Pengelolaan kesehatan mental ibu yang mendampingi anak belajar dari rumah selama pandemi Covid-19: Pendampingan penggunaan gadget

Authors

  • Sheilla Varadhila Peristianto Fakultas Psikologi, Universitas Mercu Buana Yogyakarta
  • Nadya Anjani Rismarini Fakultas Psikologi, Universitas Mercu Buana Yogyakarta
  • Nikmah Sofia Afiati Fakultas Psikologi, Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Abstract

Sejak awal tahun 2020 hampir seluruh negara mengalami wabah virus corona atau Covid-19. Munculnya
Covid- 19, tentunya berdampak pada hampir seluruh sektor kehidupan yang ada, antara lain kesehatan,
pendidikan, bahkan perekonomian. Pada sektor pendidikan, pembelajaran siswa dilakukan dari rumah
atau study from home sedangkan beberapa pekerja melakukan pekerjaan dari rumah atau work from home
(WFH). Hal tersebut terjadi tanpa terkecuali pada seorang ibu yang harus bekerja dan juga memberikan
pengajaran di rumah selama masa pandemi Covid-19. Tak jarang hal demikian mempengaruhi kondisi
kesehatan pada semua lapisan termasuk orangtua, terkhusus seorang ibu. Satu sisi mengalami kerentanan
secara fisiologis untuk tertular gejala Covid-19. Sisi lain, dihadapkan dengan suatu kerentanan psikologis
yang erat kaitannya dengan penurunan kesehatan mental. Meskipun permasalahan tersebut mempengaruhi
kesehatan mental ibu, ibu tetap memiliki peran penting pada pendidikan anak selama di rumah.
Tujuannya adalah untuk memberikan pengetahuan dalam pendampingan penggunaan gadget pada ibu
sehingga harapannya anak dapat menggunakan gadget secara adaptif. Hal ini sebagai bentuk pengelolaan
kesehatan mental ibu selama mendampingi anak belajar dari rumah. Hasil pengolahan data menunjukkan
adanya skor wawasan pemahaman materi. Oleh sebab itu, dapat disimpulkan bahwa psikoedukasi
pendampingan penggunaan gadget memberikan peningkatan pemahaman terkait penggunaan gadget
secara adaptif. Implikasi ditujukan agar ibu memahami dan dapat melakukan pendampingan penggunaan
gadget secara adaptif pada anak.

References

Akbar, Z. (2017). Program peningkatan keterlibatan orangtua melalui kegiatan seni pada anak

usia dini. Sarwahita, 14(01), 53–60. https://doi.org/10.21009/sarwahita.141.07.

Baumrind, D. (1978). Parental disciplinary patterns and social competence in children. Youth &

Society, 9(3), 239–267. https://doi.org/10.1177/0044118X7800900302.

Haerudin, H., Cahyani, A., Sitihanifah, N., Setiani, R. N., Nurhayati, S., Oktaviana, V., &

Sitorus, Y. I. (2020). Peran Orangtua Dalam Membimbing Anak Selama Pembelajaran

Di Rumah Sebagai Upaya Memutus Covid-19. Jurnal Stastistika Inferensial, 1–12.

Ingram, M., Wolfe, R. B., & Lieberman, J. M. (2015). The Role of Parents in At-Risk

Populations, 2002, 479–497.

Kaminski, W. J., Valle, L. A., Filene, J. H., & Boyle, C. L. (2008). A meta-analytic review of

components associated with parent training program effectiveness. Journal of Abnormal

Child Psychology, 36(4), 567–589. https://doi.org/10.1007/s10802-007-9201-9.

Kurniati, E., Nur Alfaeni, D. K., & Andriani, F. (2020). Analisis Peran Orang Tua dalam

Mendampingi Anak di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak

Usia Dini, 5(1), 241. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.541.

Mann, M., Hosman, C. M. H., Schaalma, H. P., & De Vries, N. K. (2004). Self-esteem in a

broad- spectrum approach for mental health promotion. Health Education Research,

(4), 357–372. https://doi.org/10.1093/her/cyg041.

Menheere, A., & Hooge, E. (2010). Parental involvement in children’s education: A review study

about the effect of parental involvement on children’s school education with a focus on

the position of illiterate parents. Journal of the European Teacher Education Network

JETEN, 6, 157.

Novrinda, Nina Kurniah, Y. (2017). Peran orang tua dalam pendidikan anak usia dini ditinjau

dari latar belakang pendidikan Novrinda. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak

Usia Dini, 1(1), 61–80. https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1526.

Retno, A. (2013). Hubungan intensitas pendampingan belajar orang tua dengan kualitas hasil

belajar siswa di Ra Al-Islam Mangunsari 02 Semarang Tahun Pelajaran 2011/2012.

Indonesian Journal of Early Childhood Education Studies, 2(2), 43–49.

https://doi.org/10.15294/ijeces.v2i2.9240.

Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Edisi Revisi. PT. Jakarta:

Rineka Cipta.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, R&D.

Cetakan Ke-25. Bandung: CV Alfabeta.

Yulianingsih, Wiwin., Suhanadji, Nugroho, Rivo., & Mustakim. (2021). Keterlibatan orangtua

dalam pendampingan belajar anak selama masa pandemi COVID-19. Jurnal Obsersi

Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1138-1150.

https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.740.

Yusuf, A. M. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif & penelitian gabungan. Jakarta:

Prenada Media.

Downloads

Published

2022-07-03