Operasionalisasi Pemasaran Syari’ah Pada Produk Baitul Maal Wat Tamwil (Bmt) Di Provinsi Banten

Muljadi Muljadi

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana penyimpangan dalam operasionalisasi  pemasaran syariah pada produk BMT di Provinsi Banten, Mengapa dan bagaimana pemasaran syariah terjadi  penyimpangan pada produk di BMT.

 Metode penelitian yang akan digunakan adalah metode pendekatan deskriptif kualitatif fenomenologis. Studi fenomenologis mencoba untuk menjelaskan atau mengungkap makna konsep atau fenomena yang didasarkan pada pengalaman kesadaran yang terjadi pada beberapa individu.

Sampel yang akan di teliti berjumlah 6 BMT dari setiap Kabupaten dan Kota yang ada di Provinsi Banten. Dengan subyek peneliti atau informan  adalah pengurus (Ketua, Sekretaris, Bendahara) atau pengelola (Manajer, staf) BMT  dan mitra BMT pada sejumlah BMT yang tersebar di Provinsi Banten. Teknik analisis yang digunakan adalah dengan menggunakan model interaktif. Dalam model analisis ini terdapat 3 (tiga) komponen analisis, yaitu: reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan

Kesimpulannya BMT dalam operasionalisasi  pemasaran syari’ah BMT di Banten dalam hal ini produk seperti bentuk simpanan di BMT tidak ada yang menyimpang dari prinsip-prinsip syari’ah. Sedangkan pada produk pembiayaaan terjadi   penyimpangan dari ketentuan syari’ah.

Sebab-sebab  penyimpangan yang terjadi pada pembiayaan produk, terlihat bahwa ternyata banyak produk-produk BMT yang belum dipahami oleh pengurus, pengelola dan nasabah, bagaimana seharusnya yang sesuai dengan konsep syari’ah.

Full Text:

PDF

References


Alastair Marsh, (2009), Sharia and sharia alike, Risk Middle East London.

Al-Qur”an terjemahan, (2008), Departemen Agama, Jakarta

Abul Hassan, Abdelkader Chachi and Salma Abdul Latiff, (2008), Islamic Marketing Ethics and Its Impact on Customer Satisfaction in the Islamic Banking Industry JKAU: Islamic Econ., Vol. 21 No. 1, pp: 27-46

Ahmad, M. (1995) Business Ethics In Islam, IIIT, Islamabad.

Amalia, Euis. (2008), Reformasi Kebijakan Bagi Penguatan Peran Lembaga Keuangan Mikro dan Usaha Kecil Mikro di Indonesia, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Amin, A. Riawan. (2006), The Celestial Management, Senayan Abadi Publising, Jakarta.

_____________. (2010), Menggagas Manajemen Syariah, Salemba Empat, Jakartaal-Nawawi, Imam (nd) “Riyadhus-Saleheen,” Trans., S. M. M. Abasi, IIPH, Riyadh.

Antonio, M. Syafi’i. (2000). Bank Syari’ah Suatu Pengenalan Umum, Tazkia Institut, Jakarta

_______________. (2001), Bank Syari’ah Dari Teori ke Praktek, Tazkia Cendekia, Jakarta.

_______________. (2010), Ensiklopedia Leadership & Manajemen Muhammad SAW “The Super Leader Super Manager”, Tazkia Publishing, Jakarta

Asmi Nur Siwi Kusmiyati, 2007, Risiko Akad dalam Pembiayaan Murabahah pada BMT di Yogyakarta (dari Teori ke Terapan), La Riba Jurnal Ekonomi Islam , Vol 1 No. 1

Aziz, M.Amin. (2006), Tata cara pendirian BMT, Pusat komunikasi Ekonomi Syari’ah, Jakarta

___________. (2007), Kegigihan sang Perintis, Pinbuk Press, Jakarta.

___________. (2008), The Power Al-Fatehah, Pinbuk Press , Jakarta.

Bogdan, Robert C. & Sari Knopp Biklen, (1982), Qualitative Research for Education: An. Introduction ti Theory and Methods, Boston: Allyn and bacon, Inc.

