Pengaruh Jumlah Nilai Ekspor Dan Tingkat Inflasi Terhadap Kurs Rupiah Tahun 2009-2016

Zumrotudz Dzakiyah, Zarah Puspitaningtyas, Yeni Puspita

Abstract


Nilai tukar adalah salah satu elemen yang dipertimbangkan oleh negara dengan sistem ekonomi terbuka. Karena negara dengan sistem seperti itu yang melakukan perdagangan Internasional. Stabilitas ekonomi negara juga dapat dilihat dari stabilitas nilai tukar negara. Nilai tukar rupiah pada tahun 2009 mengalami apresiasi yang sangat tinggi, tetapi tidak berlangsung lama sehingga fluktuasi nilai tukar terus terjadi sampai tahun 2016. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi ketidakstabilan nilai tukar rupiah. Nilai ekspor dan tingkat inflasi merupakan faktor-faktor yang mempengaruhi fluktuasi nilai tukar rupiah. Jadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah nilai ekspor dan tingkat inflasi mempengaruhi nilai tukar rupiah pada tahun 2009-2016. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi dengan Error Correction Model (ECM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji parsial laju inflasi berpengaruh signifikan terhadap nilai tukar rupiah sedangkan nilai ekspor tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai tukar rupiah. Selain itu, hasil uji silmutan menunjukkan bahwa tingkat inflasi dan nilai ekspor mempengaruhi nilai tukar rupiah

Keywords


Nilai Ekspor, Tingkat Inflasi Dan Nilai Tukar Rupiah

Full Text:

PDF

References


Andes, S.L., Puspitaningtyas, Z dan Prakoso, A. 2017. Pengaruh Inflasi, Kurs Rupiah dan Suku Bunga terhadap Returs Saham Perusahaan Manufaktur. Jurnal Akuntansi. Vol. 10, No. 2, pp.8-16.

Basuki, A. T dan Nano P., 2016. Analisis Regresi dalam Penelitian Ekonomi dan Bisnis (dilengkapi Aplikasi SPP dan EViews).1 ed. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Fatmawati, S dan Astuti, P., 2013. Dasar-Dasar Ekspor Impor Teori, Praktek dan Prosedur. 1 ed. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Haryadi, 2014. Pengaruh Inflasi Suku Bunga Jumlah Uang Beredar dan Pendapatan Nasional Terhadap Nilai Tukar Rupiah per US Dollar. Jurnal Paradigma Ekonomika, Vol. 9, No. 01 (21), pp. 1-21.

Hazizah, N., Zainuri., dan Sebastian V, 2017. Pengaruh JUB, Suku Bunga, Inflasi, Ekspor dan Impor terhadap Nilai Tukar. Karya Ilmiah Civitas Akademika Program Studi Ekonomi Pembangunan, Volume IV (1) (7), pp. 97-103.

Sedyaningrum, M., Suhadak dan Nila F. N, 2016. Pengaruh Jumlah Nilai Ekspor, Impor dan Daya Beli Masyarakat di Indonesia. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol. 34 No. 1 (8), pp. 141-148.

Sukirno, S., 2012. Makroekonomi Teori Pengantar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Syahtria, M.F, Suhadak dan Nila, F, 2016. Dampak Inflasi, Fluktuasi Harga Minyak dan Emas Dunia terhadap Nilai Tukar Rupiah dan Pertumbuhan Ekonomi. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol. 32 No. 2|(10), pp. 59-68.




DOI: https://doi.org/10.26486/jpsb.v6i2.559

Article Metrics

Abstract view : 124 times
PDF - 81 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Zumrotudz Dzakiyah, Zarah Puspitaningtyas, Yeni Puspita

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Perilaku dan Strategi Bisnis

Indexing by