Pemasaran Dan Keunggulan Bersaing (Studi Perusahaan Finance di Wonogiri)

Aris Tri Haryanto

Abstract


Orientasi pasar merupakan budaya organisasi yang paling efektif dan efisien dalam  menciptakan perilaku yang diperlukan untuk penciptaan nilai unggul bagi pelanggan sehingga dapat menghasilkan kinerja bisnis yang unggul secara berkesinambungan. Intensitas kompetisi atau intensitas persaingan di pasar dapat mendorong perusahaan untuk mengupayakan inovasi yang tinggi guna meraih keunggulan yang kompetitif yang berkelanjutan atas pesaingnya. Melalui intensitas persaingan, perusahaan akan dapat menghasilkan kinerja pemasaran yang optimal. Intensitas persaingan dapat dipengaruhi kondisi orientasi pasar. Intensitas persaingan dapat meningkatkan kinerja pemasaran maupun keunggulan bersaing. Populasi  dalam  penelitian  ini  yang menjadi populasi adalah seluruh pimpinan perusahaan finance atau yang mewakili di Wonogiri yang berjumlah 50 orang. Jumlah sampel penelitian ini sejumlah 50 yang berarti seluruh anggota populasi dijadikan sebagai sampel, sehingga penelitiannya merupakan penelitian populasi. Orientasi pasar berpengaruh positif dan signifikan terhadap intensitas persaingan. Orientasi pasar berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran intensitas persaingan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran. Orientasi pasar berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing. Intensitas persaingan berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keunggulan bersaing.

Keywords


Orientasi Pasar, Intensitas Persaingan, Kinerja Pemasaran, Keunggulan Bersaing

References


Afsharghasemi, A., M. Zain, M. Sambasvian, dan S. N. S. Imm. 2013. Market Orientation, Government Regulation, Competitive Advantage and Internationalization of SMEs: A Study In Malaysia. Journal of Business Administration Research 2(2): 13-22.

Ahmad Ali Syahbana. (2008). Pengaruh Intensitas Persaingan, Lokasi, Kualitas Pramuniaga, Dan Kesadaran Akan Harga Terhadap Strategi Bisnis Berbasis Pelayanan Dalam Meningkatkan Kinerja Outlet (Studi Pada Outlet-Outlet Pt. Telkomsel Wilayah Kota Semarang). Tesis. UNDIP.

Ahmad Yahya Surya. 2010. Winata Mengukur Kinerja Pemasaran: Kajian Konseptual Perkembangan Teori. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis Vol 10 No .2 /September 2010. HAL. 194-219.

Baker, W. E. dan J. M. Sinkula. 2009. The Complementary Effects of Market Orientation and Entrepreneurial Orientation on Profitability in Small Business. Journal of Small Business Management 47(4): 443-464.

Datri Mulyani. (2015). Upaya Meningkatkan Kinerja Pemasaran Melalui Orientasi Pasar Dan Orientasi Kewirausahaan Dengan Inovasi Sebagai Variabel Intervening (Studi Empiris Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Kota Semarang). Skripsi. UNDIP

David Hunger dan Thomas Wheleen, Manajemen Strategis. 2013. Yogyakarta: Penerbit ANDI

Faisal dan Prabowo (2006) Pengaruh Intensitas Persaingan Pasar, Strategi Dan Ketidakpastian Lingkungan Yang Dirasakan Terhadap Penggunaan Informasi Sistem Akuntansi Manajemen Dan Kinerja Unit Bisnis. JAAI Volume 10 No. 1, Juni 2006: 45 – 63

Ferdinand, A. 2002. Structural Equation Modeling Dalam Penelitian Manajemen. Edisi

Gable, M., and M. Topol. 2000. Planing Practices of Small Scale Retilers. American

I Nengah Aryana , I Made Wardana, Ni Nyoman Kerti Yasa. (2017). Membangun Keunggulan Bersaing Melalui Kinerja Sistem Informasi Dan Customer Intimacy Dalam Meningkatkan Kinerja Pemasaran (Studi Pada Industri Perhotelan Di Bali). E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana 6.4 (2017) ISSN : 2337-3067. Hal. 1343-1364

Idar, R., Y. Yusoff, dan R. Mahmood. 2012. The Effect of Market Orientation As Mediator to Strategic Planning Practices and Performance Relationship: Evidence From Malaysian SMEs. Procedia Economic and Finance 4(2012): 68-78.

