PENANAMAN NILAI KEJUJURAN MELALUI PENDIDIKAN KARAKTER PADA ANAK USIA DINI DENGAN TEKNIK MODELING

Authors

  • Alfi Rachmah Hidayah Universitas Negeri Semarang
  • Dea Hediyati Universitas Negeri Semarang
  • Sri Wahyu Setianingsih Universitas Negeri Semarang

Keywords:

nilai kejujuran, pendidikan karakter, teknik modeling, anak usia dini

Abstract

Pendidikan karakter menjadi hal yang wajib untuk diberikan kepada anak. Mengingat generasi muda saat ini sangat memprihatinkan, nilai- nilai karakter yang diberikan pun harus optimal dimasa usia dini, karena masa ini merupakan usia golden age (masa keemasan), dimana karakter mudah di bentuk pada usia ini. Sejumlah studi mengatakan bahwa anak-anak sangat mudah menirukan yang berada disekitarnya, oleh karena itu kami mengambil teknik modeling untuk menanamkan nilai kejujuran. Untuk menghindarkan generasi muda penerus bangsa dari krisis karakter seperti korupsi maka sangat diperlukan penanaman nilai kejujuran melalui pendidikan karakter pada usia dini. Penanaman karakter sejak dini menjadi penting untuk menumbuhkan pribadi yang cerdas dan bermoral untuk tahap kehidupan berikutnya. Tulisan ini berfokus pada penanaman nilai kejujuran melalui pendidikan karakter pada anak usia dini dengan teknik modeling dengan menggunakan metode penelitian studi pustaka yang mengambil inti dari beberapa buku serta jurnal-jurnal ilmiah. Hasil studi pustaka menunjukan bahwa ada hubungan antara nilai kejujuran dengan teknik modeling yang dapat membentuk karakter anak usia dini.

References

Alwisol. (2009). Psikologi Kepribadian. Malang: UMM

Corey, Gerald. (2005). Theory and Practice of Counseling & Psichoterapy. Seventh edition. USA: Broks/Cole Thompson. Direktorat Jendral Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal dan Informal tahun 2012

Erford, B.T. (2016). 40 Teknik yang Harus diketahui Setiap Konselor (Edisi Kedua). Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Kementrian Pendidikan Nasional. (2010). Panduan Pendidikan Karakter. Jakarta: Kemdiknas

Kesuma, Darma., dkk. (2011). Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung. Rosda Karya

Komalasari, Gantina, dkk . (2011). Teori dan Teknik Konseling. Jakarta: Indeks

Lie, Tan Giok. (2007). Pendidikan Dini: Pembentukan Karakter Individu. Bandung: STT INTI

Mansur. (2005). Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Mansyur, S dan Rasyid, H. (2009). Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Multi Pressindo

Mulyasa, H. E. (2013). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara

Rumiani Ni Wayan, dkk. (2014). “ Penerapan Konseling Behavioral Teknik Modeling Melalui Konseling Kelompok Untuk MeningkakanMotivasi Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 2 Singaraja Tahun Pelajaran 2013/2014â€. Universias Pendidikan Ganesha Singaraja. EJournal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol : 2 No : 1

Ratna, Lilis. (2013). Teknik-Teknik Konseling. Yogyakarta: Deepublish

Suyanto, S. 2005. Pembelajaran untuk Anak TK. Jakarta: Depdiknas

Undang-undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Yaumi, Muhammad. 2014. Pendidikan Karakter: Landasan, Pilar, dan Implementasi. Jakarta: Prenadamedia Group

Downloads

Published

2019-10-14

Issue

Section

Articles