Dampak Loyalitas Konsumen Dengan Kualitas Barang Dan Startegi Harga Pada Kepuasan Konsumen (Studi Pada Konsumen Alfa Mart Di Wilayah Surakarta)

ARIS TRI HARYANTO, SEPTIANA NOVITA DEWI

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak loyalitas konsumen dengan kualitas barang dan startegi harga pada kepuasan konsumen (Studi pada Konsumen Alfa Mart di Wilayah Surakarta). Teknik analisis yang digunakan adalah path analysis (analisis jalur). Hasil penelitian ini : Kualitas barang berpengaruh signifikan terhadap kepuasan Konsumen. Strategi harga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan Konsumen. Kualitas barang berpengaruh signifikan terhadap loyalitas Konsumen. Strategi harga berpengaruh tidak signifikan terhadap loyalitas Konsumen. Kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas Konsumen. Kepuasan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas Konsumen. Hasil uji F dapat disimpulkan secara bersama-sama variabel kualitas barang, strategi harga dan kepuasan berpengaruh terhadap loyalitas Konsumen Alfamart di wilayah Surakarta. Hasil tersebut dapat dijelaskan bahwa R2 total sebesar 0,918 dapat diartikan loyalitas konsumen Alfamart di wilayah Surakarta dijelaskan oleh variabel kualitas barang, strategi harga dan kepuasan sebesar 91,8% dan sisanya 8,2% dijelaskan variabel lain diluar model penelitian sebagai contoh : lokasi dan sarana prasarana. Hasil analisis jalur menunjukkan bahwa penggunaan intervening kepuasan untuk variabel kualitas barang dan strategi harga adalah tidak efektif, karena hasil pengaruh langsung lebih besar dibandingkan pengaruh tidak langsung.

Keywords


Kualitas Barang; Strategi Harga; Kepuasan Konsumen; Loyalitas Konsumen.

Full Text:

PDF

References


Adi, Krismanto, 2007, “Analisis Faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas konsumen”, STIE AUB Surakarta.

Anderson, E. and B. Weitz, 2008, “The Use of Pledges to Build and Sustain Commitment in Distribution Channel”, Journal of Marketing research 29 (1), p.18-34.

Arikunto, Suharsini, 2011. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Edisi ketiga.

Bolton, Ruth N and james H. Drew, 2011, “ A Multi Stage Model of Customers Assessment of Service Quality and Value”, Journal of Consumer Research, Januari, 1-9.

Bontis, Nick and Lorne D.Booker (2007), “ The mediating effect of organizational reputation on customer loyalty and service recommendation in perusahaaning industry”, Journal Management Decion, Vol.45, No.9 p.1426-1445.

Brown, Stephen W., 2011, “A Multi Stage Model of Customers Assesment of Service Quality and Value”, Journal of Marketing, April, pp. 92-98

Cronin J.Joseph Jr and Steven A. Taylor (2007), “ Measuring Service Quality : A reexamination and extension”, Journal of Marketing Vol. 56 (July) p.55 – 68

Djarwanto dan Subagyo, Pangestu, 2011: Statistik Induktif, Edisi: 4, Yogyakarta: BPFE.

Fornell, Claes; Johnson, Michael D ; Anderson, Eugene W ; Cha, Jaesun; Bryant, Barbara Everitt (2006), “The American Customer Satisfaction Index : Nature, Purpose, and Findings”. Journal of Marketing, 60 (10). (7 – 18).

Ghozali, Imam,2008. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS

,2006. Analisis Regresi. Jakarta: Salemba Empat.

Gujarati, Damodar. 2005. Ekonometrika Dasar. Erlangga. Jakarta.

Herbig, Paul, John Milewicz and Jim Golden,(2008). “A Model of Reputation Building and Destruction “Journal of Business Research. Vol.31, June 1994, No. 1 ; p.23-31.

Istijanto,2006,Riset Sumber Daya Manusia, Jakarta:PT. Gramedia Pustaka Utama

Juran, J.M., 2011, Quality Control Handbook, New York: Mc. Graw-Hill.

Kotler, Philip.(2008), Marketting Management, 11th ed. Upper Saddle River, New Jersey : Prentice Hall, Inc.

Liu, Tsung-Chi and Li Wei Wu (2007), “Customer retention and cross-buying in the perusahaaning industry : An Integration of service attributes, satisfaction and trust” Journal of Financial Service Marketing, Vol.12 No.2 p.132-145.

Marius, 2009, Consumer Behavion and Price, 5th edition, McGraw Hill, New York, NY

Mandela, (2007), “Study Mengenai Loyalitas Konsumen Pada Rumah Makan Start Stick (Studi khusus di wilayah Surakarta)”, Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, Vol III, No.3, Desember 2007. (289-308)

Oliver, Richard L. (2007), “ Satisfaction : A Behavioral Perspective on the Customer”, McGraw-Hill, New York, NY

Parasuraman, A.,A.Zeithmal, V.,& L.Berry, L.2005” A conceptual Model of Service Quality and Its Implications for Future Research”, Journal of Marketing, Vol.49 (fall).

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No.25 tahun 1980 tentang perubahan atas Peraturan Pemerintah No. 26 tahun 1965 tentang Perusahaan.

Prichard, mark P, 2010, “Analyzing the Commitment-Loyalty Link in Service Contexts”, Journal of the Academy of Marketing Science 27 (3), p.333-348

Riduwan, 2005, Skala pengukuran Variabel-Variabel Penelitian, Cetakan Ketiga, Alfabeta, Bandung.

Selnes, Fred (2008), “An Examination of the effect of Product Performance on Brand Reputation, Satisfaction and Loyalty”, European Journal of Marketing, 27 (9). (19-35).

Setyo, Budiarto, 2011, “Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Konsumen dan Citra perusahaan sebagai Variabel Intervening pada Apotek K-24 Jogjakarta” Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Solomon, Michael (2006), Consumer Behavion, 3th edition, McGraw Hill.

Sugiyono, 2011. Metodologi Penelitian Bisnis, Cetakan Keenam, CV. Alpabeta, Bandung.

Tjiptono, Fandi, 2007, Prinsip-prinsip Total Quality Service (TQS) , Andi Offset, Yogyakarta.

Zeithaml, V.(2008), Consumer Perceptions of Price, “Quality, and Value : Means End Model and Synthesis of Evidence”, Journal of Marketing, Vol 52, July, p.2-22

Zeithaml, Valerie; Berry, Leonard L and Parasuraman, A. (2008), “Sevqual: Multiple Item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality”, Journal of Retailing, Vol 64 No.1 Spring.




DOI: https://doi.org/10.26486/jpsb.v5i2.355

Article Metrics

Abstract view : 254 times
PDF - 248 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 ARIS TRI HARYANTO, SEPTIANA NOVITA DEWI

Jurnal Perilaku dan Strategi Bisnis

Indexed by

Creative Commons LicenseCrossref logoGoogle ScholarDimensionsipiii.png

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.