Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbantuan Google form pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Untuk Mengoptimalkan Hasil Belajar

I Wayan Ari Sadewa, I Gusti Putu Suharta, I Wayan Puja Astawa

Abstract


Hasil belajar siswa merupakan salah satu ukuran yang dapat digunakan untuk mengukur kemampuan siswa. Salah satu kemampuan yang perlu untuk dimiliki siswa adalah matematika. Untuk dapat memahami materi matematika dengan baik guru perlu untuk memfasilitasi siswa dengan bahan ajar yang dapat membantu siswa dalam memahami materi yang disampaikan. Sementara, dalam kondisi pandemi pada saat ini, siswa hanya diperbolehkan untuk mengikuti pembelajaran di rumah. Hal ini menyebabkan pembelajaran menjadi tidak efektif. Karena itu, pengembangan bahan ajar yang dapat diakses oleh siswa secara daring perlu untuk dilakukan. Pada penelitian ini dikembangkan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbantuan google form pada materi bangun ruang SMP yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang meliputi lima fase, yaitu : 1) fase investigasi awal; 2) fase design/perancangan; 3) fase realisasi/konstruksi; dan 4) fase tes, evaluasi & revisi. Data yang digunakan dalam mengevaluasi media yang dikembangkan dikumpulkan dengan menggunakan lembar validasi, lembar observasi, dan angket. Lembar validasi digunakan sebagai validitas media yang dilakukan oleh beberapa validator dan guru. Lembar observasi digunakan untuk melihat kepraktisan media. Angket yang digunakan berupa angket respon guru dan siswa yang mengukur bagaimana respon guru dan siswa terhadap media yang dikembangkan. Kelayakan media yang dikembangkan dilihat berdasarkan analisis terhadap hasil dari lembar validasi, lembar observasi, dan angket. Hasil analisis menunjukkan bahwa media dapat diterima dan layak digunakan sebagai media pembelajaran pada materi bangun ruang SMP.

 

 


Keywords


Lembar kerja siswa (lks); google form; bangun ruang; hasil belajar, pengembangan

Full Text:

PDF

References


Esmonde, I. (2009). Ideas and identities: Supporting equity in cooperative mathematics learning. Review of Educational Research , 1008–1043.

Murtika. (2014). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan Pendekatan Konstruktivisme pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Kelas IX. Skripsi Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Nuraini, Novia. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Materi Bangun Ruang Sisi Datar Sekolah Menengah Pertama Kelas VIII dengan Pendekatan Worked Example Berorientasi pada Kemampuan Penyelesaian Masalah. Skripsi UNY.

Plomp, Tj. (1997). Educational Design: Introduction. From Tjeerd Plomp (eds). Educational & Training System Design: Introduction. Design of Education and Training (in Dutch).Utrecht (the Netherlands): Lemma. Netherland.Faculty of Educational Science and Technology, University of Twente.

Puslitjaknov. (2008). Metode Penelitian Pengembangan. Jakarta: Balitbang Diknas.

Riskawati, dkk. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Penemuan Terbimbing pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Siswa Kelas IX di SMPN 31 Kab. Tebo. Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 2(1) 1-6.

Rochmad, (2012). Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika. Jurnal. Tersedia pada http://download.portalgaruda.org/article.php?article=136826&val =5678 &title=Desain%20Model%20Pengembangan%20%20Perangkat%20Pembelajaran%20Matematika.

Rohaeti, El dkk. (2009). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Mata Pelajaran Sains Kimia Untuk SMP Kelas VII, VIII, dan IX. Artikel Penelitian FMIPA UNY

Senam, dkk. (2008). Efektivitas Pembelajaran Kimia untuk Siswa SMA Kelas XI dengan Menggunakan LKS Kimia Berbasis Life Skill. Tersedia pada http://jurnal.pdii.lipi.go.id/admin/jurnal/9308280290.pdf.

Setyani, E. N. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Bangun Ruang Sisi Datar Berbasis POE (Predict, Observe, and Explain) untuk Kemampuan Representasi Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP. Skripsi Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Sriyono. (1992). Teknik Belajar Mengajar CBSA. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suherman, E., & Winataputra, U. S. (1992). Strategi belajar mengajar matematika. Jakarta: Universitas Terbuka.




DOI: https://doi.org/10.26486/jm.v5i1.1290

Article Metrics

Abstract view : 241 times
PDF - 202 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by

 ipiii.pngDimensions

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.