Tingkat Penerimaan E-Commerce Agribisnis oleh Ibu Rumah Tangga di Kelurahan Sumur Batu, Kecamatan Bantar Gebang, Kota Bekasi

Siti Aulia Rahmaniah

Abstract


E-commerce di Indonesia sudah semakin berkembang, tidak menutup kemungkinan bahwa sektor pertanian turut serta dalam digitalisasi bisnis tersebut, salah satunya dengan keberadaan e-commerce agribisnis yang saat ini sudah mulai berkembang sejak adanya program pemerintah tentang sinergi aksi untuk ekonomi rakyat pada tahun 2015. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat penerimaan ibu rumah tangga dalam menerima e-commerce agribisnis dengan menerapkan model UTAUT (Unified Theory of Acceptance and Use of Technology). Metode penelitian yang digunakan kuantitatif dengan teknik analisis data menggunakan PLS (Partial Least Square). Responden penelitian sebanyak 99 ibu rumah tangga Kelurahan Sumur Batu, Kecamatan Bantar Gebang, Kota Bekasi. Teknik penentuan responden menggunakan simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ibu rumah tangga di Kelurahan Sumur Batu belum menyadari akan keberadaan e-commerce agrbisnis namun bisa bersikap positif dan menerima. Variabel Behavioral Intention (minat penggunaan) dipengaruhi oleh variabel Performance Expectancy (19,7%), Social Influence (22,4%), dan Facilitating Condition (36,7%). Sedangkan variabel Effort Expectancy tidak memiliki pengaruh yang signifikan namun berpengaruh positif terhadap minat penggunaan.


Keywords


(Unified Theory of Acceptance and Use of Technology) UTAUT, (Partial Least Square) PLS, E-commerce Agribisnis, Tingkat Penerimaan.

Full Text:

PDF

References


Admin e marketer. 2016. Retail Ecommerce Sales in Select Countries in Southeast 10 Asia. https://www.emarketer.com/chart/196787/retail-ecommerce-sales-select-countries-southeast-asia-2016-billions

Arikunto, Suharsimi., (2001), Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Bina Aksara.

Arning, K., & Ziefle, M., (2007), Understanding Age Differences in PDA Acceptance and Performance. Computers in Human Behaviour.

Azwar, S., (1999), Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Sigma Alpha.

Chin., w.w., (1998), The Partial Least Square Approach to Structural Equation Modeling. In Modern Methods for Business Research.

Ghozali, Imam., (2006), Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS (Edisi ke 4). Semarang. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hang Liu, Yuming Wang, Kim Xie., (2013), Agricultural E-Commerce Sites Evaluation Research. China (CN). Vol. 4 No. 17 [Special Issue-December 2013]. Shanghai University of Engineering Science.

Noor, Juliansyah., (2014), Metodologi Penelitian. Jakarta: Kencana.

Rogers, E.M. dan Shoemaker, F.F., (1971), Communication of Innovation. London. The Free Press.

Soekartawi., (1988), Prinsip Dasar Manajamen Pemasaran Hasil Pertanian Teori dan Aplikasi. Rajawali Press. Jakarta.

Sugiyono., (2008), Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung Alfabeta.

Sugiyono., (2014), Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Venkatesh, V., & Morris, M. G., (2000), Why Don’t Men Ever Stop to Ask Directions? Gender, Social Influence, and Their Role in Technology Acceptance and Usage Behaviour. MIS Quarterly: Management Information Systems.

Zapata D.S., Lamio. R.D., Isengildina-Massa. O., Carpio C.E., (2013), Does E-commerce Help Agricultural Markets? (The Case of MarketMaker). China (CN). The Magazine of food, farm, and resource issues. Vol 28 No 24.




DOI: https://doi.org/10.26486/jpsb.v8i1.998

Article Metrics

Abstract view : 100 times
PDF - 109 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Siti Aulia Rahmaniah

Jurnal Perilaku dan Strategi Bisnis

Indexed by

 

 Creative Commons LicenseCrossref logo

Google ScholarDimensionsipiii.png

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.