Pengaruh Responsiveness Dan Assurance Terhadap Kepuasan Masyarakat Pengguna Bus Trans Kota Tangerang Di Kota Tangerang
DOI:
https://doi.org/10.26486/jpsb.v7i1.671Keywords:
Responsiveness, Assurance, Kepuasan Masyarakat, Trans Kota TangerangAbstract
Penelitian ini berjudul “Pengaruh Responsiveness dan Assurance Terhadap Kepuasan Masyarakat Pengguna Bus Trans Kota Tangerang di Kota Tangerangâ€. Hal ini dikarenakan program tersebut masih belum efektif dalam operasionalnya. Terlihat dari kemacetan yang masih dijumpai di jalan raya, terutama pada jam sibuk di Kota Tangerang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Responsiveness dan Assurance Terhadap Kepuasan Masyarakat Pengguna Bus Trans Kota Tangerang di Kota Tangerang. Lokasi penelitian dilakukan di Dinas Perhubungan Kota Tangerang berdasarkan hasil kajian di Bus Trans Kota Tangerang. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif yang digunakan peneliti menurut tujuannya bersifat deksriptif. Data didapatkan melalui penyebaran kuesioner sebanyak 100 responden. Hasil dari penelitian melalui uji secara parsial (uji t) yaitu terdapat pengaruh yang signifikan Responsiveness terhadap Kepuasan masyarakat pengguna Bus Trans Kota Tangerang dengan nilai thitung 4,575 > nilai ttabel 1,987. Terdapat pengaruh yang signifikan Assurance terhadap Kepuasan masyarakat pengguna Bus Trans Kota Tangerang dengan nilai thitung 13,918 > nilai ttabel 1,987. Hasil melalui uji secara simultan (uji F) yaitu terdapat pengaruh yang signifikan Responsiveness dan Assurance secara simultan terdapat Kepuasan masyarakat pengguna Bus Trans Kota Tangerang dengan nilai Fhitung 101,745 > nilai Ftabel 3,09.
References
Algifari. (2016). mengukur kualitas layanan dengan indeks kepuasan, metode importance-performance analysis IPA dan model kano. Yogyakarta: BPFE.
Moenir, H. (2014). Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.
Nurmandi, A. (2014). Manajemen Perkotaan. Yogyakarta: Jusuf Kalla School of Goverenment Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (JKSG UMY).
Purwanto, E. A. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Untuk Administrasi Publik dan Masalah-masalah Sosial. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.
Sugiyono. (2017). metode penelitian kualitatif, kuantitatif dan r&d. Bandung: Alfabeta.
Sunyoto, D. (2018). Konsep Dasar Riset Pemasaran & Perilaku Konsumen. Yogyakarta: CAPS (Center for Academic Publishing Service).
Marismiati. (2013). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan jasa BRT Transmusi Palembang. jurnal ekonomi dan akuntansi (JENIUS).
Nurfadli, M. (2015). Evaluasi Kinerja Angkutan Massal Bus Rapid Transit pada Koridor Rajabasa-Sukaraja. JRSDD.
Sudirman. (2017). Kualitas Pelayanan Berbasis Maslahah dalam meningkatkan kepuasan pelanggan. UIN Alauddin Makassar.
Website :
Bayu, D. J. (2015, Maret 27). "LIVE", konsep Kota Cerdas versi Tangerang. Retrieved 2018, from kompas.com:https://properti.kompas.com/read/2015/03/27/072629621/.LIVE.Konsep.Kota.Cerdas.versi.Tangerang
dishub.jabarprov. (2015, Juni 30). mengenal bus rapid transit (BRT). Retrieved 2018, from dishub.jabarprov.go.id:http://dishub.jabarprov.go.id/artikel/view/566.html
Irfan, A. (2018, Februari 19). Trans Tangerang Bantu Kurangi Macet Kota Tangerang. Antara News.
Victoria, W. (2018, April 26). trans tangerang rute perumnas poris segera beroperasi. Retrieved 2018, from rmol: http://ekbis.rmol.co/read/2018/04/26/337241/Trans-Tangerang-Rute-Perumna-Poris-Segera-Beroperasi
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with (JPSB) Jurnal Perilaku dan Strategi Bisnis agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the JPSB right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JPSB. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in JPSB.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).