DINAMIKA KELOMPOK TANI BENDO MULYO DI DESA TENDAS KECAMATAN TAYU KABUPATEN PATI

Hardi Gustap Pandiangan, Eko Murdiyanto, Nanik Dara Senjawati

Abstract


Pembangunan pertanian tidak dapat berjalan sebagaimana dicita-citakan bangsa Indonesia karena adanya berbagai persoalan yang dihadapi dari waktu ke waktu. Persoalan tersebut antara lain pengetahuan dan kemampuan masyarakat yang masih rendah sehingga dibutuhkan peranan dari pemerintah, dalam hal ini pembentukan kelompok tani, dari kelompok tani inilah masyarakat petani akan diberdayakan sehingga produktivitas akan lebih efektif dan efisen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dinamika kelompok tani Bendo Mulyo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang didukung data kuantitatif. Subjek penelitian adalah penyuluh pertanian lapangan, ketua kelompok tani, pengurus kelompok tani dan anggota kelompok tani. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Jenis dan sumber data penelitian dari data primer dan sekunder. Validitas data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan metode. Teknik analisis data yaitu melalui tahap pengumpulan data, reduksi data dan penyajian data. Hasil penelitiannya adalah dinamika kelompok tani Bendo Mulyo berada pada tahap norming, anggota kelompok tani sudah dapat menerima keunikan dan perbedaan dalam kelompok, anggota kelompok mengesampingkan konflik yang ada dan lebih mengembangkan norma-norma dalam kelompok, dilihat dari adanya kesadaran anggota kelompok untuk bekerjasama dengan anggota yang lainnya dalam meningkatkan kesejahteraan hidup yang lebih baik lagi.

Full Text:

PDF

References


Afifuddin dan Beni Ahmad Saebani. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Pustaka Setia. Bandung.

Arifin. B. S. 2015. Dinamika Kelompok. Pustaka Setia. Bandung.

Badan Pendidikan dan Latihan Penyuluh Pertanian (BPLPP). 1990. Gema Penyuluhan Pertanian. Departemen Pertanian Republik Indonesia. Jakarta.

Departemen Pertanian. 2007. Pedoman Penumbuhan dan Pengembangan Kelompoktani dan Gabungan Kelompoktani. Jakarta.

Lestari, M. 2011. Dinamika Kelompok Dan Kemandirian Anggota Kelompok Tani Dalam Propinsi Jawa Tengah. Tesis. Surakarta : Universitas Sebelas Maret.

Mandasari, Sutra. 2014. Hubungan Peran Kelompok Tani Dengan Produktivitas Usahatani Benih Padi. Skripsi. Fakultas Sains dan Teknologi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Jakarta.

Mardikanto, T. 1994. Bunga Rampai Pembangunan Pertanian. UNS Press. Surakarta.

Miles, Matthew B dan A Michael Huberman. 2009. Analisis Data Kualitatif. Terjemahan Tjetjep Rohendi Rohidi. Jakarta: UI PRESS.

Nawawi, Hadari dan Mimi Martini. 2005. Penelitian Terapan. Gadjah Mada University Press.

Yogyakarta.

Sastraatmadja, Entang. 1991. Ekonomi Pertanian Indonesia, Masalah, Gagasan dan Strategi. Bandung: Angkasa.


Article Metrics

Abstract view : 17 times
PDF - 36 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.