Indikator Keberhasilan Kinerja Individu Dengan Locus Of Control Dan Kepribadian Sebagai Variabel Independen
DOI:
https://doi.org/10.26486/jpsb.v3i2.459Keywords:
Locus of Control, Kepribadian, KinerjaAbstract
Sebagai penyedia produk jasa, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) musti meningkatkan kinerja agar dapat memberikan kualitas program yang lebih baik bagi para konstituennya. Kinerja suatu organisasi dalam mencapai tujuan yang diinginkan tergantung pada kualitas sumber daya manusia (SDM) yang merupakan faktor paling dominan bagi organisasi dikarenakan keunggulan suatu organisasi sangat ditentukan oleh daya saing manusianya, bukan ditentukan lagi oleh sumber daya fisik. SDM adalah aset yang sangat berharga bagi suatu negara maupun bagi perusahaan atau organisasi. SDM sangat berperan dan sebagai syarat utama untuk memenangkan persaingan. Kinerja karyawan tidak selalu mengalami peningkatan yang stabil, terkadang kinerja karyawan mengalami penurunan pada saat tertentu. Kinerja juga dapat dipengaruhi oleh variabel locus of control dan kepribadian. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh locus of control dan kepribadian terhadap kinerja karyawan Yayasan Vesta Indonesia.
Variabel independen dalam penelitian ini adalah locus of control (X1) dan kepribadian (X2), sedangkan variable dependen yang digunakan adalah kinerja (Y). Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, kuesioner dan studi dokumentasi. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Metode analisis data yang digunakan adalah metode deskripsi hasil survei dan analisis kuantitatif yaitu menggunakan analisis partial least square dengan bantuan program SPSS.
Kesimpulan dari penelitian ini yaitu variabel dependen locus of control secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja, sedangkan kepribadian secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kinerja. Saran bagi peneliti selanjutnya yang tertarik untuk meneliti topik yang sama adalah untuk lebih memperhatikan variabel lain yang dianggap turut berperan dan mempengaruhi kinerja seseorang. Apabila menginginkan hasil yang diperoleh lebih mendalam maka penelitian selanjutnya dapat dilakukan dengan metode kualitatif atau memperbesar populasi sampel.References
Ayudiati, Soraya. 2011. Pengaruh Locus of Control terhadap Kinerja dengan Etika Kerja Islam sebagai Variabel Moderating pada Karyawan Bank Jateng Semarang .Thesis. FE Undip
Riyadiningsih, Hening. 2001. Hubungan Kemampuan, Locus of Control, Orientasi Tujuan, dan Motivasi Berprestasi dengan Self Efficacy, dan Penentapan Tujuan dalam Rangka Memprediksi Kinerja Individual. Thesis. FE UGM
Riyadiningsih, Hening dan Sundari, Sri.2014. Tipe Kepribadian Karyawan dalam Meningkatkan Kinerja Organisasi. Seminar Nasional dan Call for Papers Sancall 2014
Wuryaningsih D L dan Rini Kuswati. 2013. analisis pengaruh Locus of Control pada Kinerja Karyawan. Seminar Nasional dan Call for Papers Sancall 2013
Chen, Jui-Chen; Silverthorne, Colin. 2008. The impact of locus of control on job stress, job performance and job satisfaction in Taiwan. Leadership & Organization Development Journal, Vol. 29 Iss: 7, pp.572 – 582
Chi Hsinkuang ., Yeh Hueryren ., dan Chen Yuling. 2010. The Moderating Effect of Locus of Control on Customer Orientation and Job Performance of Salespeople, Journal The Business Review, Cambridge, Vol. 16 Num, 2 December, pp. 142-146
Costa, P.T. dan R.R. McCrae. 1992. Revised NEO Personality Inventory (NEO PI-R) and Neo Five-Factor Inventory (NEO-FFI). Odessa, FL: Psychological Assessment Resource, Inc.
Costa, P.T. dan R.R. McCrae. 1998. Manual Supplement for the NEO 4. Odessa, FL: Psychological Assessment Resource, Inc. Crider, Andrew B, (2003). Psychology. Scott, Foresman & Company.
Dessler, Gary, 1992, Manajemen Personalia, diterjemahkan oleh: Agus Dharma, Edisi ketiga,Erlangga, Jakarta.
Dessler, Gary. 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia : Edisi Kesepuluh. Jakarta: PT Indeks.
Feist, Jess dan Feist, Gregory. 2010. Teori Kepribadian. Buku 2. Jakarta: Salemba Humanika.
Gable, M., and F. Dangello. 1994. “Locus of Control, Machiavellianism, and Managerial Job Performance.†Journal of Psychology 128.
Ghozali, Imam. 2006. Statistik Non Parametrik: Teori & Aplikasi dengan Program SPSS. Semarang: Penerbit Universitas Diponegoro.
Gibson.J.L, Ivanevich.J.M, Donelly. J.H. Organisasi dan Manajemen, Perilaku Struktur Proses, Edisi keempat, Jakarta: Binarupa Aksara, 1997.
Handoko TH, 2004. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Edisi 2. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.
Hasibuan, Malayu S.P. (2007), Manajemen: Dasar, Pengertian, dan Masalah. Edisi Revisi. Cetakan Keenam. Bumi Aksara, Jakarta
Mathis, Robert L dan Jackson, John H. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan I, Edisi I. Graha Ilmu Yogyakarta.
Mathis, Robert. L dan John H. Jackson. 2006. Human Resource Management : Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta : PT. Salemba Empat.
Patten, M. Dennis. (2005), “An Analysis of The Impact of Locus of Control on Internal Auditor Job Performance and Satisfactionâ€, Managerial Auditing Journal, Vol. 20 No. 9, pp. 1016-1029.
Robbins, S. P. 2007. Perilaku Organisasi. Edisi kesepuluh. Jakarta :PT Indeks.
Rotter, J. 1996. Generalized Expectancies For Internal Versus External Control Reinforcement, Psychology Monographs: General Applied
Sardogan E. M., Kaygusuz, C. ve Karahan, T. F. (2006). A Human Relations Skills Training Program, University Students’ Locus of Control Levels, Mersin University Journal of the Faculty of Education, 2 (2), 184-194.
Sugiyono. 2004. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: PT Alfabeta.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Cetakan ke- 17. Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with (JPSB) Jurnal Perilaku dan Strategi Bisnis agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the JPSB right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JPSB. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in JPSB.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).