Gambaran karakter sociopreneur dari kaum millennial
Abstract
Entrepreneur muda saat ini dipandang tidak hanya sebagai pelaku usaha dengan mengutamakan
keuntungan, namun juga pelaku usaha yang memiliki tujuan sosial atau disebut sebagai social
entrepreneur. Karakter diri yang dimiliki oleh seorang social entrepreneur dapat menjadi faktor utama
kesuksesan baik bagi usaha itu sendiri ataupun bagi lingkungan sekitar. Membangun dan
mengembangkan karakter sociopreneur (social entrepreneur) pada generasi millennial sudah seharusnya
dilakukan demi menciptakan keseimbangan ekonomi sosial Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan lebih lanjut karakter – karakter seorang sociopreneur melalui pendekatan kualitatif
dengan menggunakan metode analisis tematik. Penelitian ini memiliki 5 responden antara 25-40 tahun
yang menggeluti dunia social entrepreneurship 2 tahun atau lebih. Hasil dari penelitian ini menunjukkan
bahwa terdapat 4 karakter diri utama yang harus dibangun oleh sociopreneur; technology open – minded,
fokus pada masalah sosial (empati sosial), passionate, dan inspiratif. Karakter – karakter tersebut menjadi
sebuah bekal diri bagi sociopreneur sebelum memulai sebuah social entrepreneurship. Seluruh responden
menunjukan komitmen yang kuat terhadap ke-empat karakter socipreneur tersebut. Berdasarkan dari hasil
wawancara mendalam, peneliti juga menemukan bahwa generasi milineal memulai social
entrepreneurship dengan motif asas kemanusiaan dan adanya keterbukaan pikiran dalam meraih
keberkahan berbisnis. Peneliti menyimpulkan bahwa setiap sociopreneur wajib memiliki 4 dasar karakter
diri sociopreneur yang akan mempermudah dalam melakukan management business dan pencapaian
tujuan usaha serta sosial.
References
Abu-Saifan, S. (2012). Social entrepreneurship: Definition and boundaries. Technology
Innovation Management Review, 2(2), 22–27. https://doi.org/10.22215/TIMREVIEW/523
Adam, A. (2017). Selamat tinggal generasi milenial, selamat datang generasi Z.
https://tirto.id/selamat-tinggal-generasi-gambaranGambaran-selamat-datang-generasi-zcnzX
Arviana, G. N. (2022). Sociopreneurship: Pengertian, karakteristik, dan contohnya di Indonesia.
Https://Glints.Com/Id/Lowongan/Sociopreneurship-Adalah/#.YlWQhchBw2x .
https://glints.com/id/lowongan/sociopreneurship-adalah/#.YlWVli0Rp0u
Ashoka. (2014). Social entrepreneurship | Ashoka | Everyone a Changemaker.
https://www.ashoka.org/en-us/focus/social-entrepreneurship
Austin, J., Stevenson, H., & Wei-Skillern, J. (2017). Social and commercial entrepreneurship:
same, different, or both? Https://Doi.Org/10.1111/j.1540-6520.2006.00107.x, 30(1), 1–22.
https://doi.org/10.1111/J.1540-6520.2006.00107.X
Balansudaram, N. (2008). [PDF] Characteristics of entrepreneurs: A comparative study of small
scale entrepreneurs of Srilankan and Bangladesh | Semantic Scholar. Lex et Scientia
International Journal. https://www.semanticscholar.org/paper/Characteristics-of-
Entrepreneurs%3A-A-Comparative-of-
Nimalathasan/89bb965a35408b48c69b497c7066a0fe897c0cec
Bornstein, D., Davis, S., Goldsmith, S., Yunus, M., Pressing, M., & New, N. (2015). Book and
Technology Reviews. 21(3), 373–375.
Braun, V., & Clarke, V. (2006). Qualitative Research in Psychology Using thematic analysis in
psychology Using thematic analysis in psychology. Qualitative Research in Psychology,
(2).
CNN Indonesia. (2018). Survei: Kewirausahaan sosial bisa bangun ekonomi kreatif.
https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20181217184258-532-354362/survei-
kewirausahaan-sosial-bisa-bangun-ekonomi-kreatif
Dees, G. (2011). EconPapers: Social Ventures as Learning Laboratories. Tennessee’s Business.
https://econpapers.repec.org/article/mtstenbus/v_3a20_3ay_3a2011_3ai_3a1_3ap_3a3-
htm
Driessen, M. P., & Zwart, P. S. (2010). The entrepreneur scan measuring characteristics and
traits of entrepreneurs. Http://Www.Entrepreneurscan.Com/Wp-
Content/Uploads/2010/10/E- Scan-MAB-Article-UK.Pdf,.
