Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Wisatawan Untuk Mengunjungi Sendratari Ramayana Prambanan Di Prambanan

Ismiyati Ismiyati

Abstract


Kekayaan alam serta keindahan Indonesia merupakan modal yang luar biasa. Keberadaan objek wisata yang tersebar, tidak lepas dari promosi untuk lebih dikenal oleh masyarakat / pengunjung. Dan dalam pemilihan objek wisata tentunya tidak lepas dari faktor yang mempengaruhi keputusan pengunjungnya.Sektor pariwisata merupakan salah satu prioritas pengembangannya yang keberadaannya diharapkan dapat memberikan pengaruh positif bagi kegiatan lainnya. Keberhasilan suatu kegiatan pariwisata sangat ditentukan oleh tingkat kualitas pelayanan yang diberikan kepada wisatawan dan faktor – faktor pendukungnya, hal ini akan berdampak kepada keputusan wisatawan berkunjung kepada tempat wisata tersebut. Bauran pemasaran jasa mempunyai pengaruh dalam menentukan suatu keberhasilan strategi pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh dari bauran pemasaran terhadap keputusan wisatawan untukmengunjungi Sendratari Ramayana

Prambanan di Prambanan dengan sampel yang digunakan dalam penelitian ini sejumlah 100 orang responden pengunjung Sendratari Ramayana Prambanan dengan alat analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda yang didalamnya terdapat uji Kuesioner ( validitas dan reliabilitas), Uji Asumsi Klasik ( normalitas, multikolinearitas, autokorelasi dan heterokedastisitas ),Uji Regresi Linier Berganda ,Uji Hipotesis (Uji t dan f) dan Uji Koefisien Determinasi. Hasil analisis regresi linier berganda diperoleh hasil bahwa faktor yang paling mempengaruhi keputusan berkunjung adalah promosi dengan nilai koefisien regresi 0,515. dan berpengaruh positif dan signifikan. Tempat, produk menjadi faktor kedua dan ketiga sebesar 0,491 dan 0,346 yang mempengaruhi keputusan wisatawan Sedangkan Harga tidak memiliki pengaruh positif dengan nilai koefisien regresi -0,114. Secara simultan Produk,Harga,Promosi dan Tempat berpengaruh pada keputusan wisatawan dan dalam pengujian koefisien determinasi keempat variabel diatas dapat dapat menerangkan variabel Y sebesar 52,5 %.

Keywords


Produk,Harga,Promosi,Tempat, dan Keputusan Wisatawan.

Full Text:

PDF

References


Budiyono, 2009. Statistika untuk Penelitian: Sebelas Maret University Press.

Daniel Tanjung Saputro, 2011: Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Wisatawan Asing Berlibur Di Objek Wisata Gunung Bromo Jawa Timur , Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik UPN Veteran Jatim.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller, 2008: Manajemen Pemasaran (Edisi Ketiga Belas), PT. Indeks, Jakarta.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller, 2005: Manajemen Pemasaran, PT. Indeks, Jakarta, Kotler,2007 : Manajemen Pemasaran

Drs. Moehkardi, 2011. Sendratari Ramayana Prambanan Seni dan Sejarahnya, KPG (Kepustakaan Populer Gramedia)

Mangkunegara, A.P, 2009 : Perilaku Konsumen, Edisi Revisi, Cetakan Keempat, (Bandung:PT Refika Aditama).

Sinaga, Obsatar, 2010 : Implementasi ASEAN Free Trade Agreement di Jawa Barat, Bandung : Lepsindo.

Sunyoto, Danang, 2011 : Metodologi Penelitian untuk Ekonomi. Yogyakarta:CAPS (Center of Academic Publishing Service).

Oka A. Yoeti, 2005 : Perencanaan Strategis Pemasaran Daerah Tujuan Wisata Jakarta,Pradaya Paramita

Philip Kotler & Kevin Lane Keller, 2009 : Manajemen pemasaran, Edisi 13 Jilid 1. Jakarta.

Philip Kotler, Kevin Lane Keller, 2008 : Manajemen Pemasaran, Edisi 13 Jilid 1, Alih Bahasa, Bob Sabran, (Erlangga: Jakarta)

Yulia Endah Sukma Purnamasari, 2011 :Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Wisatawan Asing Berlibur Di Kota Semarang, Program Sarjana Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang.




DOI: https://doi.org/10.26486/jpsb.v4i1.448

Article Metrics

Abstract view : 268 times
PDF - 667 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Ismiyati Ismiyati

Jurnal Perilaku dan Strategi Bisnis

Indexed by

Creative Commons LicenseCrossref logoGoogle ScholarDimensionsipiii.png

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.