Pengaruh Biaya Corporate Social Responbility Terhadap Net Income PT. ANTAM
DOI:
https://doi.org/10.26486/jpsb.v4i1.449Keywords:
CSR, lingkungan, kesehatan, masyarakatAbstract
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh CSR terhadap kinerja keuangan yan diukur dengan Net Income baik secara parsial maupun secara simultan.Tema pengungkapan CSR sebagai variabel Independen dibagi menjadi tiga tema yaitu lingkungan, kesehatan, masyarakat.
Populasi dalam penelitian ini menggunakan satu perusahaan, dengan periode tiga tahun 2012,2013, 2014. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik dan reglesi linear berganda yang dilakukan secara parsial maupun simultan dengan menggunakan software SPSS 20.0.
Hasil analisis secara parsial menunjukkan bahwa variable lingkungan,kesehatan, masyarakat tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja keuangan perusahaan,pengujian secara simultan menyatakan bahwa lingkungan kesehatan masyarakat secara bersama-sama tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja keuangan perusahaan.
References
Http://id. Wikipedia.org/wiki/
Http://id.vivanews.com (3 februari 2009)
Jalal, 2009, Kesalahpahaman Tentang Tanggung Jawab Sosial Perusahaan, Harian Tempo, 15 Januari
Jefkins, F , 2003, Publick Relation, Erlangga. Jakarta.
Kartini, D .2008.Coorporate Social Responbility. Transformasi Konsep Sustainable Management dan implementasi di Indonesia,Refika Aditama, bandung.
Kotler, P,N. Lee.2005 Coorporate Social Responbility: Doing the most Good for your Company and your cause, John Wiley & Sons Inc, New Jersey.
Nazir, M. 2005, Metode Penelitian, Ghalia Indonesia, Jakarta.
News of PERHUMAS. 2004. CSR dan Citra Corporate. http://www.perhumas.or.id/ (5 september 2010).
Nugroho, B.A. 2005, memilih Metode Statistik penelitian dengan SPSS, Penerbit .
Panggabean, M.F, 2009, pengaruh Kegiatan Filantropi Perusahaan Terhadap Citra Medco (studi kajian bidang pendidikan), Skiripsi padan Jurusan. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik , Universitas Indonesia, Depok.
Picton, D, A, Broderick. 2001. Integrated Marketing Comunications. LexisNexis. Canada.
Prasetijo, Budimanta, Rudito. 2004. Corporate Social responbility, jawaban BagiModel Pembangunan Indonesia Masa Kini. Jakarta.
Prasetya, F.E, 2010, Analisis Pengaruh Corporate Social Responbility“ Lifebouy Berbagi Sehat†Terhadap Loyalitas Konsumen dan Citra perusahaan Unilever Indonesia (studi Kasus di Kota Bogor), Departemen Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Manajmen.Institut Pertanian Bogor. Bogor.
Rakhmat, J. 2000.Metode Penelitian Komunikasi, Rosdakarya, Bandung.
Roslina. 2010. Citra Merek: Dimensi,Proses Pengembangan serata Pengukuranya, Dalam Jurnal Bisnis & Manajemen vol.6 no.3.Siregar, C.N. 2007.
Sugiyono, 2004, Metode Penelitian Bisnis, Affabeta, Bandung.
Suharto, E, 2006, Tanggung Jawab Sosial dan Comdev.
Suharto, E, 2007, Pekerjaan Sosial Di Dunia Industri, RefikaAditama. Bandung
Suharto, E, 2008, Menggagas Standar Audit Program CSR.
Seravina, M. 2008. Pengaruh Penerapan Corporate Social Responbility (CSR) Terhadap Loyalitas Nasabah Tabungan Britama (Studi Kasus Pada Nasabah PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Cabang Bogor.,
Solihin, I. 2008 Corporate Social Responbility: From Charity to Sustainability. Salemba Empat, Jakarta.
Undang-Undang No.40 Tahun 2007 Tentang Perseroan Terbatas
Undang-undang No.25 Tahun 2007 Tentang Penanaman Modal
Umar, H, 2003, Metode Riset perilaku konsumen Jasa.Ghalia Indonesia, Jakarta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with (JPSB) Jurnal Perilaku dan Strategi Bisnis agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the JPSB right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JPSB. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in JPSB.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).