English English

English

Penulis

  • risma risma universitas sembilanbelas november
  • Kadaruddin Kadaruddin Universitas sembilanbelas november, kolaka, Kolaka 93514, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.26486/jele.v9i2.3933

Abstrak

penelitian ini membahas peran tindak tutur dalam komunikasi, yang diklasifikasikan menjadi lima kategori oleh Searle. Metode kualitatif dan penelitian literatur digunakan untuk mengeksplorasi dampak pendekatan sosio-pragmatis dalam pembelajaran bahasa terhadap perkembangan anak. Faktor-faktor seperti evolusi biologis, faktor kognitif, dan lingkungan juga mempengaruhi perkembangan bahasa anak, dan orang tua berperan penting dalam memberikan rangsangan positif untuk mengembangkan kemampuan berbahasa anak. Sosio pragmatik, sebagai cabang linguistik, menyoroti bagaimana faktor sosial mempengaruhi penggunaan bahasa dalam konteks komunikasi. Perkembangan bahasa pada anak dinilai penting karena melalui bahasa anak dapat mengembangkan kemampuan sosialnya. Orang tua dan pendidik mempunyai peran penting dalam mendukung perkembangan bahasa anak, sejalan dengan Teori Aktivitas Masyarakat yang menekankan pentingnya interaksi sosial dalam pembelajaran bahasa. Tindak tutur, sebagai sarana penyampaian ide dan perasaan, merupakan elemen kunci dalam proses komunikasi dan pembelajaran bahasa anak.

Diterbitkan

2025-03-07

Terbitan

Bagian

(JELE) Jurnal Of English Language and Education