Pengembangan Soal Matematika Model PISA dengan Konteks Futsal pada Konten Uncertainty and Data

Mutia Mutia, Kiki Nia Sania Effendi, Sutirna Sutirna

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan soal matematika pengembangan model PISA pada konten uncertainty and data dengan konteks futsal yang valid dan praktis. Latar belakang penelitian ini didasari pada rendahnya prestasi siswa Indonesia pada literassi matematika PISA. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII dan IX pada salah satu SMP di Kabupaten Karawang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengembangan dengan menggunakan model 4-D (Define, Design, Develop, dan Dessiminate). Pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi, angket, dan wawancara. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa soal pengembangan model PISA konten uncertainty and data dengan konteks futsal yang dikembangkan memenuhi kriteria valid dan praktis. Kriteria valid dilihat dari penilaian validator ahli dan simulasi, validator ahli menilai mengenai isi, kontruks, dan bahasa, simulasi dilakukan pada siswa untuk melihat kejelasan dan keterbacaan. Kriteria praktis diperoleh dari uji coba terbatas yang dilakukan pada siswa kelas VIII. Siswa dapat memahami tujuan dari soal yang diberikan. Konteks futsal yang digunakan dapat membantu siswa lebih tertarik untuk menyelesaikan masalah yang diberikan. Selain itu hasil angket juga menunjukkan 91% dari aspek kemudahan, 71% dari aspek kegunaan/kebermanfaatan dan 81% dari aspek kemenarikan.

 

 


Keywords


Pengembangan soal PISA, uncertainty and data, futsal

Full Text:

PDF

References


Astuti, R. S. (2018) “Pengembangan Soal Matematika Model PISA untuk Mengukur Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas IX SMP Negeri 4 Bandar Lampung,” Skripsi, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Development Organisation for Economic Co-operation dan York, U. O.- (2016) PISA 2015 Assessment and Analytical Framework.

Effendi, K. N. S. et al. (2018) “Analisis penerapan gerakan literasi sekolah dan konteks permainan futsal dalam pembelajaran matematika,” Ed-Humanistics, 03.

Effendi, K. N. S. et al. (2019) “Practicality: Mathematics student worksheet for school literacy movement development stage,” Journal of Physics: Conference Series, 1166(1). doi: 10.1088/1742-6596/1166/1/012021.

Fraenkel, J. R. dan E, W. N. (2010) How to Design and Evaluate Research in Education. Singapore: McGraw-Hill.

Jannah, R. D., Putri, R. I. I. dan Zulkardi (2018) “PISA-like mathematics problem: The context of basketball in Asian Games,” Journal of Physics: Conference Series, 1088. doi: 10.1088/1742-6596/1088/1/012019.

Jurnaidi dan Zulkardi (2013) “Pengembangan Soal Model PISA pada Konten Change and Relationship untuk Mengetahui Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama,” Jurnal Pendidikan Matematika.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (2016) “JENDELA Pendidikan dan Kebudayaan,” in Empat Perbaikan Kurikulum 2013. Jakarta: BKLM, hal. 6–21.

Kurniawan, D. dan Dewi, S. V (2017) “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Media Screencast- O-Matic Mata Kuliah Kalkulus 2 Menggunakan Model 4-D Thiagarajan,” Jurnal Siliwangi, 3(1).

Maharani, P. (2015) “Pengembangan Soal Matematika Serupa PISA dalam Konten Space and Shape Pada Siswa Kelas VIII,” Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Mahmun, N. (2012) “Media Pembelajaran (Kajian Terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran),” An-Nida’.

Murdaningsih, S. dan Murtiyasa, B. (2016) “An Analysis on Eight Grade Mathematics Textbook of New Indonesian Curriculum (K-13) Based on Pisa’s Framework,” JRAMathEdu (Journal of Research and Advances in Mathematics Education), 1(1), hal. 14–27. doi: 10.23917/jramathedu.v1i1.1780.

Nizar, Harisman, Putri, R. I. I. dan Zulkardi (2018) “Developing pisa-like mathematics problem using the 2018 Asian Games football and table tennis context,” Journal on Mathematics Education, 9(2), hal. 183–194. doi: 10.22342/jme.9.2.5246.183-194.

Nizar, H, Putri, R. I. I. dan Zulkardi (2018) “PISA-like mathematics problem with karate context in Asian Games,” Journal of Physics: Conference Series, 1088. doi: 10.1088/1742-6596/1088/1/012063.

Permatasari, Ranni, Putri, R. I. I. dan Zulkardi (2018) “PiSA-like: Football context in Asian games,” Journal on Mathematics Education, 9(2), hal. 271–279. doi: 10.22342/jme.9.2.5251.271-280.

Permatasari, R., Putri, R. I. I. dan Zulkardi (2018) “Uncertainty and data content in bowling: Task design,” Journal of Physics: Conference Series, 1088. doi: 10.1088/1742-6596/1088/1/012010.

Putri, R. I. I. dan Zulkardi (2018) “Higher-order thinking skill problem on data representation in primary school : A case study Higher-order thinking skill problem on data representation in primary school : A case study.”

Stacey, K. (2011) “Pandangan PISA Tentang Literasi Matematika di Indonesia,” J. Math. Educ, 2, hal. 95–126.

Sugiono (2017) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Trianto (2017) Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Wijaya, A. (2016) “Students’ Information Literacy: A Perspective from Mathematical Literacy Journal on Mathematics Education,” IndoMS-JME.

Yansen, D., Putri, R. I. I. dan Fatimah, S. (2019) “DEVELOPING PISA-LIKE MATHEMATICS PROBLEMS ON UNCERTAINTY AND DATA USING ASIAN GAMES FOOTBALL,” 10(1), hal. 37–46.

Yanti, W., Nusantara, T. dan Qohar, A. (2016) “Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Permutasi dan Kombinasi,” Proc. Nas. Sem. on Mathematics.




DOI: https://doi.org/10.26486/jm.v5i1.1273

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by

 ipiii.pngDimensions

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.