Pengaruh kelekatan terhadap motivasi belajar dengan setting metode pembelajaran hibrid di masa pandemi Covid-19 pada anak usia SD

Authors

  • Malida Fatimah Universitas Mercu Buana Yogyakarta
  • Narastri Insan Utami Universitas Mercu Buana Yogyakarta
  • Sri Muliati Abdullah Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Abstract

Pandemi Covid 19 yang terjadi lebih dari dua tahun telah mempengaruhi kehidupan akademik anak dan
juga orang tua sebagai pendamping akademik anak. Kegiatan akademik berubah dalam bentuk
Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) atau pembelajaran hibrid. Tujuan dari penelitian ini untuk
mengetahui kelekatan ibu anak terhadap motivasi belajar anak dengan setting metode pembelajaran hibrid
pada usia SD di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini melibatkan 81 responden ibu yang memiliki anak
usia SD dengan metode pembelajaran hibrid di sekolahnya. Metode pengumpul data menggunakan dua
skala yakni skala kelekatan ibu anak dan skala motivasi belajar anak. Pengambilan data dilakukan melalui
google form yang didistribusikan secara daring dengan teknik snowball. Teknik analisis menggunakan
analisis regresi berganda dengan aplikasi spss. Hasil dan kesimpulan dari penelitian ini adalah kelekatan
memiliki pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar anak (p<0,05). Sumbangan pengaruh
kelekatan ibu anak terhadap motivasi belajar sebesar 52,9%. Peneliti juga menganalisis secara parsial tiga
aspek kelekatan terhadap motivasi belajar anak. Secara parsial, aspek trust tidak memiliki pengaruh yang
signifikan terhadap motivasi belajar anak (p>0,05). Sedangkan aspek komunikasi dan alienasi memiliki
pengaruh yang signfikan (p<0,05). Hal ini mengindikasikan bahwa komunikasi dan alienasi memiliki
sumbangan signifikansi kelekatan ibu anak terhadap motivasi belajar pada anak usia SD di masa pandemi
Covid-19.

References

Armsden, G. C., & Greenberg, M. T. (1987). The inventory of parent and peer attachment:

Individual differences and their relationship to psychological well-being in adolescence.

Journal of Youth and Adolescence, 16(5), 427–454. https://doi.org/10.1007/BF02202939

Bonk, C. J., Graham, C. R., Cross, J., & Moore, M. G. (2005). The handbook of blended learning:

global perspectives, local designs memorial. https://doi.org/10.21225/d51g6h

Bowlby, J. (1969). Attachment and Loss, Vol. 1 Attachment. Attachment and Loss. New York Basic

Books. - References - Scientific Research Publishing. (n.d.). Retrieved April 6, 2022, from

https://www.scirp.org/(S(i43dyn45teexjx455qlt3d2q))/reference/ReferencesPapers.aspx?

ReferenceID=1162623

Bowlby, J. (1980). Attachment and Loss. Vol. 3 Loss, Sadness and Depression. New York Basic

Books. - References - Scientific Research Publishing. (n.d.). Retrieved April 6, 2022, from

https://www.scirp.org/(S(lz5mqp453edsnp55rrgjct55))/reference/referencespapers.aspx?

referenceid=1617487

Cherniss, C., & Goleman, D. (2001). The emotionally intelligent workplace. Jossey-Bass.

Cullinane, C., & Montacute, R. (2020). COVID-19 and social mobility impact brief.

Research

Brief, April, 1–11. https://eric.ed.gov/?id=ED605807

de Castro, R. M., & Pereira, D. I. F. (2019). Education and attachment: Guidelines to prevent

school failure. Multimodal Technologies and Interaction, 3(1).

https://doi.org/10.3390/mti3010010

Elvers, G. c., Polzella, D. J., & Graetz, K. (2003). Procrastination in online courses: Performance

and attitudinal differences. Teaching of Psychology, 30(2), 159–162.

https://doi.org/10.1207/S15328023TOP3002_13

Ford, T. G., Kwon, K. A., & Tsotsoros, J. D. (2021). Early childhood distance learning in the U.S.

during the COVID pandemic: Challenges and opportunities. Children and Youth Services

Review, 131. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2021.106297

Global Monitoring of School Closures caused by COVID-19 Pandemic – Dashboards – Covid-

Response. (n.d.). Retrieved April 6, 2022, from https://covid19.uis.unesco.org/global-

monitoring-school-closures-covid19/

Handhika, J. (2012). Efektivitas media pembelajaran IM3 ditinjau dari motivasi belajar. Jurnal

Pendidikan IPA Indonesia, 1(2), 109–114. https://doi.org/10.15294/JPII.V1I2.2127

Hevia, F. J., Vergara-Lope, S., Velásquez-Durán, A., & Calderón, D. (2022). Estimation of the

fundamental learning loss and learning poverty related to COVID-19 pandemic in Mexico.

