Pengaruh Organizational Citizenship Behaviour (OCB) Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada Pt. Urchindize Cabang Madura)

unsul abrar, Isyanto Isyanto

Abstract


Organisasi laba atau dalam hal ini adalah perusahaan ynag berkecimpung dalam dunia bisnis perlu untuk selalu mengevaluasi diri untuk bagaimana bertahan dalam persaingan yang sangat kompettitf tersebut serta dituntut untuk selalu melakukan perubahan atau pembenahan untuk kelangsungan dan perkembangan organisasi yang lebih efektif dan efisien. Oleh karenanya Perusahaan harus mampu dan bisa mempertahankan kinerja perusahaan ataupun perusahaan  secara keseluruhan dan dapat mengembangkan ataupun meningkatkan kinerja pada setiap karyawan, perilaku OCB adalah merupakan kinerja yang diharapkan mampu merubah fenomena yang terjadi di dunia kerja dengan mengedepankan saling memahami dan toleransi yang tinggi antar karyawan, adapun populasi yang akan menjadi objek penelitian ini adalh PT.Urchindize Indonesia Madura yang selama ini bergerak dibidang perikanan. Data penelitian diperoleh dari beberapa kuesioner yang telah disebarkan dengan teknik pengumpulan data diimplementasikan berupa pemberian beberapa pertanyaan atau pernyataan tertulis terhadap sejumlah responden untuk bisa dijawab. Skala Likert digunakan dalam mengukur beberapa kuesioner yang berupa pernyataan seseorang tentang pengaruh OCB terhadap kinerja perusahaan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa dari beberapa indikator yang dipakai dalam penilaian tersebut bahwa nilai dari konstantanya sebesar 17,338 dan nilai koefisien dari variabel organizational citizenship behavior sebesar 0,294 serta memiliki nilai signifikan dibawah 0,05 sehingga jika variabel organizational citizenship behavior naik, maka variabel kinerja perusahaan juga akan bertambah 0,294


Keywords


Organizational Citizenship Behavior (OCB), Kinerja, Sektor Jasa

Full Text:

PDF

References


Hasibuan, Malayu S.P. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara, Jakarta.

Mangkunegara, A. (2011).Manajemen Sumber Daya Manusia. PT. Remaja Rosdakarya:Bandung

Mangkunegara, AA. Anwar Prabu (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Muheriono. 2012. Pengukuran Kinerja Berbasis Kinerja, Edisi Revisi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Perkasa.

Putri, Alifah Rahmadiah dan Nugroho, Anton Priyo. Pengaruh Organizational Citizenship Behavior (OCB) Terhadap Kinerja Karyawan Pamella Supermarket Yogyakarta Dengan Etika Kerja Islam Sebagai Variabel Moderasi. Universitas Islam Indonesia.

Ramadhan, Fairicio Putra dkk (2018). Pengaruh Organizational Citizenship Behavior (OCB) dan good corporate governance (GCG) terhadap kinerja karyawan (studi pada karyawan PT. Taspen (persero) kantor cabang malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol. 55 No. 2 Februari.

Robbins, Stephen & Timothy A.Judge. (2008). Perilaku Organisasi, Buku 1 Cetakan, 2. Jakarta: Salemba Empat.

Robbins, Stephen & Timothy A.Judge. (2015). Perilaku Organisasi (Organizational Behavior). Salemba:Jakarta.

Rue, LW, LL Byars. (1980). Management: Theory and Application, Ricard D. Irwin Inc. Homewoodil.

Sonnentag , S., & Frese, M. (2001) .Performance Concepts and Performance Theory. United Satates: John Wiley & Sons, Ltd.

Suzana, Anna. (2017). Pengaruh Organizational Citizenship Behavior (OCB) Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Di PT Taspen) Kantor Cabang Cirebon. Jurnal Logika, Vol XIX No 1.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitiana Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta:Bandung.

Wirawan. (2013). Kepemimpinan : Teori, Psikologi, Perilaku Organisasi, Aplikasi dan penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Persada




DOI: https://doi.org/10.26486/jpsb.v7i2.868

Article Metrics

Abstract view : 95 times
PDF - 69 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 unsul abrar, Isyanto Isyanto

Jurnal Perilaku dan Strategi Bisnis

Indexed by

 

 Creative Commons LicenseCrossref logo

Google ScholarDimensionsipiii.png

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.