Pengaruh kelekatan terhadap motivasi belajar dengan setting metode pembelajaran hibrid di masa pandemi Covid-19 pada anak usia SD
Abstract
Pandemi Covid 19 yang terjadi lebih dari dua tahun telah mempengaruhi kehidupan akademik anak dan
juga orang tua sebagai pendamping akademik anak. Kegiatan akademik berubah dalam bentuk
Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) atau pembelajaran hibrid. Tujuan dari penelitian ini untuk
mengetahui kelekatan ibu anak terhadap motivasi belajar anak dengan setting metode pembelajaran hibrid
pada usia SD di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini melibatkan 81 responden ibu yang memiliki anak
usia SD dengan metode pembelajaran hibrid di sekolahnya. Metode pengumpul data menggunakan dua
skala yakni skala kelekatan ibu anak dan skala motivasi belajar anak. Pengambilan data dilakukan melalui
google form yang didistribusikan secara daring dengan teknik snowball. Teknik analisis menggunakan
analisis regresi berganda dengan aplikasi spss. Hasil dan kesimpulan dari penelitian ini adalah kelekatan
memiliki pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar anak (p<0,05). Sumbangan pengaruh
kelekatan ibu anak terhadap motivasi belajar sebesar 52,9%. Peneliti juga menganalisis secara parsial tiga
aspek kelekatan terhadap motivasi belajar anak. Secara parsial, aspek trust tidak memiliki pengaruh yang
signifikan terhadap motivasi belajar anak (p>0,05). Sedangkan aspek komunikasi dan alienasi memiliki
pengaruh yang signfikan (p<0,05). Hal ini mengindikasikan bahwa komunikasi dan alienasi memiliki
sumbangan signifikansi kelekatan ibu anak terhadap motivasi belajar pada anak usia SD di masa pandemi
Covid-19.
References
Armsden, G. C., & Greenberg, M. T. (1987). The inventory of parent and peer attachment:
Individual differences and their relationship to psychological well-being in adolescence.
Journal of Youth and Adolescence, 16(5), 427–454. https://doi.org/10.1007/BF02202939
Bonk, C. J., Graham, C. R., Cross, J., & Moore, M. G. (2005). The handbook of blended learning:
global perspectives, local designs memorial. https://doi.org/10.21225/d51g6h
Bowlby, J. (1969). Attachment and Loss, Vol. 1 Attachment. Attachment and Loss. New York Basic
Books. - References - Scientific Research Publishing. (n.d.). Retrieved April 6, 2022, from
https://www.scirp.org/(S(i43dyn45teexjx455qlt3d2q))/reference/ReferencesPapers.aspx?
ReferenceID=1162623
Bowlby, J. (1980). Attachment and Loss. Vol. 3 Loss, Sadness and Depression. New York Basic
Books. - References - Scientific Research Publishing. (n.d.). Retrieved April 6, 2022, from
https://www.scirp.org/(S(lz5mqp453edsnp55rrgjct55))/reference/referencespapers.aspx?
referenceid=1617487
Cherniss, C., & Goleman, D. (2001). The emotionally intelligent workplace. Jossey-Bass.
Cullinane, C., & Montacute, R. (2020). COVID-19 and social mobility impact brief.
Research
Brief, April, 1–11. https://eric.ed.gov/?id=ED605807
de Castro, R. M., & Pereira, D. I. F. (2019). Education and attachment: Guidelines to prevent
school failure. Multimodal Technologies and Interaction, 3(1).
https://doi.org/10.3390/mti3010010
Elvers, G. c., Polzella, D. J., & Graetz, K. (2003). Procrastination in online courses: Performance
and attitudinal differences. Teaching of Psychology, 30(2), 159–162.
https://doi.org/10.1207/S15328023TOP3002_13
Ford, T. G., Kwon, K. A., & Tsotsoros, J. D. (2021). Early childhood distance learning in the U.S.
during the COVID pandemic: Challenges and opportunities. Children and Youth Services
Review, 131. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2021.106297
Global Monitoring of School Closures caused by COVID-19 Pandemic – Dashboards – Covid-
Response. (n.d.). Retrieved April 6, 2022, from https://covid19.uis.unesco.org/global-
monitoring-school-closures-covid19/
Handhika, J. (2012). Efektivitas media pembelajaran IM3 ditinjau dari motivasi belajar. Jurnal
Pendidikan IPA Indonesia, 1(2), 109–114. https://doi.org/10.15294/JPII.V1I2.2127
Hevia, F. J., Vergara-Lope, S., Velásquez-Durán, A., & Calderón, D. (2022). Estimation of the
fundamental learning loss and learning poverty related to COVID-19 pandemic in Mexico.
