Pemasaran Dan Keunggulan Bersaing (Studi Perusahaan Finance di Wonogiri)
DOI:
https://doi.org/10.26486/jpsb.v7i2.849Keywords:
Orientasi Pasar, Intensitas Persaingan, Kinerja Pemasaran, Keunggulan BersaingAbstract
Orientasi pasar merupakan budaya organisasi yang paling efektif dan efisien dalam menciptakan perilaku yang diperlukan untuk penciptaan nilai unggul bagi pelanggan sehingga dapat menghasilkan kinerja bisnis yang unggul secara berkesinambungan. Intensitas kompetisi atau intensitas persaingan di pasar dapat mendorong perusahaan untuk mengupayakan inovasi yang tinggi guna meraih keunggulan yang kompetitif yang berkelanjutan atas pesaingnya. Melalui intensitas persaingan, perusahaan akan dapat menghasilkan kinerja pemasaran yang optimal. Intensitas persaingan dapat dipengaruhi kondisi orientasi pasar. Intensitas persaingan dapat meningkatkan kinerja pemasaran maupun keunggulan bersaing. Populasi dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh pimpinan perusahaan finance atau yang mewakili di Wonogiri yang berjumlah 50 orang. Jumlah sampel penelitian ini sejumlah 50 yang berarti seluruh anggota populasi dijadikan sebagai sampel, sehingga penelitiannya merupakan penelitian populasi. Orientasi pasar berpengaruh positif dan signifikan terhadap intensitas persaingan. Orientasi pasar berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran intensitas persaingan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran. Orientasi pasar berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing. Intensitas persaingan berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keunggulan bersaing.References
Afsharghasemi, A., M. Zain, M. Sambasvian, dan S. N. S. Imm. 2013. Market Orientation, Government Regulation, Competitive Advantage and Internationalization of SMEs: A Study In Malaysia. Journal of Business Administration Research 2(2): 13-22.
Ahmad Ali Syahbana. (2008). Pengaruh Intensitas Persaingan, Lokasi, Kualitas Pramuniaga, Dan Kesadaran Akan Harga Terhadap Strategi Bisnis Berbasis Pelayanan Dalam Meningkatkan Kinerja Outlet (Studi Pada Outlet-Outlet Pt. Telkomsel Wilayah Kota Semarang). Tesis. UNDIP.
Ahmad Yahya Surya. 2010. Winata Mengukur Kinerja Pemasaran: Kajian Konseptual Perkembangan Teori. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis Vol 10 No .2 /September 2010. HAL. 194-219.
Baker, W. E. dan J. M. Sinkula. 2009. The Complementary Effects of Market Orientation and Entrepreneurial Orientation on Profitability in Small Business. Journal of Small Business Management 47(4): 443-464.
Datri Mulyani. (2015). Upaya Meningkatkan Kinerja Pemasaran Melalui Orientasi Pasar Dan Orientasi Kewirausahaan Dengan Inovasi Sebagai Variabel Intervening (Studi Empiris Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Kota Semarang). Skripsi. UNDIP
David Hunger dan Thomas Wheleen, Manajemen Strategis. 2013. Yogyakarta: Penerbit ANDI
Faisal dan Prabowo (2006) Pengaruh Intensitas Persaingan Pasar, Strategi Dan Ketidakpastian Lingkungan Yang Dirasakan Terhadap Penggunaan Informasi Sistem Akuntansi Manajemen Dan Kinerja Unit Bisnis. JAAI Volume 10 No. 1, Juni 2006: 45 – 63
Ferdinand, A. 2002. Structural Equation Modeling Dalam Penelitian Manajemen. Edisi
Gable, M., and M. Topol. 2000. Planing Practices of Small Scale Retilers. American
I Nengah Aryana , I Made Wardana, Ni Nyoman Kerti Yasa. (2017). Membangun Keunggulan Bersaing Melalui Kinerja Sistem Informasi Dan Customer Intimacy Dalam Meningkatkan Kinerja Pemasaran (Studi Pada Industri Perhotelan Di Bali). E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana 6.4 (2017) ISSN : 2337-3067. Hal. 1343-1364
Idar, R., Y. Yusoff, dan R. Mahmood. 2012. The Effect of Market Orientation As Mediator to Strategic Planning Practices and Performance Relationship: Evidence From Malaysian SMEs. Procedia Economic and Finance 4(2012): 68-78.
