PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN KOMPETENSI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT ANGKASA PURA I (Persero)
DOI:
https://doi.org/10.26486/jpsb.v8i2.1204Keywords:
Budaya Organisasi, Kompetensi, Kinerja KaryawanAbstract
Pada dasarnya kinerja karyawan merupakan hasil proses yang kompleks dari karyawan itu sendiri berdasarkan faktor eksternal (budaya organisasi) dan faktor internal (kompetensi), maupun upaya strategis dari perusahaan. Kinerja karyawan diharapkan dapat meningkatkan nilai perusahaan secara keseluruhan. Jika kinerja karyawan baik maka nilai perusahaan akan baik pula, demikian sebaliknya jika kinerja karyawan tidak baik maka akan tidak baik pula nilai perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh budaya organisasi dan kompetensi secara parsial dan simultan terhadap kinerja karyawan.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif bersifat asosiatif dengan desain penelitian survey deskriptif verifikatif. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini mendukung semua hipotesis yang diajukan dimana budaya organisasi dan kompetensi memiliki pengaruh positif baik secara parsial maupun simultan terhadap kinerja karyawan. Artinya, budaya organisasi dan kompetensi memiliki peran yang sama penting terhadap peningkatan kinerja karyawan.
References
Basrowi dan Kustoro, Budi. (2006). Metodologi Penelitian. Bandar Lampung: Universitas Lampung.
Darsono dan Tjatjuk Siswandoko. (2011). Sumber Daya Manusia Abad 21. Jakarta: Nusantara Consulting.
Gaol, CHR. Jimmy L. (2014) “A to Z Human Capital (Manajemen Sumber Daya Manusia) Konsep, Teori, Dan Pengembangan Dalam Konteks Organisasi Public dan Bisnisâ€. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana.
Habiburrahman., Iskandar., Dunan, Hendri., Haninun. (2019). Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Model Strategi Pemberdayaan dan Pengembangan). Bandar Lampung: Pusaka Media.
Handayani, Sri. (2001). Pengaruh Komputer Mikro Terhadap Kinerja dan Kepuasan Akuntan Publik. Yogyakarta: Tesis S2 UGM.
Marwansyah. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Alfabeta.
Mas`ud, Fuad. (2004). Survei Diagnosis Organisasi: Konsep dan Aplikasi. Semarang: Universitas Diponegoro.
Palan. (2007). Competency Management, Teknik Mengimplementasikan Manajemen SDM Berbasis Kompetensi Untuk Meningkatkan Daya Saing Organisasi. Cetakan Pertama, Edisi Bahasa Indonesia, Jakarta: PPM Anggota IKAP.
Kencana, Patra Surya. (2013) Pengaruh Kompetensi Komunikasi dan Kecerdasan Emosional Terhadap Kinerja Karyawan. Lampung : Manajemen Universitas Bandar Lampung.
Prawirosentono. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Penerbit BPFE.
Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
------------. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sulistiyani dan Rosidah. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta : Graha Ilmu.
Sutrisno, Edy. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana.
------------------. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with (JPSB) Jurnal Perilaku dan Strategi Bisnis agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the JPSB right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JPSB. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in JPSB.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).