Platform sosial “Teman Gagal” sebagai intervensi psikologi komunitas dalam membentuk jiwa psychosociopreneur berbasis mahasiswa Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Authors

  • Zaskia Andini Ramli Fakultas Psikologi, Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Abstract

World Federation of Mental Health (WFMH) yaitu bagian dari World Health Organization (WHO)
menyatakan bahwa masalah kesehatan mental tidak dapat lagi dilihat dalam konteks yang sederhana atau
skala individual, namun harus dilakukan intervensi dalam skala yang makro atau sistem seperti lingkungan.
Sementara seperti yang sudah diketahui bahwa dewasa ini perkembangan teknologi meningkat begitu pesat,
bahkan mampu mengubah tatanan hidup tanpa terkecuali mahasiswa. Oleh karena itu, intervensi psikologi
komunitas dikalangan mahasiswa khususnya mahasiswa Universitas Mercu Buana Yogyakarta juga harus
hadir, dengan memberikan intervensi, khususnya membentuk mahasiswa memiliki jiwa
psychosociopreneur dan tentunya memberikan kualitas yang baik untuk mahasiswa. Tujuan penelitian ini
adalah membentuk platform yang bergerak dibidang digital sehingga mampu menyelaraskan dengan
perkembangan dewasa kini sebagai intervensi berbasis psikologi komunitas yang dapat membentuk jiwa
psychosociopreneur di lingkungan kampus. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif,
penggalian data menggunakan metode observasi dan wawancara dengan teknik indepth interview,
kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis SWOT. Hasil utama penelitian ini adalah terbentuknya
jiwa psychosociopreneur pada mahasiswa Universitas Mercu Buana Yogyakarta yang mengikuti Teman
Gagal. Oleh karena itu, perlu diadakan pelatihan rutin guna meningkatkan kemampuan psychosociopreneur
pada mahasiswa Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

References

Anisah, N., Sartika, M., & Kurniawan, H. (2021). Penggunaan media sosial instagram dalam

meningkatkan literasi kesehatan pada mahasiswa. Jurnal Peurawi: Media Kajian

Komunikasi Islam, 4(2), 94-107.

Aulia, B., & Ghina, A. (2017). Program kewirausahaan sosial dalam mengantisipasi kriminalitas

remaja. e- Proceeding of Management, 4(1), 11-17.

Ayuningtyas, D., Misnaniarti., & Rayhani. (2018). Analisis situasi kesehatan mental pada

masyarakat di Indonesia dan strategi penanggulangannya. Jurnal Ilmu Kesehatan

Masyarakat. 9(1), 1-10.

Fachrosi, E., & Martani, W. (2020). Analisis sistem layanan psikologi di pendidikan sekolah

dasar. Jurnal Psikologi Universitas HKBP Nommensen, 7(1), 31-39.

Falatehan, F. S. (2017). Pendidikan psikologi komunitas dalam memprediksi peranan rasa

memiliki komunitas terhadap munculnya partisipasi masyarakat. Jurnal Ilmiah Psikologi

MANASA, 6(1), 66-90.

Kurniawan, Y., & Sulistyarini, I. (2016). Komunitas SEHATI (sehat jiwa dan hati) sebagai

intervensi kesehatan mental berbasis masyarakat. Jurnal Psikologi dan Kesehatan Mental,

(2), 112-124.

Liputanenam. (2021, April 21). Menteri Teten: Jumlah wirausaha di indonesia paling rendah di

Asia Tenggara. Liputan6.com.

Manurung, Br. M. F. D. R., & Tafonao, T. (2021). Problem pembelajaran online di masa pandemi

terhadap psikologi anak usia 10-12 tahun. Mathetheou, 1(1), 20-28.

Muhammad, R., & Manalu, R. (2017). Analisis pemanfaatan virtual community sebagai media

komunikasi kelompok melalui sosial media. Skirpsi. Jurusan Ilmu Komunikasi. Universitas

Diponegoro.

Pailis, A.E. (2017). Analisis pengembangan wirausaha lokal melalui sektor ekonomi basis industri

kecil menengah (IKM) di kabupaten Kampar. Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, 14(1),

-44.

Khamelia., & Terry, K. (2020). Masalah psikologis di era pandemi Covid-19. Di ambil pada

Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia: http://pdskji.org/home,

Pradhana, Y. (2021). Pemanfaatan virtual community as a communication media for pokemon go

game group (JPR) using social media. Jurnal Komunikasi. 13(2), 200-2014.

Puspitasari, C, D. (2018). Menjadi sociopreneur muda: Potret dan dinamika momsociopreneur

‘Sanggar ASI’. Jurnal Studi Pemuda, 7(2), 76-89.

Santosa, I. (2014). Masalah tantangan pengembangan kewirausahaan pada kalangan mahasiswa

di Indonesia. Jurnal Inovasi dan Kewirausahaan, 3(3), 203-207.

Satria, A., & Jaya, A. (2019). Kontribusi motivasi wirausaha dan pemanfaatan media

pembelajaran internet terhadap hasil belajar kewirausahaan. Jurnal Vokasional Teknik

Elektronika dan Informatika, 7(3), 104-111.

Sariningsih, R. (2021). Hubungan antara internal locus of control dengan minat berwirausaha

pada mahasiswa Universitas Mercu Buana Yogyakarta semester akhir. Naskah Publikasi

Program Studi Psikologi, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

Setyaningtyas, A.D.A., Prahara, S.A.P., & Kuncoro, M.W. (2020). Gambaran resiliensi

mahasiswa menghadapi perubahan pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19.

Prosiding Seminar Nasional Pada Revitalisasi Peran psikologi Dalam keluarga,

Organisasi, Dan Komunitas: Tantangan Dalam menyambut Society 5.0., Semarang: 29

Agustus 2020. Hal. 248-254.

Tarsinih, E., & Juidah, I. (2021). Kemampuan Public speaking mahasiswa Program Studi

Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Wiralodra di masa pandemi

Covid-19. Jurnal Literasi. 5(2). 375-387.

Widianingsih, Y., & Marettih, E. K. A., & Hirmaningsih. (2018). Psikologi komunitas. Al-

Mujtahadah Press.

Yadewani, D., Arief, L. M., & Mursalini, I. W. (2020). Pengaruh pemanfaatan platform sosial

media pada era digital terhadap prestasi mahasiswa. Apresiasi Ekonomi, 8(3), 521-527.

Yumpi, F. (2013). Rekonstruksi model penangan anak jalanan melalui pendampingan psikologis,

suatu intervensi berbasis komunitas. Jurnal Penelitian Psikologi, 4(2), 142-153.

Yuniasanti, R., & Esterlita, S. (2018). Pengaruh pendidikan kewirausahaan terhadap intensi

berwirausaha mahasiswa Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Naskah Publikasi.

Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

Yusti, A. S. M., & Arisman. (2021). Analisis SWOT dalam menentukan perilaku anak didik

pemasyarakatan di LPKA KLAS 1 Palembang. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan

Sosial, 8(4), 523-531.

Downloads

Published

2022-07-03