Bob Parker, (2002), http://pages.uoregon.edu/rgp/PPPM613/class8a.htm

Constance, Elise Porter, Naveen Donthu. (2008), The link between Islamic banking and microfinancing, Management Science Vol. 54, Iss. 1;

Creswell, John W. (1994), Research Design: Qualitative and Quantitative Approaches. SAGE Publications. USA.

Drucker, Peter F.,(1977), People and Performance, Harper college Press, p. 90

Dahlan, Abdul Aziz et. al. (1999), Ensiklopedia Hukum Islam, cetaka ke II, ichtiar baru van havoe, Jakarta

Department of Economics. (2004), Hanover College, Hanover, Indiana, USA.

Dordrecht. (2001), Vol. 32, ISS. 2; Bagian 2. pg. 127, 16 pgs

E. Jerome McCarthy, with co-authors William D. Perreault, Jr. and Joseph P. Cannon, (1960), Basic Marketing. A Managerial Approach , now in its 17th edition

Eric Ellis. (2010), Islamic finance: Hub or hubris?, Euromoney, London.

Fatwa DSN MUI No : 02/DSN-MUI/IV/2000 tentang Tabungan

Fatwa DSN MUI NO: 04/DSN-MUI/IV/2000 tentang Murabahah

Fatwa DSN MUI NO: 07/DSN-MUI/IV/2000, tentang mudharabah /Qiradh

Fouad Abdullah al-Omar. (1995), General , administrative and organizational Aspects, Institutional Framework of Zakah: Dimensions and Implications”seminar Procedings No. 23, IRTI-IDB.

Indrani Sen, Ms. Arlington. (2008), Spring, Vol. 18, Iss. 2; pg. 27, 1 pgs Translated by Reuben Levy, Luzak, London.

Irawan, Deni Sudrajat. (2008), Modul Bahan bacaan Pelatihan Dasar Pengelola BMT, Pinbuk Pusat, Jakarta

John Adams, Frank Raymond. (2008), Journal of Economic Issues. Lincoln: (112)

Kartajaya, sula. (2006), Syariah Marketing,Mizan Bandung

Kelly Pemberton. Did Yunus Deserve the Nobel Peace Prize. Microfinance or Macrofarce?" Vol. 42, Iss. 2; pg. 435, 9 pgs).

Kotler, Philip, and Keller, Kevin Lane (2009), Manajemen Pemasaran, Edisi Bahasa Indonesia, Jilid I, Jakarta, Erlangga

Kotler, Philip, (1997), Manajemen Pemasaran, Analisis, Perencanaan, Implementasi,dan Kontrol, Edisi Bahasa Indonesia, Jilid I dan II, Jakarta, PT. Prenhallindo

Leonard Berry, A. Parasuraman, (1997), Listening to the Customer – The Concept of Service, Spring

Lupiyoadi, Rambat. (2001), Manajemen Pemasaran Jasa Teori dan Praktek, UI Press, Jakarta,

Muhadjir, Noeng. (1996), Metode Penelitian Kualitatif. Edisi III. Penerbit: Rake Sarasin, Yogyakarta.

M Akacem, Choice, Middletown. (2008), A political economy of the Middle East, Vol. 45, Iss. 9; pg. 1590, 1 pgs

Moleong, Lexy. (2002), Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Penerbit: PT Remaha Rosdakarya, Bandung.

Mackenzie M Festa, Alan J Wilson, Presha E Neidermeyer. (2010), Microlending: What Business Can Do, Journal of Applied Business Research. Laramie.

Masudul, Alam Choudhury. (2002), Economics. Bradford: Microenterprise development using Islamic financing and organizational instruments: Modality and practicum, International Journal of Social Economics, Bradford.

Masudul Alam Choudhury, Oman Mohammad Shahadat Hossain, Mohammad Solaiman. (2008), A well-being model of small-scale microenterprise development to alleviate poverty A case study of Bangladesh village, International Journal of Sociology and Social Policy, Vol. 28 No. 11/12, pp. 485-501,

Mehdi Hasan, Diane Coyle. (2008), New Statesman, London, Vol. 137, Edisi 4927; pg. 28, 3 pg.

Metawa, S.A. and Al-Mossawi, M. (1998) “Banking Behaviour of Islamic Bank Customers: Perspectives and Implications”, International Journal of Banking, 16(7): 299-313.

