ANALISIS KINERJA DIVISI TIWUL INSTAN PADA PT SINAR SUKSES SENTOSA

Sudarni Wahyuningsih, Juarini Juarini, Nanik Dara Senjawati

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kinerja PT Sinar Sukses Sentosa divisi tiwul instan dengan menggunakan metode Balanced Scorecard. Metode pelaksanaan penelitian ini adalah berupa studi kasus, metode penentuan responden dengan  purposive sampling dilakukan dengan cara memberikan kuesioner kepada karyawan dan pelanggan produk PT Sinar Sukses Sentosa divisi tiwul instan. Metode pengambilan data diperoleh dari data primer dan data sekunder dengan teknik wawancara, pemberian kuesioner, dan dokumentasi. Hasil penelitian menggunakan Balanced scorecard dengan empat perspektif yaitu perspektif finansial dengan penghitungan ROI, TATO, dan Net Profit Margin, perspektif pelanggan dengan penghitungan Sales return dan Sales retention, perspektif bisnis internal dengan penghitungan capacity, serta perspektif pembelajaran dan pertumbuhan dengan penghitungan Employed productivity dan Employed turn over secara keseluruhan menunjukkan bahwa kinerja PT Sinar Sukses Sentosa divisi tiwul instan tidak baik.

Full Text:

PDF

References


Bastian, I. 2001. Akuntansi Sektor Publik. Edisi Pertama. Penerbit BPFE Yogyakarta. Yogyakarta.

Boy Isma Putra. 2005. Analisis Pengukuran Kinerja Dengan Metode Balance Score Card (BSC) Di CV MCH Sidoarjo. Jurnal Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

________. 2006. Sistem Manajemen Kinerja Terintegrasi Balanced Scorecard dengan Six Sigma untuk Organisasi Bisnis dan Pemerintah. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Hardiyanto L, Achmad Holil, dan Pambudi H. 2005. Perancangan dan Pembuatan Sistem Informasi Pengukuran Kinerja Pemasaran dengan Metode Balanced Scorecard Studi Kasus PT. Semen Gresik. Surabaya : Jurnal Institut Teknologi Sepuluh November.

Lasdi L. 2002. Balanced Scorecard Sebagai Kerangka Pengukuran Kinerja Perusahaan Secara Komprohensif dalam Lingkungan Bisnis Global. Jurnal Widya Manajemen dan Akuntansi, Vol. 2, No. 2. Halaman 54.

Lukviarman, N. 2006. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Penerbit Andalas University Press.

Mardiasmo. 2002. Akuntansi Sektor Publik. Andi : Yogyakarta.

Mayasari. 2015. Analisis Balanced Scorecard Sebagai AlatPengukuran Kinerja Perusahaan PT Jamsostek Cabang Belawan. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis Volume 15 No.1/ Maret 2015 Universitas Sumatera Utara halaman 28.

Oktaviani, Usman, dan Mas’ud. 2013. Evaluasi Kinerja Perusahaan dengan Pendekatan Balanced Scorecard (Studi Kasus di PT Inti Luhur Fuja Abadi). Jurnal Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya, Malang.

Yuwono dan Ichsan. 2006. Petunjuk Praktis Penyusunan Balanced Scorecard Menuju Organisasi yang Berfokus pada Strategi. Penerbit Gramedia Pustaka Utama.Jakarta.


Article Metrics

Abstract view : 8 times
PDF - 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.