ANALISIS PENERAPAN SERTIFIKASI INDONESIAN SUSTAINABLE PALM OIL (ISPO) DALAM USAHA KELAPA SAWIT (Studi Kasus di Kebun Baru PTPN I dan Kebun Rambutan PTPN III)

Azhari Rizal, Siti Hamidah, Sri Wuryani

Abstract


Indonesian Sustainable Palm Oil merupakan sistem Sertifikasi kelapa sawit berkelanjutan di Indonesia yang merupakan suatu produk peraturan perundangan yang digunakan untuk memastikan diterapkannya proses budidaya kelapa sawit secara berkelanjutan dan mendukung komitmen Republik Indonesia untuk mengurangi gas rumah kaca. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Menganalisis penerapan sertifikasi ISPO di kebun baru PT Perkebunan Nusantara I dilihat dari prinsip dan kriteria ISPO di kebun baru PT Perkebunan Nusantara I. 2) Menganalisis produktivitas tandan buah segar di kebun baru PT Perkebunan Nusantara I dan PT Perkebunan Nusantara III. Metode pelaksanaan pada penelitian ini adalah deskriptif, dengan pendekatan studi kasus dan uji beda t-test. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik pengumpulan melalui observasi, wawancara dan menggunakan kuesioner dengan jenis data primer dan sekunder. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) tingkat penerapan sertifikasi ISPO di kebun baru berada dalam kategori baik dengan nilai 92,79%, 2) tidak terdapat perbedaan yang signifikan dari hasil analisis produktivitas tandan buah segar di kebun rambutan PT Perkebunan Nusantara III dan kebun baru PT Perkebunan Nusantara I.


Full Text:

PDF

References


Apriyanto, Oni. 2013. Indonesian Sustainable Palm Oil. Vol 15 – No 1 Februari 2013 Hal 33 – 35. ISSN 1411 – 7584. LPPcom. Yogyakarta.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta. Jakarta

Ditjenbun, 2015. Statistik Perkebunan Indonesia Komoditas Kelapa Sawit 2014-2016. Direktorat Jendral Perkebunan. Jakarta

Peraturan Mentri Pertanian Republik Indonesia Nomor 11/Permentan/OT.140/3/2015. Tentang Sistem Sertifikasi Kelapa Sawit Berkelanjutan Indonesia (Indonesian Sustainable Palm Oil Certification System/ISPO).

Risza, Suyatno. 2010. Masa Depan Perkebunan Kelapa Sawit Indonesia. Kanisius. Yogyakarta.


Article Metrics

Abstract view : 24 times
PDF - 51 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.