belajar yang kompetitif di luar kelas atau pun di luar sekolah untuk membiasakan diri berkompetisi dalam hidup di masa depan.

References

Anonim. 2003. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Anonim. 2005. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Depdiknas.

Brown, H., Douglass. 2007. Teaching by Principles: An Interactive Approach to Language Pedagogy. NY: Pearson Education, Inc.

Depdiknas. 2008. Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru. Jakarta: Depdiknas.

Fauzi, Yuliyanna. 2017. Ranking Indeks Pembangunan Manusia Indonesia Turun ke-113. Jakarta: CNN Indonesia. (Retrieved from https://www.cnnindonesia.com/ ekonomi/20170322182446-78-202081/ranking-indeks-pembangunan-manusia-indonesiaturun-ke-113, June 13, 2018)

Gage, N.L. & Berliner, David C. 1984. Educational Psychology: Third Edition. Boston: Houghton Mifflin Company.

Hermayawati. 2005. Relevansi Materi Pembelajaran Bahasa Inggris di SMA dengan Pelestarian Budaya dan Pengembangan Pariwisata Kota Yogyakarta (Laporan Hasil Penelitian atas Biaya Pemprov DIY). Yogyakarta: BAPPEDA Kota Yogyakarta.

Hermayawati. 2017. Analysis on the English Teachers‟ Understanding in Implementing the 2013 Curriculum : A paper presented in the 4th AECon 2017. UM Purwokerto: Atlantis Press.

Hermayawati. 2018. Empat Pilar Pendidikan UNESCO:Artikel dimuat pada SKH Kedaulatan Rakyat dan KRJogja (http://krjogja.com/web/news/read/57325/

Empat_Pilar_Pendidikan_UNESCO.

Johnson, Elaine B. 2007. Contextual Teaching and Learning (Edisi Terjemahan). Bandung: MLC.

KPAI. 2014. Undang-Undang RI Nomor 35/2014 tentang Perubahan atas UURI

No.23/2002 tentang Perlindungan Anak.

Krathwohl, David R. 2002. A Revision of Bloom‟s Taxonomy: An Overview. Available from https://www.depauw.edu/files/resources/krathwohl.pdf

Nirmalasari, Marintan. 2011. Pengembangan Model Memorization Learning dalam Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik pada Pelajaran Kimia SMA.

http://repository.uinsu.ac.id

Nurkamto, Joko. 2000. Pendekatan Komunikatif: Penerapan dan Pengaruhnya terhadap Pemelajaran Bahasa Inggris (Laporan Hasil Penelitian untuk Disertasi). Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta.

Sunhaji. 2014. Kualitas Sumber Daya Manusia (Kualifikasi, Kompetensi dan Sertifikasi Guru). Jurnal Kependidikan, Vol. II No. 1 Mei 2014 (Available from

https://media.neliti.com/media/publications/104619-ID-kualitas-sumber-daya-manusiakualifikasi.pdf.

Downloads

Published

2019-10-14

Issue

Section

Articles