PENGARUH RESPONSIVENESS DAN ASSURANCE TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT PENGGUNA BUS TRANS KOTA TANGERANG DI KOTA TANGERANG

Agus Supriatna, Muljadi Muljadi

Abstract


Penelitian ini berjudul “Pengaruh Responsiveness dan Assurance Terhadap Kepuasan Masyarakat Pengguna Bus Trans Kota Tangerang di Kota Tangerang”. Hal ini dikarenakan program tersebut masih belum efektif dalam operasionalnya. Terlihat dari kemacetan yang masih dijumpai di jalan raya, terutama pada jam sibuk di Kota Tangerang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Responsiveness dan Assurance Terhadap Kepuasan Masyarakat Pengguna Bus Trans Kota Tangerang di Kota Tangerang. Lokasi penelitian dilakukan di Dinas Perhubungan Kota Tangerang berdasarkan hasil kajian di Bus Trans Kota Tangerang. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif yang digunakan peneliti menurut tujuannya bersifat deksriptif. Data didapatkan melalui penyebaran kuesioner sebanyak 100 responden. Hasil dari penelitian melalui uji secara parsial (uji t) yaitu terdapat pengaruh yang signifikan Responsiveness terhadap Kepuasan masyarakat pengguna Bus Trans Kota Tangerang dengan nilai thitung 4,575 > nilai ttabel 1,987. Terdapat pengaruh yang signifikan Assurance terhadap Kepuasan masyarakat pengguna Bus Trans Kota Tangerang dengan nilai thitung 13,918 > nilai ttabel 1,987. Hasil melalui uji secara simultan (uji F) yaitu terdapat pengaruh yang signifikan Responsiveness dan Assurance secara simultan terdapat Kepuasan masyarakat pengguna Bus Trans Kota Tangerang dengan nilai Fhitung 101,745 > nilai Ftabel 3,09.


Keywords


Responsiveness; Assurance; Kepuasan Masyarakat; Trans Kota Tangerang

Full Text:

PDF

References


Algifari. (2016). mengukur kualitas layanan dengan indeks kepuasan, metode importance-performance analysis IPA dan model kano. Yogyakarta: BPFE.

Moenir, H. (2014). Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Nurmandi, A. (2014). Manajemen Perkotaan. Yogyakarta: Jusuf Kalla School of Goverenment Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (JKSG UMY).

Purwanto, E. A. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Untuk Administrasi Publik dan Masalah-masalah Sosial. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Sugiyono. (2017). metode penelitian kualitatif, kuantitatif dan r&d. Bandung: Alfabeta.

Sunyoto, D. (2018). Konsep Dasar Riset Pemasaran & Perilaku Konsumen. Yogyakarta: CAPS (Center for Academic Publishing Service).

Marismiati. (2013). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan jasa BRT Transmusi Palembang. jurnal ekonomi dan akuntansi (JENIUS).

Nurfadli, M. (2015). Evaluasi Kinerja Angkutan Massal Bus Rapid Transit pada Koridor Rajabasa-Sukaraja. JRSDD.

Sudirman. (2017). Kualitas Pelayanan Berbasis Maslahah dalam meningkatkan kepuasan pelanggan. UIN Alauddin Makassar.

Website :

Bayu, D. J. (2015, Maret 27). "LIVE", konsep Kota Cerdas versi Tangerang. Retrieved 2018, from kompas.com:https://properti.kompas.com/read/2015/03/27/072629621/.LIVE.Konsep.Kota.Cerdas.versi.Tangerang

dishub.jabarprov. (2015, Juni 30). mengenal bus rapid transit (BRT). Retrieved 2018, from dishub.jabarprov.go.id:http://dishub.jabarprov.go.id/artikel/view/566.html

Irfan, A. (2018, Februari 19). Trans Tangerang Bantu Kurangi Macet Kota Tangerang. Antara News.

Victoria, W. (2018, April 26). trans tangerang rute perumnas poris segera beroperasi. Retrieved 2018, from rmol: http://ekbis.rmol.co/read/2018/04/26/337241/Trans-Tangerang-Rute-Perumna-Poris-Segera-Beroperasi




DOI: https://doi.org/10.26486/jpsb.v7i1.671

Article Metrics

Abstract view : 84 times
PDF - 33 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Agus Supriatna, Muljadi Muljadi

Jurnal Perilaku dan Strategi Bisnis

Indexing by