Echdar, S. (2013). Manajemen entrepreneurs. ANDI.
Herrmann, N. (1996). The whole brain business book. McGraw-Hill.
Ibnu. (2021). Sociopreneur adalah: Pengertian dan 4 contoh sociopreneur di Indonesia -
Accurate Online. https://accurate.id/bisnis-ukm/sociopreneur-adalah/
Kemendikbud. (2021). Kementerian pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia.
https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2021/02/pkmi-2021-dibuka-tumbuhkan-
wirausaha-muda-indonesia-di-perguruan-tinggi
Leadbeater, C. (2001). The rise of the social entrepreneurship. DEMOS.
Liang TAN, W., Williams, J. N., Meng TAN, T., Liang, W., & Meng, T. (2005). Defining the
“social†in “social entrepreneurshipâ€: Altruism and entrepreneurship. International
Entrepreneurship and Management Journal. 1, 3, 353–365.
https://doi.org/10.1007/s11365-005-2600-x
Mair, J., Robinson, J., & Hockerts, K. (2006). Social entrepreneurship. N.Y. : Palgrave
Macmillan.
Moore, C. C. (2012). Exploring the social entrepreneur: Individual and organizational identity
construction. Thesis. http://epublications.marquette.edu/theses_open/148
Murdaningsih, D. (2020). Wirausaha di Indonesia baru 3 persen dari jumlah penduduk |
Republika Online. https://www.republika.co.id/berita/qb5fb8368/wirausaha-di-indonesia-
baru-3-persen-dari-jumlah-penduduk%20diakses%2010%20februari%202022
Mursalim, S. W. (2019). Millennial and social entrepreneurship. 232–236.
https://doi.org/10.2991/ICAS-19.2019.48
Nassaji, H. (2015). Qualitative and descriptive research: Data type versus data analysis. In
Language Teaching Research (Vol. 19, Issue 2).
https://doi.org/10.1177/1362168815572747
Natalia, M. (2021). Menteri teten: Pandemi bikin anak muda banyak jadi wirausaha.
https://www.idxchannel.com/economics/menteri-teten-pandemi-bikin-anak-muda-
banyak-jadi-wirausaha
Nugroho, A. (2013). Fostering socioecopreneur through strategic cooperation - Google Books.
Through Strategic Cooperation. Penebar Swadaya : Jakarta
Timur.
https://www.google.co.id/books/edition/Fostering_SOCIOECOPRENEUR_Through_Stra
te/wwLjCgAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=Nugroho,+Adie.+(2013).+Fostering+Socioeco
preneur+Through+Strategic+Cooperation.Penebar+Swadaya+:+Jakarta+Timur.&pg=PP5
&printsec=frontcover
Nurhadi, A., Mas'adi, M., Murtiyoko, H., Sudarso, A.P., & Wicaksono, P. (2022). Mewujudkan
sociopreneur dalam era revolusi industri 4.0. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 4(2),
Pratiwi, C. P., Adwiyah, R., & Sasongko, A. H. (2021). The ability of social entrepreneurs to
solve issues during Covid-19 at Okiagaru Farm, Indonesia. Conference: Conference
Towards ASEAN Chairmanship 2023 (T-A-C 23 2021) At: Bogor. Hal 141–146.
https://doi.org/10.2991/AEBMR.K.211207.022
Puspitasari, D. C. (2019). Menjadi sociopreneur muda: Studi kasus momsociopreneur ‘Sanggar
ASI’’.’ Jurnal Studi Pemuda, 7(2), 76–89.
https://doi.org/10.22146/STUDIPEMUDAUGM.40524
Saifuddin, A. (1997). Methodology of research. Pustaka Belajar.
Santos, F. M. (2017). A positive theory of social entrepreneurship. Journal of Business Ethics,
(3), 335–351. https://doi.org/10.1007/S10551-012-1413-4
Suyatna, H., & Nurhasanah, Y. (2017). Sociopreneurship sebagai tren karir anak muda. Jurnal
Studi Pemuda, 6(1), 527-537. https://doi.org/10.22146/studipemudaugm.38011