Pengaruh Biaya Corporate Social Responbility Terhadap Net Income PT. ANTAM

Kurniawan Tarmizi

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh CSR terhadap kinerja keuangan yan diukur dengan Net Income baik secara parsial maupun secara simultan.Tema pengungkapan CSR sebagai variabel Independen dibagi menjadi tiga tema yaitu lingkungan, kesehatan, masyarakat.

Populasi dalam penelitian ini menggunakan satu perusahaan, dengan periode tiga tahun 2012,2013, 2014. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik dan reglesi linear berganda yang dilakukan secara parsial maupun simultan dengan menggunakan software SPSS 20.0.

Hasil analisis secara parsial menunjukkan bahwa variable lingkungan,kesehatan, masyarakat tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja keuangan perusahaan,pengujian secara simultan menyatakan bahwa lingkungan kesehatan masyarakat secara bersama-sama tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja keuangan perusahaan.


Keywords


CSR, lingkungan, kesehatan, masyarakat

Full Text:

PDF

References


Http://id. Wikipedia.org/wiki/

Http://id.vivanews.com (3 februari 2009)

Jalal, 2009, Kesalahpahaman Tentang Tanggung Jawab Sosial Perusahaan, Harian Tempo, 15 Januari

Jefkins, F , 2003, Publick Relation, Erlangga. Jakarta.

Kartini, D .2008.Coorporate Social Responbility. Transformasi Konsep Sustainable Management dan implementasi di Indonesia,Refika Aditama, bandung.

Kotler, P,N. Lee.2005 Coorporate Social Responbility: Doing the most Good for your Company and your cause, John Wiley & Sons Inc, New Jersey.

Nazir, M. 2005, Metode Penelitian, Ghalia Indonesia, Jakarta.

News of PERHUMAS. 2004. CSR dan Citra Corporate. http://www.perhumas.or.id/ (5 september 2010).

Nugroho, B.A. 2005, memilih Metode Statistik penelitian dengan SPSS, Penerbit .

Panggabean, M.F, 2009, pengaruh Kegiatan Filantropi Perusahaan Terhadap Citra Medco (studi kajian bidang pendidikan), Skiripsi padan Jurusan. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik , Universitas Indonesia, Depok.

Picton, D, A, Broderick. 2001. Integrated Marketing Comunications. LexisNexis. Canada.

Prasetijo, Budimanta, Rudito. 2004. Corporate Social responbility, jawaban BagiModel Pembangunan Indonesia Masa Kini. Jakarta.

Prasetya, F.E, 2010, Analisis Pengaruh Corporate Social Responbility“ Lifebouy Berbagi Sehat” Terhadap Loyalitas Konsumen dan Citra perusahaan Unilever Indonesia (studi Kasus di Kota Bogor), Departemen Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Manajmen.Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Rakhmat, J. 2000.Metode Penelitian Komunikasi, Rosdakarya, Bandung.

Roslina. 2010. Citra Merek: Dimensi,Proses Pengembangan serata Pengukuranya, Dalam Jurnal Bisnis & Manajemen vol.6 no.3.Siregar, C.N. 2007.

Sugiyono, 2004, Metode Penelitian Bisnis, Affabeta, Bandung.

Suharto, E, 2006, Tanggung Jawab Sosial dan Comdev.

Suharto, E, 2007, Pekerjaan Sosial Di Dunia Industri, RefikaAditama. Bandung

Suharto, E, 2008, Menggagas Standar Audit Program CSR.

Seravina, M. 2008. Pengaruh Penerapan Corporate Social Responbility (CSR) Terhadap Loyalitas Nasabah Tabungan Britama (Studi Kasus Pada Nasabah PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Cabang Bogor.,

Solihin, I. 2008 Corporate Social Responbility: From Charity to Sustainability. Salemba Empat, Jakarta.

Undang-Undang No.40 Tahun 2007 Tentang Perseroan Terbatas

Undang-undang No.25 Tahun 2007 Tentang Penanaman Modal

Umar, H, 2003, Metode Riset perilaku konsumen Jasa.Ghalia Indonesia, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.26486/jpsb.v4i1.449

Article Metrics

Abstract view : 96 times
PDF - 122 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Kurniawan Tarmizi

Jurnal Perilaku dan Strategi Bisnis

Indexed by

Creative Commons LicenseCrossref logoGoogle ScholarDimensionsipiii.png

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.