Pengaruh Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing Berbantuan LKS Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Ditinjau Dari Kecerdasan Logis Matematis Siswa

Agung Novi Kusuma Dewi, I Wayan Puja Astawa, Gede Suweken

Abstract


Peranan LKS dalam pembelajaran matematika sangat penting dan telah dikaji oleh banyak peneliti tetapi LKS berbentuk interaktif masih perlu kajian mendalam. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penerapan model pembelajaran penemuan terbimbing berbantuan LKS interaktif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika ditinjau dari kecerdasan logis matematika siswa. Metode yang digunakan adalah metode campuran tipe “concurrent embedded”. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII SMP Dwijendra Denpasar tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 248 orang siswa yang terbagi ke dalam delapan kelas yang memiliki kemampuan setara. Sampel penelitian sebanyak 4 kelas diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis secara kuantitatif menggunakan analisis varian dua jalur dan secara kualitatif dengan teknik Miles dan Huberman. Hasil analisis secara kuantitatif menunjukkan bahwa siswa dengan kecerdasan logis matematis rendah yang mengikuti pembelajaran penemuan terbimbing berbantuan LKS interaktif memiliki kemampuan pemahaman konsep matematika yang lebih tinggi daripada siswa dengan kemampuan logis matematis tinggi. Selain itu, pada siswa yang memiliki kecerdasan logis matematis tinggi maupun rendah, kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran penemuan terbimbing berbantuan LKS interaktif lebih tinggi daripada kemampuan pemahaman konsep siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Sementara itu, hasil analisis secara kualitatif menunjukkan bahwa model pembelajaran penemuan terbimbing berbantuan LKS interaktif terbukti berkontribusi positif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa karena siswa lebih bersemangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, lebih mudah dalam mengingat konsep yang dipelajari, lebih terlatih untuk mengembangkan pemikiran yang kritis dan logis, serta lebih memiliki rasa kemandirian dan persaingan yang sehat.


Keywords


Penemuan terbimbing; LKS interaktif; Kemampuan pemahaman konsep matematika; Kecerdasan logis Matematis; Mixed method

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26486/jm.v5i1.1275

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by

 ipiii.pngDimensions

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.