Gambaran karakter sociopreneur dari kaum millennial

Authors

  • Wina Diana Sari Universitas Islam Riau

Abstract

Entrepreneur muda saat ini dipandang tidak hanya sebagai pelaku usaha dengan mengutamakan
keuntungan, namun juga pelaku usaha yang memiliki tujuan sosial atau disebut sebagai social
entrepreneur. Karakter diri yang dimiliki oleh seorang social entrepreneur dapat menjadi faktor utama
kesuksesan baik bagi usaha itu sendiri ataupun bagi lingkungan sekitar. Membangun dan
mengembangkan karakter sociopreneur (social entrepreneur) pada generasi millennial sudah seharusnya
dilakukan demi menciptakan keseimbangan ekonomi sosial Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan lebih lanjut karakter – karakter seorang sociopreneur melalui pendekatan kualitatif
dengan menggunakan metode analisis tematik. Penelitian ini memiliki 5 responden antara 25-40 tahun
yang menggeluti dunia social entrepreneurship 2 tahun atau lebih. Hasil dari penelitian ini menunjukkan
bahwa terdapat 4 karakter diri utama yang harus dibangun oleh sociopreneur; technology open – minded,
fokus pada masalah sosial (empati sosial), passionate, dan inspiratif. Karakter – karakter tersebut menjadi
sebuah bekal diri bagi sociopreneur sebelum memulai sebuah social entrepreneurship. Seluruh responden
menunjukan komitmen yang kuat terhadap ke-empat karakter socipreneur tersebut. Berdasarkan dari hasil
wawancara mendalam, peneliti juga menemukan bahwa generasi milineal memulai social
entrepreneurship dengan motif asas kemanusiaan dan adanya keterbukaan pikiran dalam meraih
keberkahan berbisnis. Peneliti menyimpulkan bahwa setiap sociopreneur wajib memiliki 4 dasar karakter
diri sociopreneur yang akan mempermudah dalam melakukan management business dan pencapaian
tujuan usaha serta sosial.

References

Abu-Saifan, S. (2012). Social entrepreneurship: Definition and boundaries. Technology

Innovation Management Review, 2(2), 22–27. https://doi.org/10.22215/TIMREVIEW/523

Adam, A. (2017). Selamat tinggal generasi milenial, selamat datang generasi Z.

https://tirto.id/selamat-tinggal-generasi-gambaranGambaran-selamat-datang-generasi-zcnzX

Arviana, G. N. (2022). Sociopreneurship: Pengertian, karakteristik, dan contohnya di Indonesia.

Https://Glints.Com/Id/Lowongan/Sociopreneurship-Adalah/#.YlWQhchBw2x .

https://glints.com/id/lowongan/sociopreneurship-adalah/#.YlWVli0Rp0u

Ashoka. (2014). Social entrepreneurship | Ashoka | Everyone a Changemaker.

https://www.ashoka.org/en-us/focus/social-entrepreneurship

Austin, J., Stevenson, H., & Wei-Skillern, J. (2017). Social and commercial entrepreneurship:

same, different, or both? Https://Doi.Org/10.1111/j.1540-6520.2006.00107.x, 30(1), 1–22.

https://doi.org/10.1111/J.1540-6520.2006.00107.X

Balansudaram, N. (2008). [PDF] Characteristics of entrepreneurs: A comparative study of small

scale entrepreneurs of Srilankan and Bangladesh | Semantic Scholar. Lex et Scientia

International Journal. https://www.semanticscholar.org/paper/Characteristics-of-

Entrepreneurs%3A-A-Comparative-of-

Nimalathasan/89bb965a35408b48c69b497c7066a0fe897c0cec

Bornstein, D., Davis, S., Goldsmith, S., Yunus, M., Pressing, M., & New, N. (2015). Book and

Technology Reviews. 21(3), 373–375.

Braun, V., & Clarke, V. (2006). Qualitative Research in Psychology Using thematic analysis in

psychology Using thematic analysis in psychology. Qualitative Research in Psychology,

(2).

CNN Indonesia. (2018). Survei: Kewirausahaan sosial bisa bangun ekonomi kreatif.

https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20181217184258-532-354362/survei-

kewirausahaan-sosial-bisa-bangun-ekonomi-kreatif

Dees, G. (2011). EconPapers: Social Ventures as Learning Laboratories. Tennessee’s Business.

https://econpapers.repec.org/article/mtstenbus/v_3a20_3ay_3a2011_3ai_3a1_3ap_3a3-

htm

Driessen, M. P., & Zwart, P. S. (2010). The entrepreneur scan measuring characteristics and

traits of entrepreneurs. Http://Www.Entrepreneurscan.Com/Wp-

Content/Uploads/2010/10/E- Scan-MAB-Article-UK.Pdf,.

