PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PERSPEKTIF ETIKA KOMUNIKASI DI ERA MASYARAKAT INFORMASI

Authors

  • Rosalia Prismarini Nurdiarti Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Keywords:

dimensi etika, karakter, moral, pendidikan, era digital

Abstract

Pendidikan telah menjadi kebutuhan mendasar, sehingga jika tanpa pendidikan manusia seakan telah kehilangan separuh hidupnya. Tetapi sekian waktu berjalan, problem pendidikan justru tidak berkurang. Salah satu yang akan menjadi sorotan adalah pendidikan karakter yang menyentuh aspek sensibilitas-kesadaran, nilai dan moral. Beberapa fenomena menunjukkan kecerdasan sosial cenderung menurun, apalagi di tengah pesatnya perkembangan teknologi informasi hari ini. Dengan melihat fenomena tersebut, tulisan ini hendak menguraikan bagaimana mengembangkan pendidikan karakter pada mahasiswa dalam perspektif etika komunikasi di era masyarakat informasi. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan partisipatif dan mengelaborasi pengalaman empiris, serta studi pustaka. Hasil observasi menggambarkan pendidikan karakter berdasarkan tiga dimensi dalam perspektif etika komunikasi. Pertama, dimensi tujuan
meliputi nilai-nilai demokrasi dan memberikan informasi yang benar dalam proses pembelajaran. Kedua, dimensi sarana melingkupi tata aturan, sistem kelembagaan dan relasi antar entitas pendidikan. Ketiga, dimensi aksi melihat pada aspek kesadaran moral dan implementasi pendidikan karakter pada lingkungan dan masyarakat.

References

Afandi, J. & Afriani, R. (2016). Implementasi digital-age literacy dalam Pendidikan abad 21. Surakarta: Universitas Negeri Sebelas Maret Surakarta

Bahri, S. (2015). Implementasi pendidikan karakter dalam mengatasi krisis moral di sekolah. TA’ALLUM, 3 (1), 57-76

Hardiman, F. (2013). Demorasi deliberatf, menimbang ‘negara hukum’ dan ‘ruang publik’ dalam teori diskursus Jurgen Habermas. Yogyakarta: Kanisius.

Haryatmoko. (2011). Etika komunikasi : manipulasi media, kekerasan dan pornografi. Yogyakarta: Kanisius

http://radarsemarang.com/2017/09/23/stop-bullying-dengan-penguatan-pendidikan-karakter/ akses 5 September 2018

https://news.detik.com/berita/3673270/dear-mahasiswa-jaman-now-ui-bikin-etika-kontak-dosen via-wa akses 5 September 2018

https://news.okezone.com/read/2017/11/06/65/1809180/oknum-guru-aniaya-murid-hingga pingsan-kpai-temui-mendikbud akses 5 September 2018.

https://regional.kompas.com/read/2018/02/03/10041991/penganiayaan-guru-oleh-siswa-di sampang-begini-kronologinya akses 5 September 2018

https://tirto.id/pendidikan-karakter-dari-pengalaman-negara-lain-cwck akses 5 September 2018

Lim, F. (2012). Filsafat teknologi, Don Ihde tentang dunia, manusia dan alat. Yogyakarta: Kanisius

Narwaya, G. (2015). Teknologi, kebudayaan, dan etika komunikasi : media online sebagai kasus. Modul Mata Kuliah Etika dan Filsafat Komunikasi, tidak dipublikasikan. Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Nasrullah, R. (2015). Media sosial, perspektif komunikasi, budaya dan sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Pawito. (2008). Penelitian komunikasi kualitatif. Yogyakarta: LKiS

Setiawan, D. (2017). Implementasi pendidikan karakter di era global, Prosiding Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial (20-25). Medan: Universitas Negeri Medan

Yuliana, D. (2010). Pentingnya pendidikan karakter bangsa guna merevitalisasi ketahanan bangsa. Udayana Mengabdi, 9 (2), 92-100

Downloads

Published

2019-10-14

Issue

Section

Articles