Studi deskriptif kondisi psikologis pengguna layanan LISA Helpline: Layanan pencegahan bunuh diri di Bali
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran tentang kondisi psikologis pengguna layanan
atau yang disebut dengan service user sebelum dan sesudah menghubungi layanan LISA Helpline
Indonesia, yaitu sebuah krisis hotline di bidang layanan pencegahan bunuh diri. Adapun metode yang
digunakan adalah dengan pertanyaan terstruktur secara online yang diberikan pada service users sebelum
dan sesudah menggunakan layanan LISA Helpline. Dari 122 partisipan yang mengakses layanan,
didapatkan kondisi psikologis sebelum menghubungi layanan adalah 33,6% merasa putus asa, 33.6%
merasa frustrasi, 22,1% mengalami perasaan cemas dan gelisah, 7,4% merasa kesepian, dan 3,3%
mengalami demotivasi. Setelah menghubungi LISA Helpline didapatkan sebanyak 45,9% merasa lebih
tenang dan lega, 23,8% merasa lebih lega karena ada teman yang mendengarkan, 18% merasa lebih baik
karena saran yang diberikan, 12% merasakan ada harapan. Perubahan kondisi psikologis yang dialami
service users setelah mengakses layanan LISA Helpline menandakan bahwa perlu adanya sistem dukungan
yang bisa diakses sewaktu-waktu sebagai sistem dukungan psikososial yang bisa digunakan oleh
masyarakat umum yang sedang mengalami masalah psikis dan tekanan dalam hidup.
References
Anderson, R. N. (2010). National vital statistics reports. Encyclopedia of Human Development,
(11). https://doi.org/10.4135/9781412952484.n432
Shaffer, D., & Pfeffer, C. R. (2001). Summary of the practice parameters for the assessment and
treatment of children and adolescents with suicidal behavior. Journal of the American
Academy of Child & Adolescent Psychiatry, 40(4), 495–499. doi:10.1097/00004583200104000-00024
Bazrafshan, M. R., Jahangir, F., Mansouri, A., & Kashfi, S. H. (2014). Coping strategies in people
attempting suicide. International Journal of High Risk Behaviors and Addiction, 3(1), 1–
https://doi.org/10.5812/ijhrba.16265
Centers for Disease Control and Prevention (CDC). Connectedness as a strategic direction for the
prevention of suicidal behavior. Retrieved February 16, 2022 from
http://www.cdc.gov/violenceprevention/pdf/Suicide_ Strategic_Direction_Full_Versiona.pd
Damarjati, D. (2019). Sudah lama mati, hotline cegah bunuh diri akan dihidupkan lagi. Diakses
pada 22 Januari 2022 dari : https://news.detik.com/berita/d-4391652/sudah-lama-mati-
hotline-cegah- bunuh-diri-akan-dihidupkan-lagi
Gamayanti, W. (2014). Usaha bunuh diri berdasarkan teori ekologi bronfenbrenner.
PSYMPATHIC: Jurnal Ilmiah Psikologi, 1(2), 204-230.
https://doi.org/10.15575/psy.v1i2.478
Gilat, I., & Shahar, G. (2009). Suicide prevention by online support groups: An action theorybased
model of emotional first aid. Archives of Suicide Research, 13(1), 52–63.
https://doi.org/10.1080/13811110802572148
Gould, M. S., Kalafat, J., Harrismunfakh, J. L., & Kleinman, M. (2007). An evaluation of crisis
hotline outcomes part 2: Suicidal callers. Suicide and Life-Threatening Behavior, 37(3),
–352. https://doi.org/10.1521/suli.2007.37.3.338
Joiner, T. E. (2005). Why people die by suicide. Cambridge, MA: Harvard University Press.
Karthick, S., & Barwa, S. (2017). A review on theoretical models of suicide. International Journal
of Advances in Scientific Research, 3(09): 101-109. https:/doi.org/10.7439/ijasr
King, R., Nurcombe, B., Bickman, L., Hides, L., & Reid, W. (2003). Telephone counselling for
adolescent suicide prevention: Changes in suicidality and mental state from beginning to
end of a counselling session. Suicide and Life-Threatening Behavior, 33(4), 400–411.
https://doi.org/10.1521/suli.33.4.400.25235
Kusumayanti, N. K. D. W., Swedarma, K. E., & Nurhesti, P. O. Y. (2020). Hubungan faktor
psikologis dengan risiko bunuh diri pada remaja sma dan SMK di Bangli dan Klungkung.
Coping: Community of Publishing in
Nursing, 8(2), 124.
https://doi.org/10.24843/coping.2020.v08.i02.p03
Miller, A. L., Rathus, J. H., Linehan, M. N., Wetzler, S., & Leigh, E. (1997). Dialectical behavior
therapy adapted for suicidal adolescents. Journal of Practical Psychiatry and Behavioral
Health, 3(2), 78–86. https://doi.org/10.1097/00131746-199703000-00002
Mishara, B., & Kerkhof, A. Editors. (2013). Suicide prevention and new technologies: Evidence
based practice. London: Palgrave Macmilan.
Moselli, M., Frattini, C., Williams, R., & Ronningstam, E. (2021). The study of motivation in the
suicidal process: The motivational interview for suicidality. Frontiers in Psychiatry,
(January). https://doi.org/10.3389/fpsyt.2020.598866
Praptomojati, A. (2020). Menembus batas pandemi Covid-19 melalui telepsychology. Buletin
Psikologi, 28(2), 130-152. doi:10.22146/buletinpsikologi.59542
Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Tyson, P., Law, C., Reed, S., Jihnsey, E., Aruna, O., & Hall, S. (2016). Preventing suicide and
self- harm: Evaluating the efficacy of a helpline from a service user and helpline worker
perspective. Crisis, 37(5): 353-360. https://doi.org/10.1027/0227-5910/a000390
Van Orden, K. A., Witte, T. K., Cukrowicz, K. C., Braithwaite, S. R., Selby, E. A., & Joiner, T.
E. (2010). The interpersonal theory of suicide. Psychological Review, 117(2), 575–600.
https://doi.org/10.1037/a0018697
World Bank. (2021). Tren bunuh diri di indonesia menurun selama 20 tahun terakhir. Retrieved
from https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/09/11/tren-bunuh-diri-di-indonesiamenurun-
selama-20-tahun-terakhir.
World Health Organization. (2018). Preventing suicide a resource for establishing a crisis line.
WHO. https://apps.who.int/iris/bitstream/handle/10665/311295/WHO-MSD-MER-18.4eng.pdf?ua=1
World Health Organization. (2021). Suicide. Retrieved from https://www.who.int/newsroom/fact-
sheets/detail/suicide.
Wright, J. (2002). Online counselling: Learning from writing therapy. British Journal of Guidance
and Counselling, 30(3), 285–298. https://doi.org/10.1080/030698802100002326