Pengaruh Faktor Internal Dan Eksternal Terhadap Tingkat Komplain Pengguna Kartu Kredit Di Daerah Istimewa Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.26486/jpsb.v5i2.358Keywords:
faktor internal, factor eksternal, informasi, sarana, SOP, ketidaktahuan, kecerobohan, fraud, tingkat komplainAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor internal dan faktor eksternal terhadap tingkat komplain pengguna kartu kredit dengan indikator informasi, sarana, SOP, ketidaktahuan, kecerobohan dan fraud di Daerah Istimewa Yogyakarta.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik Purposive Random Sampling. Sampel yang diambil sebanyak 100 responden dari para pengguna kartu kredit Daerah Istimewa Yogyakarta dengan pendekatan Tabachinik dan Fidel. Pengumpulan data diambil dengan menggunakan metode kuesioner tertutup dengan menggunakan skala Likert.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa terdapat pengaruh faktor internal dan faktor eksternal terhadap tingkat komplain pengguna kartu kredit dengan persamaan regresise bagai berikut: Y = 4,828Â - 0,118.X1 + 0,267.X2 + 0,038.X3+ 0,470.X4 + 0,208.X5+ 0,259.X6. Berdasarkan analisis data statistik, indikator-indikator pada penelitian ini bersifat valid dan variabelnya bersifat reliabel. Pada pengujian asumsi klasik, model regresi bebas multikolonieritas, tidak terjadi heteroskedastisitas, dan berdistribusi normal.
Urutan secara individu dari masing-masing variabel yang paling berpengaruh adalah variabel ketidaktahuan dengan koefisien regresi sebesar 0,470; sarana dengan koefisien regresi sebesar 0,267; fraud dengan koefisien regresi sebesar 0,259; kecerobohan dengan koefisien regresi sebesar 0,208; SOP dengan koefisien regresi sebesar 0,038danvariabel yang berpengaruh paling rendah adalah informasi dengan koefisien regresi sebesar -0,118.
Dengan demikian bank penerbit kartu kredit perlu mempertahankan elemen-elemen yang sudah dinilai baik oleh pengguna kartu kredit serta perlu memperbaiki hal-hal yang masih kurang baik khususnya di Daerah Istimewa Yogyakarta.References
Aditama Yoga Tjandra, 2010, Manajemen Administrasi Rumah Sakit, UI-Press, Jakarta.
Alfionita, Nikke.2013. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Pt. Bank Sumut Cabang Usu.Skirpsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sumatera Utara, Medan.
Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta : Rineka Cipta.
Ascarintya, Praveda.2011. “Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Pada Nasabah Debitur Pt.Bpr Satria Pertiwi Semarang).†Skripsi. Program Studi Strata 1 Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro, Semarang.
Augusty, Ferdinand. 2006. Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk skripsi, Tesis dan Disertai Ilmu Manajemen. Semarang: Universitas Diponegoro.
Bandu, Yunus. 2013. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan pada PT. PLN (Persero) Rayon Makassar Barat. Skirpsi, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, Universitas Hasanuddin.
Darmadi Durianto, Sugiarto, Tony Sitinjak.2004. Strategi Menaklukan Pasar melalui Riset. Ekuisitas dan Prilaku Merek, Jakarta: Gramedia.
Fachrozi, Arief. 2014. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Grapari Telkomsel Sun Plaza Medan. Skripsi. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Sumatra Utara, Medan.
Ghozali, Imam, 2009. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS, Edisi Keempat, Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, Imam. 2011. “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSSâ€. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Indarti, Gusti Ayu Eka, 2012. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Jasa terhadap Kepuasan Nasabah Pada PT. Bank Negara Indonesia (Persero) TBK Kantor Cabang Utama (KCU) Palembangâ€. Jurnal Ekonomi dan Informasi Akuntansi (Jenius).
Iqbal, Hasan. 2006, Analisis Data Penelitian Dengan Statistik. Jakarta : PT Bumi Aksara.
Kotler, Philip. 2008. Manajemen Pemasaran Edisi 12 Jilid 2. Jakarta: Indeks.
Kotler, Philip, dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran Jilid 1, edisi Ketiga Belas, Terjemahan Bob Sabran, MM. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Kotler, Philip, dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran Jilid 2, edisi Ketiga Belas, Terjemahan Bob Sabran, MM. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Kotler Phillip, Kevin Lance Keller. 2012. Marketing Management 14th edition. Jakarta:PT. Indeks Kelompok Gramedia.
Muchlis, Vidya Asnita. 2012. Pengaruh Dimensi Kualitas Layanan Terhadap Tingkat Kepuasan Nasabah Pada Pt.Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, Cabang Ahmad Yani Makassar. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Hasanuddin.
Notoatmodjo, S. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.
Pratiknya, A. W., 2008, Dasar-Dasar Metodologi Penelitian Kedokteran dan Kesehatan, Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Sugiyono. 2006. “Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&Dâ€. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, (2008). Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Bandung Alfabeta.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tjiptono, Fandy. 2007, Strategi Pemasaran. Edisi ke dua, penerbit Andi, Yogyakarta.
Tjiptono, Fandy. (2014). Pemasaran Jasa. Jakarta: Gramedia Cawang.
Uma Sekaran, 2006, Metodologi Penelitian untuk Bisnis, Edisi 4, Buku 1, Jakarta: Salemba Empat
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with (JPSB) Jurnal Perilaku dan Strategi Bisnis agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the JPSB right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JPSB. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in JPSB.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).