Imam Gozali dan CH Asta Nugraha. (2015). Analisis Kinerja Pemasaran Untuk Mencapai Keunggulan Bersaing (Studi Pada Centra Industri Pakaian Batik Di Pekalongan). Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers 2015 Fakultas Ekonomika Dan Bisnis. ISBN : 978-602-14119-1-9. Hal. 108-122.
Liu, Y., Y. Lie, dan J. Xue. 2011. Ownership, Strategic Orientation and Internationalization in Emerging Markets. Journal of World Business 46: 381-393.
Nuvriasari, Wicaksono dan Sumiyarsih. 2012. Peran Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan Dan Strategi Bersaing Terhadap Peningkatan Kinerja UKM. Ekuitas: Jurnal Ekonomi dan Keuangan ISSN 1411-0393. Akreditasi No. 80/DIKTI/Kep/2012. Volume 19, Nomor 2, Juni 2015 : 241 – 259
Nuvriasari, A. 2012. Peran Dukungan Organisasional, Kompetensi Teknologi dan Lingkungan Eksternal Dalam Rangka Mendorong Pengadopsian E-Commerce Pada Usaha Kecil dan Menengah. Jurnal Siasat Bisnis 16(2): 205-217.
Nuvriasari, A. dan U. Hadiyati. 2008. Governance di Lingkungan Usaha Kecil Menengah Studi Empiris pada Usaha Kecil Menengah di Propinsi DIY. SINERGI: Kajian Bisnis dan Manajemen 10(2): 121-140.
Olivares, A. M. dan W. Lado. 2008. Market Orientation and Business Economic Performance A Mediated Model. International Journal of Service Industry Management 14(3): 284-309
Pardi, Suharyono, Suyadi Imam, Arifin Zainul. 2014. The Effect of Market Orientation and Entrepreneurial Orientation toward Learning Orientation, Innovation, Competitive Advantages and Marketing Performance. European Journal of Business and Management. 6 (21): 69-80.
Porter, 1993. Competitive Strategiy, Terjemahan. Agus Maulana, Erlangga, Jakarta, 1993, hlm. 32. 26 Basu Swastha, Sukotja, Op.Cit, hlm.211-212
Sitohang, Sonang. 2005. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keberhasilan Sentra Industri Kecil. JAMBSP. Jurnal Akuntansi, Manajemen Bisnis dan Sektor Publik, 1(3): 291-310.
Sondang P. Siagian, Manajemen Stratejik, ( Jakarta: PT.Bumi Aksara,2013)
Sukarno, Gendut. 2009. Corporate Reputation Melalui Corporate Social Responsibility di Lingkungan PT.Perkebunan Nusantara. X. Jurnal Riset Ekonomi dan Manajemen.
Taleghani, M., S. Gilaninia, dan S.M. Talab. 2013. Relationship between Market Orientation Culture and Business Performance. Interdisciplinary Journal of Contemporary Research in Business 5(1): 949-954.
Zhou, K. Z., J. R. Brown, dan C. S. Dev. 2008. Market Orientation, Competitive Advantage, And Performance: A Demand-Based Perspective. Journal Of Business Research 62(2008): 1062-1070.
Kasmir. 2012. Kewirausahaan. Jakarta :PT Raja Grafindo Persada.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with (JPSB) Jurnal Perilaku dan Strategi Bisnis agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the JPSB right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JPSB. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in JPSB.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).