Analisis Benchmarking Posisi Franchise Coffee Shop X Terhadap Coffee Shop Y di Jatinangor

Juwita Rahma Putri, Lucyana Trimo

Abstract


Coffee shop X dan coffee shop Y Jatinangor merupakan sebuah coffee shop dalam bentuk franchise. Berdasarkan brand, coffee shop X lebih terkenal dibandingkan brand coffee shop Y. Harapan berdasarkan brand penjualan coffee shop X lebih unggul dibandingkan coffee shop Y, tetapi pada kenyataanya justru sebaliknya, sehinggan munculah gap. Diperlukan penelitian untuk melihat posisi coffee shop X jatinangor terhadap coffee shop Y Jatinangor yang dinilai oleh konsumen  dengan analisis benchmarking. Desain dalam penelitian ini ialah kualitatif dengan teknik studi kasus. Metode analisis data pada penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan analisis benchmarking yang dipadukan dengan Quality of Deployment (QFD). Hasil analisis menunjukkan bahwa posisi coffee shop X Jatinangor dinilai terdapat empat atribut persyaratan pelanggan dan empat atribut persyaratan teknik yang berada dibawah coffee shop Y Jatinangor dan perlu untuk ditingkatkan lagi.

 

 


Keywords


Posisi, Franchise, Coffee shop, Benchmarking

Full Text:

PDF

References


Andersen, B., Pettersen, P. G. 1996. The Benchmarking Handboo. London : Chapman and Hall

Aprilia, Annisa., 2017, Tradisi Minum Kopi di Indonesia Ternyata Muncul Setelah Belanda Membawa Biji Kopi. diakses melalui https://www.google.com/amp/s/lifestyle.okezone.com/amp/2017/08/25/406/176340 7/okezone-week-end-tradisi-minum-kopi-di-indonesia-ternyata-muncul-setelah- belanda-membawa-biji-kopi

BAPPEDA Kabupaten Sumedang. 2009. Laporan Akhir Studi Kelayakan Kawasan Jatinangor

Sebagai Kawasan Perkotaan.

International Coffee Orgniztion (ICO). 2017. Konsumsi Kopi Indonesia 2000- 2016. Diakses pada https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2017/07/03/berapa-

konsumsi-kopi-indonesia

Kasali, Rhenald., (2010), Membidik Pasar Indonesia: Segmentasi, Targeting, dan Positioning, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Moleong, Lexy J., (2007), Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Muspitawati, Heti., 2003, Kajian Strategi Peningkatan Kualitas Produk Industri Sayuran Segar (Studi Kasus di PT Saung Mirwan, Ciawi, Bogor), Skripsi. Fakultas Teknologi pertanian. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Sukmadinata, N.S., (2009), Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Afiffey, Zulka., (2008), Analisis Benchmarking Bisnis Kompetitif Steak (Studi Kasus Obonk Steak and Ribs di Bogor, Jawa Barat), Skripsi. Fakultas Pertanian, Institut Pertanian Bogor. Bogor.




DOI: https://doi.org/10.26486/jpsb.v8i1.999

Article Metrics

Abstract view : 7 times
PDF - 14 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Juwita Rahma Putri

Jurnal Perilaku dan Strategi Bisnis

Indexed by

 

 Creative Commons LicenseCrossref logo

Google ScholarDimensionsipiii.png

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.