Dampak Keputusan Berwirausaha Dengan Lingkungan Sosial Dan Pendidikan Formal Pada Motivasi Berwirausaha

SEPTIANA NOVITA DEWI

Abstract


Seorang wirausahawan adalah seorang yang memiliki keahlian untuk menjual, mulai dari menawarkan ide hingga komoditas baik berupa produk atau jasa, sehingga untuk menumbuhkan motivasi berwirausaha perlu dilakukan penelitian lebih lanjut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak keputusan berwirausaha dengan lingkungan sosial dan pendidikan formal pada motivasi berwirausaha (Studi pada Pencari Kerja Job Fair di Teknopark Sragen). Teknik analisis yang digunakan adalah path analysis yang menggunakan sampel sebanyak 50 responden pada bulan Nopember 2016 di Job Fair di Teknopark Sragen. hasil penelitian menunjukkan lingkungan sosial berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap motivasi berwirausaha. Pendidikan formal berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap motivasi berwirausaha. Lingkungan sosial berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap keputusan berwirausaha. Pendidikan formal berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusan berwirausaha. Motivasi berwirausaha berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan berwirausaha. Hasil analisis jalur menunjukkan bahwa: pengaruh tidak langsung lingkungan sosial terhadap keputusan berwirausaha melalui motivasi berwirausaha menghasilkan pengaruh yang lebih besar dari pada pengaruh langsung. pengaruh tidak langsung pendidikan formal terhadap keputusan berwirausaha melalui motivasi berwirausaha menghasilkan pengaruh yang lebih kecil dari pada pengaruh langsung.

Keywords


Keputusan Berwirausaha; Lingkungan Sosial; Pendidikan Formal; Motivasi berwirausaha.

Full Text:

PDF

References


Alma, B. (2004). Kewirausahaan Penuntun Perkuliahan untuk Perguruan Tinggi. Bandung: Alfabeta.

Arikunto Suharsimi, A. (2010). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Brown, Duane & Brooks, Linda. (2010). Caree Counseling Techniques. Boston: Allyn And Bacon

Cuervo, A., Ribeiro, D., & Roig, S. (2010). Entrepreneurship: Concepts, Theory and Perspective. Springer.

Djarwanto dan Subagyo, Pangestu, 2001: Statistik Induktif, Edisi: 4, Yogyakarta: BPFE

Downey, W.D. & Erickson, S.P. (2007) Manajemen Agribisnis. (Terjemahan Rochidayat Ganda & Alfonsus Sirait). Jakarta: Penerbit Erlangga. (Buku Asli Agribusiness Management diterbitkan tahun 1987)

Eka Aprilianty. 2014. Pengaruh Kepribadian Wirausaha, Pengetahuan Kewirausahaan, pendidikan formal Dan Lingkungan Terhadap Minat Berwirausaha Siswa SMK Jurnal Managemen Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah

Ghozali, Imam,2005. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS

Gnyawali, D. R. (1994). Environments for Entrepreneurship Development: Key Dimensions and Research Implications. Baylor University

Hanum Risfi Mahanani, 2014. Analisis Pengaruh Faktor Internal Dan Faktor Lingkungan Eksternal Terhadap Pelatihan wirausaha dan Minat Berwirausaha (Studi pada siswa SMA Negeri 1 Semarang). Jurnal Universitas Diponegoro Semarang.

Lee, M. S. (2005). Impact of Entrepreneurship Eduction: A Comparative Study of the US and Korea. International Entrepreneurship and Management Journal , 27-43

Linan, Francisco & Leon, J. A. M. (2007) Entrepreneurial Intentions. Department of Apply Economy I, Universidad de Sevilla. Department of Social and Organizational Psychology. UNED

Purnamasari. Ika. 2012. Pengaruh Konsep Diri dan Peranan Keluarga terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas XI di SMK Negeri 1 Singaraja tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi (tidak diterbitkan). Jurusan Pendidikan Ekonomi , Fakultas Ilmu Sosial Undiksha

Putu Eka Desy Yanti, Made Nuridja, Ketut Dunia. 2014. Pengaruh dorongan Keluarga Terhadap minat Berwirausaha Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Singaraja. Jurnal Bisnis dan Manajemen Vol: 4 N0: 1 Tahun: 2014

Riduwan, 2005, Skala pengukuran Variabel-Variabel Penelitian, Cetakan Ketiga, Alfabeta, Bandung.

Sarwono, Sarlito W.. (2011). Psikologi Remaja (edisi revisi). Jakarta: Rajawali Pers.

Selnes, Fred (2008), “An Examination of the effect of Product Performance on Brand Reputation, Satisfaction and Loyalty”, European Journal of Marketing, 27 (9). (19-35).

Singgih Purnomo, 2013. Analisis Pengaruh Faktor Keluarga, Pendidikan dan Lingkungan Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa STMIK Duta Bangsa Surakarta. Program Studi Sistem Informasi STMIK Duta Bangsa Surakarta

Solomon, Michael (2006), Consumer Behavion, 3th edition, McGraw Hill.

Sugiyono, 2007. Metodologi Penelitian Bisnis, Cetakan Ketujuh, CV. Alpabeta, Bandung.


StatisticsArticle Statistic

This article has been read : 13 times
PDF file viewed : 11 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Perilaku dan Strategi Bisnis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Perilaku dan Strategi Bisnis

Indexing by