Analisis Benchmarking Posisi Franchise Coffee Shop X Terhadap Coffee Shop Y di Jatinangor

Authors

  • Juwita Rahma Putri
  • Lucyana Trimo Universitas Padjadjaran

DOI:

https://doi.org/10.26486/jpsb.v8i1.999

Keywords:

Posisi, Franchise, Coffee shop, Benchmarking

Abstract

Coffee shop X dan coffee shop Y Jatinangor merupakan sebuah coffee shop dalam bentuk franchise. Berdasarkan brand, coffee shop X lebih terkenal dibandingkan brand coffee shop Y. Harapan berdasarkan brand penjualan coffee shop X lebih unggul dibandingkan coffee shop Y, tetapi pada kenyataanya justru sebaliknya, sehinggan munculah gap. Diperlukan penelitian untuk melihat posisi coffee shop X jatinangor terhadap coffee shop Y Jatinangor yang dinilai oleh konsumen  dengan analisis benchmarking. Desain dalam penelitian ini ialah kualitatif dengan teknik studi kasus. Metode analisis data pada penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan analisis benchmarking yang dipadukan dengan Quality of Deployment (QFD). Hasil analisis menunjukkan bahwa posisi coffee shop X Jatinangor dinilai terdapat empat atribut persyaratan pelanggan dan empat atribut persyaratan teknik yang berada dibawah coffee shop Y Jatinangor dan perlu untuk ditingkatkan lagi.

 

 

Author Biography

Juwita Rahma Putri

Agribisnis Student

References

Andersen, B., Pettersen, P. G. 1996. The Benchmarking Handboo. London : Chapman and Hall

Aprilia, Annisa., 2017, Tradisi Minum Kopi di Indonesia Ternyata Muncul Setelah Belanda Membawa Biji Kopi. diakses melalui https://www.google.com/amp/s/lifestyle.okezone.com/amp/2017/08/25/406/176340 7/okezone-week-end-tradisi-minum-kopi-di-indonesia-ternyata-muncul-setelah- belanda-membawa-biji-kopi

BAPPEDA Kabupaten Sumedang. 2009. Laporan Akhir Studi Kelayakan Kawasan Jatinangor

Sebagai Kawasan Perkotaan.

International Coffee Orgniztion (ICO). 2017. Konsumsi Kopi Indonesia 2000- 2016. Diakses pada https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2017/07/03/berapa-

konsumsi-kopi-indonesia

Kasali, Rhenald., (2010), Membidik Pasar Indonesia: Segmentasi, Targeting, dan Positioning, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Moleong, Lexy J., (2007), Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Muspitawati, Heti., 2003, Kajian Strategi Peningkatan Kualitas Produk Industri Sayuran Segar (Studi Kasus di PT Saung Mirwan, Ciawi, Bogor), Skripsi. Fakultas Teknologi pertanian. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Sukmadinata, N.S., (2009), Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Afiffey, Zulka., (2008), Analisis Benchmarking Bisnis Kompetitif Steak (Studi Kasus Obonk Steak and Ribs di Bogor, Jawa Barat), Skripsi. Fakultas Pertanian, Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Downloads

Published

2020-02-28

Issue

Section

Articles