Miller, I.J. (1996) "Ethical & Liability Issues Concerning Invisible Rationing", Professional Psychology: Research & Practice, 27: 583-587.

Mohammad Saeed, Zafar U Ahmed, Syeda-Masooda Mukhtar. (2001), Internasional marketing ethics from an Islamic perspective: A value-maximization approach, Journal of Business Ethics, Dordrecht, Vol. 32, Iss. 2; Part 2. pg. 127, 16 pgs.

Mohammad Saeed, Zafar U Ahmed, Mukhtar Syeda-Masooda, Moin Siddiqi. (2006), Middle East. Jurnal Etika Bisnis, London. , Edisi 371; pg. 40, 5 pgs

Nazih, Hammad. (2007), Chicago Journal of International Law. Chicago, Vol. 7, Edisi 2; pg. 521, 16 pgs.

Nasrin Shahinpoor, (2009), The link between Islamic banking and microfinancing, Department of Economics, Hanover College, Hanover, Indiana, USA

Naser, K., Jamal, A. and Al-Khatib, K. (1999) “Islamic Banking: A Study of Customer Satisfaction and Preferences in Jordan”, International Journal of Bank Management, 17(3): 135-150. A

Neil Ford. (2007), Middle East. London , Edisi 383; pg. 42, 2 pgs

Nelson, Bob. 1991. Strategi Perubahan (terjemahan), BBC, Jakarta,Arcan1

Nur Holis. (2008), Ringkasan Riset Kajian Terhadap Kepatuhan Syariah Dalam Praktik Pembiayaan di BMT Sleman, Yogyakarta, Jurnal Fenomena Volume 6-Nomor 1, Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM) Univervitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta

Prastowo, Andi. (2011), Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspekktif Rancangan Penelitian, Ar-Ruzz Media, Yogyakarta

Qader Vazifeh Damirchi, (2003), A Guideline to Islamic Marketing Mix, Faculty Member Of Islamic Azad University – Parsabad Branch Barat Vazifeh Damirchi, Project manager Of Pars Sitting Systems

Ridwan, Muhammad. (2005), Manajemen Baitul Maal Wa Tamwil, UII Pess, Yogyakarta.

Rahardjo, M.Dawam. (1999), Islam dan Transformasi Sosial Ekonomi, Pustaka Pelajar, Yogyakarta

Rusdy Hartungi. (2007), International Journal of Social Economics, Bradford.Understanding the success factors of micro-finance institution in a developing country, Vol. 34, Iss. 6; pg. 388

Rivai, Veithzal, Andria Permata. 2008. Islamic Financial Management, teori, konsep, dan aplikasi panduan praktis untuk lembaga keuangan, nasabah, praktisi dan mahasiswa, Rajawali Press, Jakarta

Sherin Galal Abdullah Mouawad. (2009), The development of Islamic finance: Egypt as a case study, Journal of Money Laundering Control, London,Vol. 12, Iss. 1; pg. 74

Samy Nathan Garas, Chris Pierce. (2010), Shari’a supervision of Islamic financial institutions, Journal of Financial Regulation and Compliance, Vol. 18 No. 4, pp. 386-407

Saidi, Zaim, (2010), Tidak Syar’inya Bank Syari’ah di Indonesia, Yogyakarta, Delokomotif

Tyser, C.R., Demetriades, D.G. and Efendi, I.H. (1967) “A Complete Code on Islamic Civil Law,” (Translation from Turkish of Majallah-el Ahkam-i-Adliya, Majella, Lahore), New York: Law Publishing Company, NY.

World. Hartford. (2009), Vol. 99, Edisi 3; pg. 452, 26 pgs

Wikipedia, (2012).

Zallum, Abdul Qadim. (1993), Al-Amwal fi Daulah al-Khilafah. Beirut : Darul ‘Ilmi lil Malayin.




DOI: https://doi.org/10.26486/jpsb.v2i2.341

Article Metrics

Abstract view : 114 times
PDF - 584 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Perilaku dan Strategi Bisnis

Jurnal Perilaku dan Strategi Bisnis

Indexed by

Creative Commons LicenseCrossref logoGoogle ScholarDimensionsipiii.png

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.