Echdar, S. (2013). Manajemen entrepreneurs. ANDI.

Herrmann, N. (1996). The whole brain business book. McGraw-Hill.

Ibnu. (2021). Sociopreneur adalah: Pengertian dan 4 contoh sociopreneur di Indonesia -

Accurate Online. https://accurate.id/bisnis-ukm/sociopreneur-adalah/

Kemendikbud. (2021). Kementerian pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia.

https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2021/02/pkmi-2021-dibuka-tumbuhkan-

wirausaha-muda-indonesia-di-perguruan-tinggi

Leadbeater, C. (2001). The rise of the social entrepreneurship. DEMOS.

Liang TAN, W., Williams, J. N., Meng TAN, T., Liang, W., & Meng, T. (2005). Defining the

“social†in “social entrepreneurshipâ€: Altruism and entrepreneurship. International

Entrepreneurship and Management Journal. 1, 3, 353–365.

https://doi.org/10.1007/s11365-005-2600-x

Mair, J., Robinson, J., & Hockerts, K. (2006). Social entrepreneurship. N.Y. : Palgrave

Macmillan.

Moore, C. C. (2012). Exploring the social entrepreneur: Individual and organizational identity

construction. Thesis. http://epublications.marquette.edu/theses_open/148

Murdaningsih, D. (2020). Wirausaha di Indonesia baru 3 persen dari jumlah penduduk |

Republika Online. https://www.republika.co.id/berita/qb5fb8368/wirausaha-di-indonesia-

baru-3-persen-dari-jumlah-penduduk%20diakses%2010%20februari%202022

Mursalim, S. W. (2019). Millennial and social entrepreneurship. 232–236.

https://doi.org/10.2991/ICAS-19.2019.48

Nassaji, H. (2015). Qualitative and descriptive research: Data type versus data analysis. In

Language Teaching Research (Vol. 19, Issue 2).

https://doi.org/10.1177/1362168815572747

Natalia, M. (2021). Menteri teten: Pandemi bikin anak muda banyak jadi wirausaha.

https://www.idxchannel.com/economics/menteri-teten-pandemi-bikin-anak-muda-

banyak-jadi-wirausaha

Nugroho, A. (2013). Fostering socioecopreneur through strategic cooperation - Google Books.

Through Strategic Cooperation. Penebar Swadaya : Jakarta

Timur.

https://www.google.co.id/books/edition/Fostering_SOCIOECOPRENEUR_Through_Stra

te/wwLjCgAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=Nugroho,+Adie.+(2013).+Fostering+Socioeco

preneur+Through+Strategic+Cooperation.Penebar+Swadaya+:+Jakarta+Timur.&pg=PP5

&printsec=frontcover

Nurhadi, A., Mas'adi, M., Murtiyoko, H., Sudarso, A.P., & Wicaksono, P. (2022). Mewujudkan

sociopreneur dalam era revolusi industri 4.0. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 4(2),

Pratiwi, C. P., Adwiyah, R., & Sasongko, A. H. (2021). The ability of social entrepreneurs to

solve issues during Covid-19 at Okiagaru Farm, Indonesia. Conference: Conference

Towards ASEAN Chairmanship 2023 (T-A-C 23 2021) At: Bogor. Hal 141–146.

https://doi.org/10.2991/AEBMR.K.211207.022

Puspitasari, D. C. (2019). Menjadi sociopreneur muda: Studi kasus momsociopreneur ‘Sanggar

ASI’’.’ Jurnal Studi Pemuda, 7(2), 76–89.

https://doi.org/10.22146/STUDIPEMUDAUGM.40524

Saifuddin, A. (1997). Methodology of research. Pustaka Belajar.

Santos, F. M. (2017). A positive theory of social entrepreneurship. Journal of Business Ethics,

(3), 335–351. https://doi.org/10.1007/S10551-012-1413-4

Suyatna, H., & Nurhasanah, Y. (2017). Sociopreneurship sebagai tren karir anak muda. Jurnal

Studi Pemuda, 6(1), 527-537. https://doi.org/10.22146/studipemudaugm.38011

Downloads

Published

2022-07-03