International Journal of Educational Development, 88.
https://doi.org/10.1016/J.IJEDUDEV.2021.102515
Isroiyah, D. (2016). Pengaruh kelekatan dengan orang tua terhadap motivasi belajar anak melalui
self-efficacy siswa di MTS. Al-Ittihadiyah Canggu Badas Kediri. Didaktika Religia, 4(1),
–54. https://doi.org/10.30762/DIDAKTIKA.V4.I1.P29-54.2016
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan » Republik Indonesia. (n.d.-a). Retrieved April 6,
, from https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/kemendikbud-imbau-
pendidik-hadirkan-belajar-menyenangkan-bagi-daerah-yang-terapkan-belajar-di-rumah
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan » Republik Indonesia. (n.d.-b). Retrieved April 6,
, from https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/05/kemendikbud-terbitkan-
pedoman-penyelenggaraan-belajar-dari-rumah
Manalu, P. K., & Marheni, A. (2019). Hubungan antara kelekatan orangtua-remaja dengan
motivasi belajar pada remaja di SMA Negeri 4 Denpasar. Jurnal Psikologi Udayana, 6(01),
https://doi.org/10.24843/jpu.2019.v06.i01.p13
Matsuoka, R., Nakamuro, M., & Inui, T. (2015). Emerging inequality in effort: A longitudinal
investigation of parental involvement and early elementary school-aged children’s learning
time in Japan. Social Science Research, 54, 159–176.
https://doi.org/10.1016/J.SSRESEARCH.2015.06.009
Nurhidayah, N. (2015). Faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar mahasiswa Program
Studi PGSD FKIP Universitas Ahmad Dahlan. JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah
Dasar), 1(1), 125. https://doi.org/10.26555/jpsd.v1i1.a1558
Pelikan, E. R., Lüftenegger, M., Holzer, J., Korlat, S., Spiel, C., & Schober, B. (2021). Learning
during COVID-19: the role of self-regulated learning, motivation, and procrastination for
perceived competence. Zeitschrift Fur Erziehungswissenschaft, 24(2), 393–418.
https://doi.org/10.1007/S11618-021-01002-X
Prahmana, R. C. I., Hartanto, D., Kusumaningtyas, D. A., Ali, R. M., & Muchlas. (2021).
Community radio-based blended learning model: A promising learning model in remote
area during pandemic era. Heliyon, 7(7).
https://doi.org/10.1016/J.HELIYON.2021.E07511
Rakes, G. C., & Dunn, K. E. (2010). The impact of online graduate students’ motivation and self-
regulation on academic procrastination. Journal of Interactive Online Learning, 9(1), 78-
Sardiman. (2006). Interaksi dan motivasi belajar-mengajar. PT. Raja Grafindo Persada. Slavin,
R. E. (2019). Psikologi pendidikan: Teori dan praktik. PT. Indeks.
Weinfield, N. S., Sroufe, L. A., Egeland, B., & Carlson, E. (2008). Individual differences in infant-
caregiver attachment Conceptual and empirical aspects of security. In J. Cassidy, & P.
R. Shaver (Eds.), Handbook of attachment Theory, research, and clinical applications (2nd ed.,
pp. 78-101). New York Guilford Press. - References - Scientific Research Publishing. (n.d.).
Retrieved April 6, 2022, from
https://www.scirp.org/(S(351jmbntvnsjt1aadkozje))/reference/referencespapers.aspx?ref
erenceid=561535
West, K. K., Mathews, B. L., & Kerns, K. A. (2013). Mother-child attachment and cognitive
performance in middle childhood: An examination of mediating mechanisms. Early
Childhood Research Quarterly, 28(2), 259–270.