Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar Kalkulus Diferensial Berbasis Pendekatan Penemuan Terbimbing di STKIP Pamane Talino

Authors

  • siti suprihatiningsih STKIP Pamane Talino

DOI:

https://doi.org/10.26486/jm.v4i2.1153

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan bahan ajar kalkulus diferensial berbasis pendekatan penemuan terbimbing pada. Penelitian ini dilakukan di STKIP Pamane Talino pada mahasiswa pendidikan matematika angkatan 2019. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes. Analisis data menggunakan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan homogenitas, uji hipotesis menggunakan uji t berpasangan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian the one group pretest-posttest design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan bahan ajar kalkulus diferensial berbasis pendekatan penemuan terbimbing.

References

Ayal, C.S., Kesuma, Y.S., Subandar, J., & Dahlan, J. . (2016). The Enhancement of Mathematical Reasoning Ability of Junior High School Students by Applying Mind Mapping Strategy. Journal of Education and Practice, 7(25), 50–58.

David A. Jacobsen, Paul Eggen dan Donald Kauchak,2009. Methods for Teaching: Metode-etode pengajaran meningkatkan belajar siswa TK-SMA terjemahan Fawaid dan Khoirul Anam. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Haris, M., & Yanti, E. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing ( Guided Discovery ) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas X Sman 4 Mataram Kelas X MIA 1 X MIA 2 X MIA 3 X MIA 4 Nilai Rata- Rata UTS Persentase Ketuntasan. 4(November), 100–105.

Hudojo, Herman. 2003. Pengembangan kurikulum dan pembelajaran matematika. Malang: UM PRESS.

Jana, P., & Supiati, E. (2019). Efektivitas model problem based learning ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematika. Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(2), 88–93. https://doi.org/10.26486/jm.v3i2.745

Khasanah, V. N., Usodo, B., & Subanti, S. (2018). Guided discovery learning in geometry learning. Journal of Physics: Conference Series, 983(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/983/1/012160

Monariska, E.-. (2019). Analisis kesulitan belajar mahasiswa pada materi integral. Jurnal Analisa, 5(1), 9–19. https://doi.org/10.15575/ja.v5i1.4181

Numan, M. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Statistika Penelitian Pendidikan Matematika. Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(2), 114. https://doi.org/10.26486/jm.v3i2.762

Suryosubroto. 2002. Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta

Tanujaya, B., Prahmana, R. C. I., & Mumu, J. (2017). Mathematics instruction, problems, challenges and opportunities: A case study in Manokwari Regency, Indonesia. World Transactions on Engineering and Technology Education, 15(3), 287–291.

Trinofita, B; dkk. Pengaruh Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Siswa Smp Negeri 11 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), Vol. 3, No. 1, April 2019

Downloads

Published

2020-04-30

Issue

Section

Articles