Dampak Keputusan Berwirausaha Dengan Lingkungan Sosial Dan Pendidikan Formal Pada Motivasi Berwirausaha
DOI:
https://doi.org/10.26486/jpsb.v5i1.330Keywords:
Keputusan Berwirausaha, Lingkungan Sosial, Pendidikan Formal, Motivasi berwirausaha.Abstract
Seorang wirausahawan adalah seorang yang memiliki keahlian untuk menjual, mulai dari menawarkan ide hingga komoditas baik berupa produk atau jasa, sehingga untuk menumbuhkan motivasi berwirausaha perlu dilakukan penelitian lebih lanjut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak keputusan berwirausaha dengan lingkungan sosial dan pendidikan formal pada motivasi berwirausaha (Studi pada Pencari Kerja Job Fair di Teknopark Sragen). Teknik analisis yang digunakan adalah path analysis yang menggunakan sampel sebanyak 50 responden pada bulan Nopember 2016 di Job Fair di Teknopark Sragen. hasil penelitian menunjukkan lingkungan sosial berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap motivasi berwirausaha. Pendidikan formal berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap motivasi berwirausaha. Lingkungan sosial berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap keputusan berwirausaha. Pendidikan formal berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusan berwirausaha. Motivasi berwirausaha berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan berwirausaha. Hasil analisis jalur menunjukkan bahwa: pengaruh tidak langsung lingkungan sosial terhadap keputusan berwirausaha melalui motivasi berwirausaha menghasilkan pengaruh yang lebih besar dari pada pengaruh langsung. pengaruh tidak langsung pendidikan formal terhadap keputusan berwirausaha melalui motivasi berwirausaha menghasilkan pengaruh yang lebih kecil dari pada pengaruh langsung.References
Alma, B. (2004). Kewirausahaan Penuntun Perkuliahan untuk Perguruan Tinggi. Bandung: Alfabeta.
Arikunto Suharsimi, A. (2010). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Brown, Duane & Brooks, Linda. (2010). Caree Counseling Techniques. Boston: Allyn And Bacon
Cuervo, A., Ribeiro, D., & Roig, S. (2010). Entrepreneurship: Concepts, Theory and Perspective. Springer.
Djarwanto dan Subagyo, Pangestu, 2001: Statistik Induktif, Edisi: 4, Yogyakarta: BPFE
Downey, W.D. & Erickson, S.P. (2007) Manajemen Agribisnis. (Terjemahan Rochidayat Ganda & Alfonsus Sirait). Jakarta: Penerbit Erlangga. (Buku Asli Agribusiness Management diterbitkan tahun 1987)
Eka Aprilianty. 2014. Pengaruh Kepribadian Wirausaha, Pengetahuan Kewirausahaan, pendidikan formal Dan Lingkungan Terhadap Minat Berwirausaha Siswa SMK Jurnal Managemen Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah
Ghozali, Imam,2005. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS
Gnyawali, D. R. (1994). Environments for Entrepreneurship Development: Key Dimensions and Research Implications. Baylor University
Hanum Risfi Mahanani, 2014. Analisis Pengaruh Faktor Internal Dan Faktor Lingkungan Eksternal Terhadap Pelatihan wirausaha dan Minat Berwirausaha (Studi pada siswa SMA Negeri 1 Semarang). Jurnal Universitas Diponegoro Semarang.
Lee, M. S. (2005). Impact of Entrepreneurship Eduction: A Comparative Study of the US and Korea. International Entrepreneurship and Management Journal , 27-43
Linan, Francisco & Leon, J. A. M. (2007) Entrepreneurial Intentions. Department of Apply Economy I, Universidad de Sevilla. Department of Social and Organizational Psychology. UNED
Purnamasari. Ika. 2012. Pengaruh Konsep Diri dan Peranan Keluarga terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas XI di SMK Negeri 1 Singaraja tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi (tidak diterbitkan). Jurusan Pendidikan Ekonomi , Fakultas Ilmu Sosial Undiksha
Putu Eka Desy Yanti, Made Nuridja, Ketut Dunia. 2014. Pengaruh dorongan Keluarga Terhadap minat Berwirausaha Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Singaraja. Jurnal Bisnis dan Manajemen Vol: 4 N0: 1 Tahun: 2014
Riduwan, 2005, Skala pengukuran Variabel-Variabel Penelitian, Cetakan Ketiga, Alfabeta, Bandung.
Sarwono, Sarlito W.. (2011). Psikologi Remaja (edisi revisi). Jakarta: Rajawali Pers.
Selnes, Fred (2008), “An Examination of the effect of Product Performance on Brand Reputation, Satisfaction and Loyaltyâ€, European Journal of Marketing, 27 (9). (19-35).
Singgih Purnomo, 2013. Analisis Pengaruh Faktor Keluarga, Pendidikan dan Lingkungan Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa STMIK Duta Bangsa Surakarta. Program Studi Sistem Informasi STMIK Duta Bangsa Surakarta
Solomon, Michael (2006), Consumer Behavion, 3th edition, McGraw Hill.
Sugiyono, 2007. Metodologi Penelitian Bisnis, Cetakan Ketujuh, CV. Alpabeta, Bandung.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with (JPSB) Jurnal Perilaku dan Strategi Bisnis agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the JPSB right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JPSB. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in JPSB.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).