PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN KOMPETENSI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT ANGKASA PURA I (Persero)

Hendri Dunan, Desi Rahmawati, Appin Purisky Redaputri

Abstract


Pada dasarnya kinerja karyawan merupakan hasil proses yang kompleks dari karyawan itu sendiri berdasarkan faktor eksternal (budaya organisasi) dan faktor internal (kompetensi), maupun upaya strategis dari perusahaan. Kinerja karyawan diharapkan dapat meningkatkan nilai perusahaan secara keseluruhan. Jika kinerja karyawan baik maka nilai perusahaan akan baik pula, demikian sebaliknya jika kinerja karyawan tidak baik maka akan tidak baik pula nilai perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh budaya organisasi dan kompetensi secara parsial dan simultan terhadap kinerja karyawan.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif bersifat asosiatif dengan desain penelitian survey deskriptif verifikatif. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini mendukung semua hipotesis yang diajukan dimana budaya organisasi dan kompetensi memiliki pengaruh positif baik secara parsial maupun simultan terhadap kinerja karyawan. Artinya, budaya organisasi dan kompetensi memiliki peran yang sama penting terhadap peningkatan kinerja karyawan.


Keywords


Budaya Organisasi; Kompetensi; Kinerja Karyawan

Full Text:

PDF

References


Basrowi dan Kustoro, Budi. (2006). Metodologi Penelitian. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Darsono dan Tjatjuk Siswandoko. (2011). Sumber Daya Manusia Abad 21. Jakarta: Nusantara Consulting.

Gaol, CHR. Jimmy L. (2014) “A to Z Human Capital (Manajemen Sumber Daya Manusia) Konsep, Teori, Dan Pengembangan Dalam Konteks Organisasi Public dan Bisnis”. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana.

Habiburrahman., Iskandar., Dunan, Hendri., Haninun. (2019). Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Model Strategi Pemberdayaan dan Pengembangan). Bandar Lampung: Pusaka Media.

Handayani, Sri. (2001). Pengaruh Komputer Mikro Terhadap Kinerja dan Kepuasan Akuntan Publik. Yogyakarta: Tesis S2 UGM.

Marwansyah. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Alfabeta.

Mas`ud, Fuad. (2004). Survei Diagnosis Organisasi: Konsep dan Aplikasi. Semarang: Universitas Diponegoro.

Palan. (2007). Competency Management, Teknik Mengimplementasikan Manajemen SDM Berbasis Kompetensi Untuk Meningkatkan Daya Saing Organisasi. Cetakan Pertama, Edisi Bahasa Indonesia, Jakarta: PPM Anggota IKAP.

Kencana, Patra Surya. (2013) Pengaruh Kompetensi Komunikasi dan Kecerdasan Emosional Terhadap Kinerja Karyawan. Lampung : Manajemen Universitas Bandar Lampung.

Prawirosentono. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Penerbit BPFE.

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

------------. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulistiyani dan Rosidah. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Sutrisno, Edy. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana.

------------------. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana




DOI: https://doi.org/10.26486/jpsb.v8i2.1204

Article Metrics

Abstract view : 58 times
PDF - 56 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Hendri Dunan, Desi Rahmawati, Appin Purisky Redaputri

Jurnal Perilaku dan Strategi Bisnis

Indexed by

 

 Creative Commons LicenseCrossref logo

Google ScholarDimensionsipiii.png

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.