EVALUASI KESESUAIAN LAHAN TANAMAN JAMBU KRISTAL SEBAGAI UPAYA PERLUASAN LAHAN DI KABUPATEN SUMEDANG MENGGUNAKAN TEKNIK ANALISIS GEOSPASIAL

Irdan Herdiat, Sophia Dwiratna, Dwi Rustam Kendarto

Abstract


Jambu kristal merupakan varietas baru jambu biji dimana memiliki daging buah yang tebal dan biji yang sedikit sehingga banyak digemari oleh masyrakat terbukti dengan permintaan yang bertambah setiap tahunnya. Besarnya permintaan jambu kristal di Kabupaten Sumedang tidak sebandingdengan tersedianya stok jambu kristal. Maka proses perluasan lahan perlu dilakukan untuk memenuhi permintaan dan pengembangan jambu kristal di Kabupaten Sumedang.Penelitian ini bertujuan menemukan wilayah potensial budidaya jambu kristal. Proses kesesuaian lahan dilakukan dengan cara melakukan overlay pada aspek tanah, aspek iklim dan aspek topografi yang dianalisis menggunakan metode pembandingan (matching). Data iklim dilakukan pengolahan data hilang dengan menggunakan persamaan Braak agar teruji validitasnya.Hasil didapatkan bahwa kelas S2 menjadi kelas yang sangat dominan disebabkan karena faktor pembatas iklim terutama curah hujan. Sekitar 48.4% aspek iklim adalah kelas S2 sedangkan sekitar 84.26% aspek tanah adalah kelas S1 begitu juga dengan aspek topografi sekitarĀ  47.98% adalah kelas S1. Potensi pengembangan jambu kristal di Kabupaten Sumedang sebesar 35,17 %. Kecamatan Jatigede menjadi kecamatan yang memiliki wilayah potensial terbesar yaitu dengan luas mencapai 294.618 ha.

Full Text:

PDF

References


Arsyad, S., 1989. Konservasi Tanah dan Air. Penerbit IPB (IPB Press), Bogor.

Braak C. 1928. The Climate of The Netherlands Indies. Proc. Royal Mogn. Meteor.Observ. Batavia, nr. 14. pp. 192

Damayanti, N, T. 2016. Potensi Pengembangan Tanaman Jambu Kristal (Psidium Guajava L) Berdasarkan Aspek Agroklimat di Jawa Barat. Skripsi. Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Institut Pertanian Bogor, Bogor.

Djaenudin, D., Marwan, H., Subagjo, H., dan A. Hidayat. 2011. Petunjuk Teknis Evaluasi Lahan Untuk Komoditas Pertanian. Balai Besar Litbang Sumberdaya Lahan Pertanian, Badan Litbang Pertanian, Bogor. 36p.

Hardjowigeno S, Widiatmaka. 2007. Evaluasi Kesesuaian Lahan dan Perencanaan Tata Guna Lahan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Hardjowigeno, S. 1995. Ilmu Tanah. Akademik Pressindo Jakarta

Juanda Js, Dede, dan Bambang C., 2000, Ubi Jalar Budi Daya dan Analisis Usaha Tani, Yogyakarta: Kanisius.

Ritung S, Wahyunto, Agus F, Hidayat H. 2007. Panduan Evaluasi Kesesuaian Lahan dengan Contoh Peta Arahan Penggunaan Lahan Kabupaten Aceh Barat. Balai Penelitian Tanah dan World Agroforestry Centre (ICRAF), Bogor, Indonesia.

CV Gema Horti Mekar Sitrun. 2010. Jambu Kristal. Agriculture and environmental Business. Surabaya. http:/www.mekarsintrun.com/jambu-kristal-mutiara/ diakses tanggal 18 Maret 2018.


Article Metrics

Abstract view : 152 times
PDF - 49 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.