A critical discourse analysis of fairclough toward “viva la vida” song by coldplay

Penulis

  • Danti Pudjiati English Education Program, STKIP Kusuma Negara Jakarta, Indonesia
  • VENTI MAWARNI STKIP KUSUMANEGARA
  • Haris Hamdani Industrial Engineering, Faculty of Engineering, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya, Indonesia
  • Muhammad Abdul Syukur Wahyu Utomo English Education Program, STKIP Kusuma Negara Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.26486/jele.v9i1.3648

Abstrak

Penelitian ini memiliki tiga tujuan (1) untuk mengungkapkan pesan yang dimaksud dari ekspresi kiasan melalui lirik, (2) untuk mengetahui tanda simbolik dan gerakan dari video klip Coldplay "Viva La Vida" (3) untuk mengetahui implikasinya terhadap pembelajaran bahasa. Data yang digunakan adalah lirik lagu dan petunjuk simbolis yang tergambar dalam video klip, dievaluasi menggunakan analisis wacana kritis Fairclough. Mereka dikategorikan berdasarkan jenis ekspresi kiasan yang digunakan untuk mengungkapkan makna yang dimaksud dan memahami penampilan simbolik untuk menemukan kontribusinya dalam pembelajaran bahasa. Temuan menunjukkan bahwa sebagian besar petunjuk yang disampaikan mencoba untuk mengungkapkan kisah lagu tentang seorang raja yang tidak lagi menjadi penguasa. Penggunaan ekspresi kiasan meningkatkan pengetahuan pembelajar bahasa tentang hiperbola, personifikasi, dan metafora karena mereka dapat menjelajahi wawasan dan imajinasi mereka. Petunjuk-petunjuk tersebut ditampilkan dengan ekspresif melalui simbol-simbol penyanyi dan pemain band. Beberapa fitur bahasa digunakan untuk pengajaran bahasa terkait dengan jenis kata, waktu, dan pengucapan. Lagu ini dapat digunakan sebagai materi pengajaran untuk mengeksplorasi lebih rinci tentang bahasa kiasan, simbol dalam karya sastra, dan untuk mengajar bahasa Inggris juga.

Diterbitkan

2025-03-07

Terbitan

Bagian

(JELE) Jurnal Of English Language and Education