FAKTOR PSIKOLOGIS YANG MEMPENGARUHI PENGAMBILAN KEPUTUSAN KONSUMEN DI BALI DALAM MEMBELI KENDARAAN PRIBADI

Authors

  • Dewi Puri Astiti

Abstract

Pertumbuhan ekonomi Indonesia terus meningkat sejak tahun 2010. Angka pertumbuhannya mencapai 6 persen. Hal tersebut berpengaruh terhadap meningkatnya perilaku membeli masyarakat. Satu di antara contohnya adalah jumlah pembelian kendaraan pribadi yang meningkat dari tahun ke tahun. Berdasar survei The Organization for Economic Cooperation and Development (OECD) September 2012, data perbandingan jumlah kendaraan pribadi dengan jumlah penduduk di Jakarta adalah 1:6 . Khusus di Bali, jumlah perbandingan kendaraan pribadi dengan jumlah penduduk adalah 1:2 (www.Bali.antaranews.com). Satu Fenomena yang luar biasa dari perilaku konsumen di Bali, mengingat wilayah ini adalah bagian dari Indonesia yang masih masuk dalam kategori negara berkembang. Apalagi, angka ini melebihi rasio perbandingan jumlah penduduk dan kepemilikan mobil di Singapura yang rasionya hanya 1:2. Padahal, tingkat perekonomian Singapura sudah jauh meninggalkan kita. Penelitian ini, bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor psikologis apa saja yang mendasari konsumen dalam proses pengambilan keputusan untuk membeli kendaraan pribadi, mengingat tingginya jumlah kendaraan pribadi yang ada di Bali. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dan kuantitatif (mix methode). Sampel penelitian yang dipakai adalah konsumen kendaraan pribadi yang berdomisili di Bali yang membeli sepeda motor maupun mobil. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar responden konsumtif dalam pembelian kendaraan pribadi. Faktor budaya keluarga (extended family) dan prestise berperan penting dalam proses pengambilan keputusan membeli kendaraan pribadi, seiring dengan tingkat kesejahteraan ekonomi masyarakat Bali. Perilaku membeli tidak selalu didasarkan pada kebutuhan terhadap sebuah produk, tapi juga dipengaruhi cara pandang dan kesan masyarakat di lingkungan tersebut terhadap produk tersebut.
Kata kunci : perilaku konsumen, pengambilan keputusan dan prestise

Downloads

Published

2014-05-10

Issue

Section

Jurnal Sosio Humaniora