Analisis Motivasi Kerja dan Kinerja Tenaga Kependidikan (Studi Kasus di Universitas Alma Ata Tahun 2016)

sari budiarti

Abstract


Kegiatan internship ini bertujuan untuk mengetahui motivasi kerja dan kinerja tenaga kependidikan di Universitas Alma Ata Yogyakarta. Permasalahan yang dihadapi belum optimalnya motivasi kerja dan kinerja tenaga kependidikan yang berdampak terhadap kepuasan mahasiswa yang semakin menurun.     

Metode analisis yang digunakan dalam menganalisis motivasi kerja dan kinerja menggunakan metode survei, yang dilakukan dengan memberikan kuesioner kepada responden untuk menjawab pernyataan-pernyataan dalam kuesioner. Skala pengukuran menggunakan skala likert, kemudian data dianalisis dengan analisis deskriptif kuantitatif.

Hasil analisis rerata motivasi kerjatenaga kependidikan menunjukkan bahwa motivasi kerja masih belum optimal. Hal ini dapat dilihat dari belum terpenuhinya kebutuhan fisiologis, kebutuhan akan rasa aman, kebutuhan akan penghargaan dan kebutuhan aktualisasi diri dalam teori Maslow. Hasil analisis rerata kinerja tenaga kependidikan menunjukkan bahwa kinerja masih belum optimal. Hal ini dapat dilihat dari belum optimalnya kuantitas, ketepatan waktu dan kemandirian tenaga kependidikan dalam menyelesaikan pekerjaan.


Keywords


Motivasi Kerja, Kinerja

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Ma’ruf. (2014). Manajemen dan Evaluasi Kinerja Karyawan. Yogyakarta. Aswaja Pressindo.

Afrizal, Andi. (2015). Pengaruh Gaya Kepemimpinan terhadap Motivasi Kerja dan Kepuasan Kerja serta Dampak pada Kinerja Karyawan. JESI Volume V, No.2 Desember 2015.

Agung, Dwi. (2014). Pengaruh Kualitas Layanan dan Kinerja karyawan terhadap Kepuasan Nasabah Koperasi Pondok Pesantren Mamba’ul Mubbasyirin Shiddiqiyyah Bojonegoro. Tesis. Universitas Sebelas Maret 2014.

Azwar, Saifuddin. (2007). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hasibuan, Malayu. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

Notoatmodjo, Soekidjo. (2009). Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.

Pratama, Mohammad Rifky Bagus, Mochammad Al Musadieq, Gunawan Eko Nurtjahjono. (2017). Pengaruh Motivasi Kerja dan Kepuasan Kerja Karyawan (Studi pada Karyawan Giant Hypermarket Mall Olympic Garden Malang). JUrnal Administrasi Bisnis Volumen 47. No.1 Juni 2017.

Priyono dan Marnis. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia. Sidoarjo: Zifatama Publisher.

Priyono. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia. Sidoarjo: Zifatama Publisher.

Priyono. (2007). Pengantar Manajemen. Sidoarjo: Zifatama Publisher.

Sondang, Siagian. (2012). Teori Motivasi dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suripto, Teguh. (2015). Meningkatkan Kinerja Karyawan Melalui Expectancy Theory dalam Motivasi. JESI Volume V, No. 2 Desember 2015.

Miftah, Thoha. (2007). Perilaku Organisasi, Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Wahjono, Sentot Imam. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Salemba Empat.

Widodo, Eko Suparno. (2015). Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Widyananda, Frisca. (2012). Model Analisis Kinerja Karyawan dan Pengaruhnya terhadap Kepuasan Nasabah pada BNI Syariah Cabang Malang. Jurnal Ekonomi Pembangunan Volume 10. No.2 Desember 2012.




DOI: https://doi.org/10.26486/jpsb.v8i1.1031

Article Metrics

Abstract view : 62 times
PDF - 31 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 sari budiarti

Jurnal Perilaku dan Strategi Bisnis

Indexed by

 

 Creative Commons LicenseCrossref logo

Google ScholarDimensionsipiii.png

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.