Imam Gozali dan CH Asta Nugraha. (2015). Analisis Kinerja Pemasaran Untuk Mencapai Keunggulan Bersaing (Studi Pada Centra Industri Pakaian Batik Di Pekalongan). Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers 2015 Fakultas Ekonomika Dan Bisnis. ISBN : 978-602-14119-1-9. Hal. 108-122.

Liu, Y., Y. Lie, dan J. Xue. 2011. Ownership, Strategic Orientation and Internationalization in Emerging Markets. Journal of World Business 46: 381-393.

Nuvriasari, Wicaksono dan Sumiyarsih. 2012. Peran Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan Dan Strategi Bersaing Terhadap Peningkatan Kinerja UKM. Ekuitas: Jurnal Ekonomi dan Keuangan ISSN 1411-0393. Akreditasi No. 80/DIKTI/Kep/2012. Volume 19, Nomor 2, Juni 2015 : 241 – 259

Nuvriasari, A. 2012. Peran Dukungan Organisasional, Kompetensi Teknologi dan Lingkungan Eksternal Dalam Rangka Mendorong Pengadopsian E-Commerce Pada Usaha Kecil dan Menengah. Jurnal Siasat Bisnis 16(2): 205-217.

Nuvriasari, A. dan U. Hadiyati. 2008. Governance di Lingkungan Usaha Kecil Menengah Studi Empiris pada Usaha Kecil Menengah di Propinsi DIY. SINERGI: Kajian Bisnis dan Manajemen 10(2): 121-140.

Olivares, A. M. dan W. Lado. 2008. Market Orientation and Business Economic Performance A Mediated Model. International Journal of Service Industry Management 14(3): 284-309

Pardi, Suharyono, Suyadi Imam, Arifin Zainul. 2014. The Effect of Market Orientation and Entrepreneurial Orientation toward Learning Orientation, Innovation, Competitive Advantages and Marketing Performance. European Journal of Business and Management. 6 (21): 69-80.

Porter, 1993. Competitive Strategiy, Terjemahan. Agus Maulana, Erlangga, Jakarta, 1993, hlm. 32. 26 Basu Swastha, Sukotja, Op.Cit, hlm.211-212

Sitohang, Sonang. 2005. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keberhasilan Sentra Industri Kecil. JAMBSP. Jurnal Akuntansi, Manajemen Bisnis dan Sektor Publik, 1(3): 291-310.

Sondang P. Siagian, Manajemen Stratejik, ( Jakarta: PT.Bumi Aksara,2013)

Sukarno, Gendut. 2009. Corporate Reputation Melalui Corporate Social Responsibility di Lingkungan PT.Perkebunan Nusantara. X. Jurnal Riset Ekonomi dan Manajemen.

Taleghani, M., S. Gilaninia, dan S.M. Talab. 2013. Relationship between Market Orientation Culture and Business Performance. Interdisciplinary Journal of Contemporary Research in Business 5(1): 949-954.

Zhou, K. Z., J. R. Brown, dan C. S. Dev. 2008. Market Orientation, Competitive Advantage, And Performance: A Demand-Based Perspective. Journal Of Business Research 62(2008): 1062-1070.

Kasmir. 2012. Kewirausahaan. Jakarta :PT Raja Grafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.26486/jpsb.v7i2.849

Article Metrics

Abstract view : 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Aris Tri Haryanto

Jurnal Perilaku dan Strategi Bisnis

Indexed by

Creative Commons LicenseCrossref logoGoogle ScholarDimensionsipiii.png

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.