International Journal of Educational Development, 88.

https://doi.org/10.1016/J.IJEDUDEV.2021.102515

Isroiyah, D. (2016). Pengaruh kelekatan dengan orang tua terhadap motivasi belajar anak melalui

self-efficacy siswa di MTS. Al-Ittihadiyah Canggu Badas Kediri. Didaktika Religia, 4(1),

–54. https://doi.org/10.30762/DIDAKTIKA.V4.I1.P29-54.2016

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan » Republik Indonesia. (n.d.-a). Retrieved April 6,

, from https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/kemendikbud-imbau-

pendidik-hadirkan-belajar-menyenangkan-bagi-daerah-yang-terapkan-belajar-di-rumah

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan » Republik Indonesia. (n.d.-b). Retrieved April 6,

, from https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/05/kemendikbud-terbitkan-

pedoman-penyelenggaraan-belajar-dari-rumah

Manalu, P. K., & Marheni, A. (2019). Hubungan antara kelekatan orangtua-remaja dengan

motivasi belajar pada remaja di SMA Negeri 4 Denpasar. Jurnal Psikologi Udayana, 6(01),

https://doi.org/10.24843/jpu.2019.v06.i01.p13

Matsuoka, R., Nakamuro, M., & Inui, T. (2015). Emerging inequality in effort: A longitudinal

investigation of parental involvement and early elementary school-aged children’s learning

time in Japan. Social Science Research, 54, 159–176.

https://doi.org/10.1016/J.SSRESEARCH.2015.06.009

Nurhidayah, N. (2015). Faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar mahasiswa Program

Studi PGSD FKIP Universitas Ahmad Dahlan. JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah

Dasar), 1(1), 125. https://doi.org/10.26555/jpsd.v1i1.a1558

Pelikan, E. R., Lüftenegger, M., Holzer, J., Korlat, S., Spiel, C., & Schober, B. (2021). Learning

during COVID-19: the role of self-regulated learning, motivation, and procrastination for

perceived competence. Zeitschrift Fur Erziehungswissenschaft, 24(2), 393–418.

https://doi.org/10.1007/S11618-021-01002-X

Prahmana, R. C. I., Hartanto, D., Kusumaningtyas, D. A., Ali, R. M., & Muchlas. (2021).

Community radio-based blended learning model: A promising learning model in remote

area during pandemic era. Heliyon, 7(7).

https://doi.org/10.1016/J.HELIYON.2021.E07511

Rakes, G. C., & Dunn, K. E. (2010). The impact of online graduate students’ motivation and self-

regulation on academic procrastination. Journal of Interactive Online Learning, 9(1), 78-

Sardiman. (2006). Interaksi dan motivasi belajar-mengajar. PT. Raja Grafindo Persada. Slavin,

R. E. (2019). Psikologi pendidikan: Teori dan praktik. PT. Indeks.

Weinfield, N. S., Sroufe, L. A., Egeland, B., & Carlson, E. (2008). Individual differences in infant-

caregiver attachment Conceptual and empirical aspects of security. In J. Cassidy, & P.

R. Shaver (Eds.), Handbook of attachment Theory, research, and clinical applications (2nd ed.,

pp. 78-101). New York Guilford Press. - References - Scientific Research Publishing. (n.d.).

Retrieved April 6, 2022, from

https://www.scirp.org/(S(351jmbntvnsjt1aadkozje))/reference/referencespapers.aspx?ref

erenceid=561535

West, K. K., Mathews, B. L., & Kerns, K. A. (2013). Mother-child attachment and cognitive

performance in middle childhood: An examination of mediating mechanisms. Early

Childhood Research Quarterly, 28(2), 259–270.

https://doi.org/10.1016/J.ECRESQ.2012.07.005

Downloads

Published

2022-07-03